Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia ! Cara Mengajukan Pinjaman Ke BCA Untuk Keperluan Individual


Cara mengajukan pinjaman ke BCA cukup mudah. Anda ingin membuka usaha tapi tidak punya modal? Bank BCA mungkin menjadi salah satu solusinya! Kini Anda dapat mengajukan pinjaman untuk berbagai keperluan dengan mudah cara mengikuti prosedur dan persyaratannya.

Pinjaman BCA menawarkan solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan uang urgent atau dalam waktu singkat. Hanya bermodalkan KTP saja, pinjaman Anda akan cair dalam waktu sehari.

Pinjaman atau loan yang diberikan oleh Bank BCA merupakan pinjaman tanpa agunan. Fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Bank BCA tersebut bernama BCA KTA atau Kredit Tanpa Agunan. KTA ini juga disebut dengan pinjaman individu atau personal loan seperti tertera pada aplikasi M Banking BCA.

Nasabah BCA dapat menggunakan pinjaman tersebut (KTA) untuk berbagai kebutuhan. Kebutuhan-kebutuhan tersebut bahkan tidak diatur dan tidak dibatasi oleh pihak bank BCA. Nasabah dapat menggunakannya untuk kredit motor, KPR, modal usaha, membeli kebutuhan pokok, biaya kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Syarat Mengajukan Pinjaman ke BCA

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda tentu harus terlebih dahulu mengetahui persyaratan cara mengajukan pinjaman ke BCA. Berikut syarat pengajuan KTA BCA:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) yang berdomisili khusus berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Batam, Bali, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Palembang, Solo, dan Makassar
  2. Anda Wajib berusia 21 - 55 tahun ketika pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) 
  3. Wajib menjadi nasabah Bank BCA serta memegang Kartu BCA
  4. Karyawan tetap atau PNS/wiraswasta/profesional yang sudah bekerja minimal selama 1 tahun
  5. Untuk daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Batam, dan Medan, minimal harus memiliki penghasilan tetap dengan besaran bulanan sejumlah Rp2.500.000
  6. Untuk daerah diluar Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Batam, dan Medan, minimal harus memiliki penghasilan bulanan sejumlah Rp2.000.000
  7. Mengisi Formulir dengan data lengkap dan benar pada Aplikasi BCA Personal Loan Digital atau langsung ke kantor cabang Bank BCA
  8.  Membawa fotokopi KTP saat hendak ke kantor cabang Bank BCA
  9. Syarat khusus untuk karyawan  tetap harus membawa fotokopi mutasi rekening bank selama 3 bulan terakhir  dan slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan 1 bulan terakhir
  10. Khusus untuk wiraswasta dan professional atau karyawan tidak tetap hanya membawa fotokopi mutasi rekening bank selama 3 bulan terakhir
  11. Membawa SPT atau Surat Pajak Tahunan
  12. Khusus untuk pemilik dan pemegang kartu kredit BCA harus membawa fotokopi kartu kredit sisi bagian depan dan sisi bagian belakang kartu kredit BCA
  13.  Syarat khusus untuk pengajuan nominal diatas Rp50.000.000 wajib membawa fotokopi NPWP pemohon dan syarat lain pada poin-poin sebelumnya

Suku Bunga yang Ditawarkan

Cara mengajukan pinjaman ke BCA tidak lepas dari suku bunga, berikut suku bunga yang diterapkan untuk KTA BCA:

  • KTA BCA - Tingkat suku bunga tetap sebesar 1,00% -0,00% untuk Tenor 1 Tahun
  • KTA BCA -Tingkat suku bunga tetap sebesar 1,03% -0,00% untuk Tenor 2 Tahun
  • KTA BCA -  Tingkat suku bunga tetap sebesar 1,07% -0,00% untuk Tenor 3 Tahun

Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank BCA Melalui Kantor Cabang

Ada beberapa cara mengajukan pinjaman ke BCA baik memalui online maupun Anda dapat melakukan pinjaman uang langsung ke kantor cabang bank BCA dengan membawa dokumen dan persyaratan lainnya, berikut cara mengajukan pinjaman uang di Bank BCA melalui kantor cabang.

  • Datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat dari domisili Anda
  • Membawa dokumen dan berkas yang dibutuhkan sebagai syarat untuk melakukan pinjaman KTA.
  • Mengisi formulir pengajuan pinjaman KTA
  • Selain itu, Anda wajib memiliki hasil BI Checking yang baik dan bersih ini adalah bagian terpenting dalam proses pinjaman KTA. Tujuan BI Checking adalah melihat riwayat kredit macet Anda karena sebagian besar bank tidak akan memberikan pinjaman ketika Anda memiliki riwayat kredit macet.
  • Mengajukan total pinjaman dan nominal angsuran yang masuk akal dan logis. Besaran rasio angsuran KTA BCA maksimal harus sebanding dengan gaji pokok bulanan, sedangkan rasio besaran plafonnya maksimal 4 kali dari take home pay (THP).
  • Maka, jika THP-mu per bulan sebesar Rp 6.500.000, maka Anda hanya bisa meminjam sebesar Rp26.000.000. Jika Anda memaksa mengajukan pinjaman lebih besar dari itu kemungkinan besar pinjaman Anda akan di tolak.
  • Setelah semua proses diatas sudah selesai nanti pihak Bank BCA akan menghubungi Anda dan pastikan Anda selalu mengangkat setiap telpon yang masuk.

Cara Mengajukan Pinjaman di Bank BCA melalui M Banking BCA

  1.  Langkah pertama download dan buka Aplikasi M Banking BCA.
  2. Kemudian pilih menu "Info BCA".
  3. Klik menu "Produk" pada bagian bawah aplikasi M Banking BCA.
  4. Klik menu "Pinjaman Individual".
  5. Setelah klik menu pinjaman individual kemudian pilih jenis pinjam sesuai kebutuhan. Kemudian tekan opsi pilihan sesuai kebutuhan pribadi. Misalnya Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit KPR Ruko, Kredit KPR Rumah.
  6. Berikutnya geser ke bagian bawah section aplikasi, lalu klik "Ajukan Sekarang."
  7. Isi form pengajuan berdasarkan data diri Anda. Seperti nama, tanggal lahir, nomor KTP, alamat email secara lengkap dan benar.
  8. Jika, sudah selesai mengisi form nya tekan tombola atau button "Kirim" dan centang bagian Captcha.
  9. Tunggulah hingga selesai. Setelah proses dan langkah dilakukan dengan benar, kemudian Anda hanya perlu menunggu respon dari pihak Bank BCA terkait kelanjutan proses pinjam uang.

Jika, Anda memiliki kendala dalam cara mengajukan pinjaman ke BCA serta Anda membutuhkan informasi seputar pinjaman bank BCA atau KTA, Anda bisa langsung bertanya pada Call Center BCA melalui whatsapp: 08111500998 dan email: halobca@bca.co.id.