Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Membeli Rumah Secara Kredit ? Ini Dia 5 Cara Mengajukan KPR di Indonesia 2022


Banyak masyarakat Indonenesia ingin memiliki rumah impian, tentunya membeli rumah merupakan suatu tindakan dan keputusan yang besar. J
adi harus dilakukan dengan kemampuan Finansial  yang cakap, matang dan terencana. 

Sebagian masyarakat Indonesia tidak mampu membeli rumah secara tunai ( Cash Keras ), maka dari itu terdapat pilihan alternatif dalam pembiayaan yaitu Kredit Pemilikan Rumah ( KPR ) dari Bank agar bisa meringankan untuk membeli rumah.

Mungkin jika anda belum memiliki keuangan yang cukup bisa mengajukan KPR untuk memiliki rumah, nah disini kami akan membuat artikel cara mengajukan KPR di Indonesia tahun 2022 Yuk Simak :

1. Mencari dan menentukan Rumah Yang Ingin Dibeli

Untuk langkah pertama kamu bisa mencari rumah sesuai keinginan dan yang ingin dibeli, pilihlah rumah yang sesuai dengan letak geografis, lingkungan dan cicilan kredit yang sesuai agar nanti tidak menyesal dalam memilih rumah tersebut, selain itu kamu bisa mendatangi perumahan developer untuk mendapatkan rumah dan biasanya sales developer rumah akan membantu.

2. Menyiapkan Berkas KPR Perorangan dan Membayar Biaya Booking Rumah

Setelah menemukan rumah yang dirasa cocok dengan menganalisa cicilan KPR per bulannya, kamu bisa membayar booking rumah, biasanya pihak pengembang perumahan menyaratkan booking rumah sebagai administrasi tanda jadi pembelian ( biasanya uang booking rumah akan dikembalikan jika pengajuan kredit ditolak bank, tetapi tergantung kebijakan masing-masing Pengembang / Penjual Rumah ), setelah itu menyiapkan berkas KPR, untuk berkas KPR perorangan yang umum adalah sebagai berikut :

  • Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
  • Kartu Keluarga
  • Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
  • Buku Nikah ( bagi yang sudah menikah )
  • Surat Keterangan Kerja
  • Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
  • Rekening Koran 3 Bulan Terakhir
  • Pas Foto 3 x 4 ( 1 Lembar )
Selain itu nanti pihak Bank akan melakukan BI Checking untuk calon pembeli rumah untuk mengetahui kelancaran pembayaran kredit yang dilakukan oleh calon penerima KPR.

3. Proses Verifikasi Data dan Survey Bank

Setelah menyerahkan berkas persyaratan anda akan mengisi from aplikasi, wawancara, dan proses verifikasi berkas melalui survey baik survey via telepon maupun datang langsung ke lokasi kerja, survey diperlukan untuk memeriksa kebenaran dan kevalidan data yang diberikan oleh calon pembeli rumah, untuk proses ini kamu akan menentukan apakah pengajuan Kredit Pemilikan Rumah ( KPR ) disetujui atau tidak.

Tips Agar Sukses Proses Verifikasi dan Survey Bank :

  • Berikan data yang benar dan valid agar bank percaya bahwa kamu bisa menyelesaikan pembiayaan kredit rumah.
  • Jika kamu memiliki usaha / penghasilan dari luar pekerjaan bisa ditambahkan ke daftar penghasilan.
  • Mempunyai pekerjaan tetap lebih baik dengan bukti surat karyawan tetap dan verifikasi bank
  • Untuk pasangan suami istri bisa Joint Income untuk pembiayaan rumah
4. Diterbitkannya Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit ( SP3K )

Jika anda sudah sampai tahap ini anda tinggal selangkah lagi memiliki rumah impian, dengan turunya Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit ( SP3K ) yang mana didalam surat ini tercantum tentang KPR yang diambil seperti : Jenis Kredit, Nilai Kredit Yang Disetujui, Jangka Waktu Pembayaran Kredit, Suku Bunga dan Keterangan lainnya yang berkaitan dengan pembiayaan KPR.

5. Pelaksanaan Akad Kredit Rumah

Setelah menerima Surat ( SP3K ) kamu bisa menentukan hari penandatanganan akad kredit, siapkan berbagai berkas yang diperlukan yang diminta oleh pihak Bank, dan syarat sahnya akad harus dihadiri oleh beberapa pihak antara lain :

  1. Pihak Pembeli ( Penerima KPR ), diwajibkan hadir baik suami maupun istri ( Jika Sudah Menikah, atau dengan wali jika belum menikah.
  2. Perwakilan dari Pihak Pemberi Kredit atau Bank yang memberikan KPR.
  3. Pihak Developer Perumahan / Penjual Rumah
  4. Pihak Notaris yang akan melegalkan dan melegitimasi transaksi akad kredit rumah
Tips dalam pelaksanaan Akad Kredit Rumah :
  • Telitilah sebelum menandatangani kontrak seperti : Jangka waktu pembayaran kredit, Besaran biaya angsuran setiap bulan, sistem bunga yang diterapkan oleh pemberi kredit ( Bank ), Sistem bunga yang terapkan setiap tahunnya, Cara mengakses saldo KPR ke Bank dan jika terdapat fasilitas keringan pembayaran bisa ditanyakan cara mendapatkannya.
  • Lihat sanksi jika menunggak cicilan kredit seperti contohnya : Rumah akan dilelang oleh bank dan biaya hasil lelang akan dibayarkan untuk melunasi hutang penunggak kredit.
  • Lihat bagian cara mempercepat pelunasan kredit, Terkadang kita dalam menyelesaikan pembiayaan kredit mendapat rezeki lebih dan ingin melunasi kredit rumah, nah bisa kamu lihat syarat apa saja untuk melunasi kredit, biasanya bank akan menetapkan jumlah denda jika kita ingin melunasi kredit rumah.
Itulah 5 cara mengajukan KPR di Indonesia pada tahun 2022 semoga bermanfaat, dan jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat.