Cara Cek BI Checking Online Dengan Slik OJK ! Apakah Anda Masuk Blacklist Kredit ?

 

Apa itu BI Checking ? BI Checking adalah layanan informasi yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) yang berisikan riwayat kredit debitur yang tercatat dalam Sistem Informasi Debitur ( SID ), Nantinya informasi tersebut akan menjadi acuan saat anda mengajukan pinjaman, seperti kredit rumah, kredit usaha, kredit kendaraan dan lain sebagainya.

Setiap individu maupun Badan Usaha kini bisa mengecek BI Checking secara online dengan menggunakan Slik OJK, yang dimana aplikasi slik ojk ini sangat berguna jika anda ingin mengajukan kredit perbankan, apakah anda terkena blacklist kredit di perbankan atau tidak? selain itu dengan memakai SLIK OJK anda akan mengetahui track record Kredit selama ini.

Sebelumnya yuk kita lihat kelebihan SLIK OJK :
  1. Track Record kredit tercatat secara luas, tidak hanya untuk Bank saja, tetapi bisa mencakup lembaga keuangan non bank dan bahkan sampai pengadilan data anda akan tercatat.
  2. Dapat dilakukan secara online.
  3. Persyaratan berkas mudah bagi pemohon
  4. Hasil dari BI Checking keluar relatif lebih cepat
Lalu bagaimana cara cek BI Checking secara online dengan slik ojk ? berikut adalah 4 langkah caranya :

1. Mengisi Formulir di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi

Di from ini anda akan mengisi jenis pemohon ( Perseorangan atau badan usaha ), tanggal dan jam antrian layanan yang tersedia ( Jam yang tersedia untuk layanan adalah : 08.00-09.00, 09.00-10.00, 10.00-11.00, 11.00-12.00, 13.00-14.00, 14.00-15.00 ) dan kantor OJK yang tersedia ( Kantor Pusat OJK Jakarta )

2. Menyiapkan Berkas Dokumen Untuk BI Checking
Ditahap ini anda akan mengisi formulir seperti : Nama Lengkap, NIK, Tempat tanggal lahir, Jenis kelamin dan nomor telepon, berkas yang dibutuhkan adalah :

Individu
  • KTP Elektronik dan fotokopi
  • Bagi warga asing ( Paspor dan bukti identitas diri )
  • Jika memakai kuasa ( Surat kuasa Asli dan Identitas )
Badan Usaha
  • NPWP
  • Akta Pendirian Badan Usaha
  • Perubahan anggaran dasar yang memuat struktur dan yurisdiksi pengurus serta identitas asli pengurus dan badan usaha.
  • Jika memakai kuasa ( Membawa surat kuasa asli, foto copy dan identitas asli badan usaha )
3. Verifikasi Data
Setelah mengisi formulir dan mengirimkan berkas data yang dibutuhkan Slik OJK akan melakukan verifikasi dan memvalidasi atas dokumen yang telah disampaikan. Anda akan diminta menghubungi nomor whatsapp yang tertera di email untuk verifikasi berkas, paling lambat anda akan menerima hasil dari validasi melalui email yang telah didaftarkan paling lambat H-2 dari tanggal antrian yang dipilih.

4.  Informasi Debitur Slik Diterima
Setelah validasi data berhasil anda akan mendapatkan informasi debitur slik melalui email, yang nantinya informasi itu akan menjadi track record kredit apa saja yang pernah diajukan beserta data-data pembayarannya.

Contoh :
Skor Kredit dalam BI Checking
Setelah mengetahui informasi Slik OJK , anda akan mengetahui skor kredit yang anda miliki, selain itu bank juga dapat menggunakan informasi BI checking ini untuk menilai individu atau badan usaha yang mengajukan kredit apakah layak atau tidak diberikan pinjaman kredit. Berikut adalah 5 pembagian kelompok skor kredit :
  • Kode Kualitas Kredit / Pembiayaan (1) Lancar adalah debitur tidak pernah menunggak pembayaran kredit
  • Kode Kualitas Kredit / Pembiayaan (2) Kredit dalam perhatian khusus adalah debitur tercatat menunggak kredit selama 1-90 hari
  • Kode Kualitas Kredit / Pembiayaan (3) Kredit tidak lancar adalah debitur tercatat menunggak kredit selama 91-120 hari
  • Kode Kualitas Kredit / Pembiayaan (4) Kredit Diragukan adalah debitur tercatat menunggak kredit selama 121-180 hari
  • Kode Kualitas Kredit / Pembiayaan (5) Kredit Macet adalah debitur tercatat menunggak kredit selama lebih dari 180 hari.
A. Tips Menjaga BI Checking Tetap Aman

1. Memantau Pembayaran Kredit
Dengan anda memantau pembayaran kredit dan membayar cicilan dengan tepat waktu atau sebelum jatuh tempo agar anda akan terhindar dari skor kredit yang buruk, beberapa kredit yang umum yaitu : Kredit Tanpa Agunan, Kredit Perumahan Rakyat ( KPR) dan lainnya

2. Mengambil Kredit Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan
Anda harus cermat untuk mengambil kredit sesuai kebutuhan, pertimbangkan penghasilan, kebutuhan pokok dan kebutuhan tersier anda agar anda bisa mengatur keuangan anda dan juga memprediksi kemampuan pembayaran kredit dimasa depan.

3. Pahami Limit Kredit Anda
Anda haris memahami limit kredit yang diberikan, usahakan anda hanya menggunakan 30% limit yang disediakan agar anda bisa mengatur keuangan anda dimasa yang akan datang, kurangi pembiayaan kredit yang tidak terlalu penting, jangan lupa untuk membuat perencanaan pembayaran kredit dari penghasilan utama anda.

4. Pintar dan Bijak Dalam Menggunakan Kredit
Kini berbagai platfrom pinjaman online tersedia, jika anda mengajukan kredit untuk belanja di e-commerce ( biasanya e-commerce menghadirkan pembiayaan kredit untuk konsumen ) anda harus pintar dan bijak untuk penggunaan kredit tersebut, hindari pembiayaan kredit barang yang tidak perlu agar anda bisa membagi pengeluaran dengan penghasilan anda secara bijak.

B. Cara Membersihkan Blacklist BI Checking ( IDEB SLIK )
Jika skor kredit anda buruk anda bisa melakukan beberpa upaya untuk membersihkan Blacklist BI Checking karena berdampak pada pengajuan kredit anda dimasa depan, diantaranya :
  1. Segera membayar tunggakan hutang kredit secepat mungkin,
  2. Memberikan konfirmasi dan klarifikasi ke OJK bahwa anda telah menyelesaikan tunggakan kredit dengan membawa surat pernyataan dari Bank bahwa anda telah menyelesaikan kewajiban anda.
  3. Memantau Skor perubahan BI Checking setelah melunasi kewajiban hutang, jika belum ada perubahan anda bisa mengajukan komplain ke Bank tempat anda mengajukan kredit.
  4. Memahami keuangan anda agar dimasa depan lancar dengan pembayaran kredit.
  5. Berkonsultasi dengan manajemen keuangan anda untuk langkah dimasa depan agar bisa mengatur keuangan agar lebih terarah, terukur dan terstruktur untuk menghindari kredit macet
Itulah artikel cara cek BI Checking secara online dengan SLIK OJK semoga bermanfaat, jangan lupa untuk mengshare artikel ini jika dirasa bermanfaat.