Langsung Proses! Inilah Cara Mengajukan Pinjaman UMKM BRI Dengan Mudah

BRI menawarkan pinjaman bagi setiap UMKM yang ingin mengembangkan usahanya dengan tambahan modal yang cukup. Cara mengajukan pinjaman UMKM BRI pun terbilang mudah dan diproses dalam waktu yang singkat.

Pernahkah Kamu mengajukan pinjaman ke BRI? Meskipun belum pernah, tak perlu khawatir karena Penulis akan memberikan ulasan lengkap mengenai pengajuan pinjaman UMKM BRI di bawah ini.

Pandemi saat ini benar-benar memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi terutama di sektor UMKM. Tak sedikit yang mengalami kerugian, ada pula yang mampu bertahan hingga saat ini.

Jenis Pinjaman UMKM BRI

Pinjaman BRI seakan menjadi solusi yang tepat untuk menyuntikkan modal terhadap usaha yang sedang Kamu jalankan saat ini.

Sebelum menjelaskan lebih jauh cara mengajukan pinjaman UMKM BRI, Ada beberapa jenis pinjaman UMKM BRI yang harus Kamu ketahui terlebih dahulu, diantaranya:

1. Pinjaman KUR

Jenis pinjaman mikro ini sering disebut dengan istilah KUR yang diartikan sebagai jenis pinjaman untuk para pelaku usaha kecil, mikro dan koperasi dengan batas pinjaman mencapai Rp. 50.000.000.

Cara mengajukan pinjaman UMKM BRI jenis KUR ini diantaranya harus memiliki usaha produktif yang sudah dijalankan dengan baik. Setidaknya usaha tersebut sudah berjalan secara aktif selama kurang lebih 6 bulan.

Di samping itu juga peminjam tidak dibolehkan sedang menerima kredit apapun dari perbankan lain, kecuali berupa kartu kredit, KPR, KKB dan kredit keperluan konsumtif lainnya. Sebagai peminjam, Kamu juga harus melengkapinya dengan dokumen seperti Surat Izin Usaha, KTP dan beberapa dokumen lainnya.

2. Pinjaman Kupedes

Yang kedua ada jenis pinjaman Kupedes, ini merupakan jenis pinjaman yang diperuntukkan bagi semua sektor ekonomi. Termasuk di dalamnya badan usaha ataupun individu yang mampu memenuhi persyaratan yang berlaku.

Lain halnya dengan KUR, Kupedes merupakan pinjaman untuk usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun. Jangan lupa untuk melampirkan legalitas usaha seperti surat keterangan usaha dari Kepala Desa atau Lurah. Kemudian dilengkapi dengan identitas diri sesuai ketentuan yang berlaku seperti KTP dan SIM.

Menariknya, cara mengajukan pinjaman UMKM BRI jenis Kupedes bisa melalui pendaftaran pinjaman BRI secara online dengan mengunjungi situs bank BRI langsung.

3. Pinjaman Retail Menengah

Jenis pinjaman yang satu ini bisa juga dijadikan pilihan, namanya adalah Pinjaman Retail Menengah. Ada dua kategori pinjaman yang masuk ke dalam jenis pinjaman retail menengah yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi.

Seperti namanya, kredit modal kerja adalah salah satu jenis pinjaman bagi para pelaku usaha sebagai modal tambahan agar biaya operasionalnya tidak mengalami kemacetan.

Sedangkan untuk kredit investasi merupakan fasilitas kredit jangka menengah dan panjang, tujuannya untuk membiayai barang modal tetap sebuah usaha. Keuntungan mengajukan pinjaman retail menengah adalah tidak ada batasan nominal pinjaman (limit kredit).

Cara Mengajukan Pinjaman UMKM BRI Via Online

Sebagai mitra pemerintah dalam membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia, BRI menawarkan produk pinjaman yang mudah untuk diakses. Kini, Kamu bisa mengajukan pinjaman BRI secara online.

  • Cobalah untuk masuk ke situs KUR BRI https://kur.bri.co.id/ pada laptop, komputer ataupun smartphone Kamu sendiri.
  • Kemudian klik “Ajukan Pinjaman KUR”.
  • Jika sudah memiliki akun, silahkan log in. Namun jika belum memilikinya, sebaiknya buat terlebih dahulu dengan memilih “Daftar Sekarang”, ikuti langkah-langkahnya.
  • Setelah itu Kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi Syarat dan Ketentuan KUR, silahkan baca dengan teliti. Lanjutkan dengan mengisi captcha dan klik “Setuju & Ajukan Pinjaman”.
  • Pastikan mengisi data yang diminta, jangan lupa untuk membaca disclaimer yang ada pada bagian bawah formulir.
  • Kirim pengajuan pinjaman dan semoga berhasil.

Cara mengajukan pinjaman UMKM BRI via online terbilang mudah, Kamu pun tak perlu buang-buang waktu dengan mengunjungi kantornya langsung.

Cara Mengajukan Pinjaman UMKM BRI Ke Kantor Langsung

Jika via online kurang dimengerti, tak ada salahnya juga untuk mencobanya langsung ke Kantor Bank BRI.

  • Silahkan pergi ke Kantor Bank BRI terdekat, bawa dokumen lengkap seperti KTP, KK, Surat Keterangan Usaha dan jaminan BPKB dan STNK.
  • Sampaikan kepada security atau petugas Bank bahwa Kamu ingin mengajukan pinjaman UMKM BRI.
  • Nanti Kamu akan mendapatkan formulir yang harus diisi, sambil mengantri Kamu bisa mengisi data usaha dengan benar.
  • Jika sudah dipanggil, petugas akan memeriksa dan memproses aplikasi pengajuan pinjaman Kamu.

Memiliki kenalan atau teman petugas Bank BRI biasanya lebih mudah karena akan dibantu mengenai kelengkapan dokumennya. Perlu diingat, meskipun memiliki kenalan dan teman, Bank BRI akan meloloskan peminjam yang memenuhi syarat saja.

Setelah proses pengajuan dikirimkan secara online atau offline, biasanya petugas BRI akan melakukan survey untuk mengecek langsung usaha yang Kamu jalankan. Jika disetujui, petugas akan menghubungi kembali untuk melakukan penandatanganan kontrak perjanjian kredit.

Proses kredit pinjaman hingga pencairan akan memakan waktu sekitar 7-15 hari setelah survey dilakukan. Angsuran dibayar setiap bulan sejumlah pokok angsuran ditambah bunga yang telah disepakati melalui perjanjian tadi.

Tips Singkat Agar Pinjaman UMKM BRI Diterima

Kamu pasti berharap pinjaman yang diajukan bisa diterima, oleh karena itu cara mengajukan pinjaman UMKM BRI ini harus diperhatikan.

Syarat dan dokumen yang harus lengkap, Kamu tak bisa mengabaikan syarat berupa dokumen penting seperti KTP, NPWP, KK, slip gaji ataupun surat keterangan usaha.

Sesuaikan juga jumlah pinjaman dengan kemampuan bayarnya nanti. Misalnya Kamu mengajukan pinjaman dalam jumlah besar, sedangkan usaha dan penghasilannya pas-pasan, pihak Bank pun akan mempertanyakannya bukan?

Pastikan BI Checking mu bernilai baik, hal ini sangat berpengaruh terhadap pengajuan pinjaman yang akan Kamu lakukan itu.

Jadi, Cara mengajukan pinjaman UMKM BRI ini harus diperhatikan betul-betul kalau Kamu ingin disetujui untuk pinjaman UMKM BRI-nya.