Jangan Salah ! Inilah Pengertian Perbankan dan Bank di Indonesia

 

Seringkali kita menemukan istilah Perbankan dan Bank, kedua kata tersebut memiliki penyebutan yang mirip tetapi mempunyai makna yang berbeda, didalam aktivitas keuangan kedua istilah ini mempunyai arti yang tidak asing lagi pagi para pelaku ekonomi, lalu apa arti dari perbankan dan Bank ? berikut ini adalah penjelasannya.

Perbankan adalah Lembaga / Badan Usaha atau Industri yang melakukan aktivitas atau Kegiatan yang menangani menghimpun dan menjaga dana dari masyarakat seperti : Uang tunai, kredit, Deposito, Giro maupun tabungan. Yang dimana didalam kegiatan bisnisnya untuk menghimpun atau menerima dana dari individu maupun entitas lain, kemudian hasil dari penghimpunan dana tersebut disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit, pinjaman, Kredit Perumahan Rakyat, Kredit Usaha dan lain sebagainya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, yang biasanya digunakan untuk kegiatan ekonomi seperti mengambil keuntungan atau menutup kegiatan operasional perusahaan.

Bank menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online adalah " Badan Usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ), Bank adalah Badan Usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat.

Bank menurut Islam adalah lembaga / badan usaha yang kegiatan pokoknya memberikan pembayaran dan menghimpun dana dari masyarakat dan memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam bidang keuangan kepada masyarakat untuk meningkan taraf hidup masyarakat sesuai prinsip syariah dan nilai-nilai Islam.

Jadi dapat disimpulkan dari pendapat diatas bahwa Bank adalah Lembaga atau Badan Usaha yang memiliki Izin dan lisensi dari otoritas pemerintah dan atau otoritas yang terkait untuk menghimpun dana dari masyarakat dan mendistribusikan dana tersebut dalam bentuk kredit atau pinjaman yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dan menggerakan kegiatan ekonomi.