Apa Itu KUR BRI? Dan Syarat Pengajuannya

Diposting pada

Apakah Anda ingin membangun sebuah usaha namun terhalang modal? Anda bingung kepada siapa harus meminjam modal untuk memulai usaha Anda tersebut? KUR BRI adalah jawaban yang tepat. Lalu apa itu KUR BRI? Dan syarat pengajuannya seperti apa?

KUR merupakan singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. KUR BRI melayani peminjaman modal usaha mikro dengan minimal peminjaman Rp.25.000.000,- dan maksimal Rp.500.000.000,-. Jangka waktu pengembalian cukup panjang yaitu 1-4tahun. Anda dapat meminjam modal sesuai dengan keperluan Anda. Namun pengajuan KUR ini hanya boleh diajukan oleh masyarakat yang telah mendirikan usaha minimal 6 bulan. Maksud dari KUR untuk meningkatkan produktifitas usaha masyarakat. KUR ditujuan untuk sektor perdagangan, pertanian, perikanan serta industri pengolahan.

Apa Itu KUR BRI? Dan Syarat Pengajuannya

Apa Itu KUR BRI
Apa Itu KUR BRI

 

 

Apa itu KUR BRI? Dan syarat pengajuannya bagaimana? Seperti yang telah dijelaskan mengenai KUR BRI, tentunya ada syarat yang harus dilengkapi bila ingin mengajukan KUR BRI. Syarat untuk debitur usaha mikro yaitu:

  1. Merupakan usaha perorangan (individu)
  2. Usaha telah berjalan minimal 6 bulan dan aktif.
  3. Tidak sedang menjalankan atau menerima kredit untuk usaha tersebut.
  4. Melengkapi syarat administrasi.
  5. Memiliki identitas diri berupa KTP, KK serta surat ijin usaha.

Baca Juga: Berapa Saldo Minimal BRI yang Harus Tersisa di Rekening Bank?

 

Adapun syarat untuk usaha ritel yaitu:

  1. Usaha yang dimiliki layak dan produktif.
  2. Bebas dari kredit perbankan lainnya.
  3. Usaha telah berjalan minimal 6 bulan.
  4. Memiliki surat IUMK atau sejenisnya.

Tidak hanya WNI yang berada di Indonesia saja yang berhak mendapat KUR BRI. WNI di luar negeri juga berhak untuk mendapat ijin pengajuan KUR sebagai upaya meningkatkan produktifitasnya dalam menjalankan usaha. Syarat untuk usaha perorangan TKI yaitu:

  1. Memiliki identitas berupa KTP dan KK.
  2. Adanya perjanjian bersama pengguna jasa.
  3. Perjanjian penempatan.
  4. Memiliki visa dan paspor.
  5. Menyetujui persyaratan lain yang telah sesuai dengan ketentuan.

Apabila Anda masih belum paham mengenai pengajuan KUR BRI, berikut ini prosedur yang harus Anda jalankan untuk proses pengajuan KUR BRI.

Baca Juga: Cara Internet Banking BRI Dengan Mudah

  1. Anda menetorkan surat pengajuan kepada pihak Bank beserta lampiran yang telah ditentukan seperti surat legalitas usaha, surat ijin usaha, catatan keuangan dan lain-lain.
  2. Tunggu hingga bank menganalisis secara detail usaha Anda.
  3. Apanila dinyatakan layak, maka bank berwenang memberikan KUR sepenuhnya.
  4. Bank dan pemohon menandatangani perjanjian pembiayaan/kredit.
  5. Bila telah mendapatkan hasil pengajuan, maka melakukan pembayaran atau angsuran wajib untuk mengembalikan pinjaman Anda kepada Bank hingga lunas.

Untuk melengkapi dokumen-dokumen agar pengajuan Anda dinyatakan layak, maka Anda perlu memiliki beberapa dokumen berikut ini sebelum melakukan pengajuan kepada pihak Bank.

  1. Melengkapi identitas diri: KTP, SIM, KK dan lain sebagainya.
  2. Memiliki legalitas usaha seperti akta perubahan,akta pendirian.
  3. Memiliki surat perizinan usaha yaitu SIU, TDP, SK domisili dan lain sebagainya.
  4. Memiliki pembukuan yang lengkap dan detail.
  5. Menyalin bukti agunan.

Demikian apa itu KUR BRI? Dan syarat pengajuannya yang dapat dijabarkan. Perlu diketahui bahwa meminjam modal kepada bank tentunya harus memiliki jaminan sebagai salah satu syarat untuk bisa mendapatkan atau merealisasikan pinjaman Anda.

biasanya jaminan berupa sertifikat tanah, BPKB mobil, rumah dan lain sebagainya. Adapun agunan wajib yaitu kleayakan usaha serta objek atau wujud usaha itu sendiri. kembali lagi bhawa KUR BRI hanya akan membantu Anda apabila telah mengelola atau mendirikan usaha selama 6 bulan secara aktif maka pengajuan peminjaman tersebut akan dipertimbangkan.