Apakah Kartu Sementara Bisa Untuk Buka Rekening Bank Baru?

Diposting pada

Saat kita membuka rekening di bank, pastinya kita akan diminta data identitas kita secara lengkap. Bahkan kita harus menyerahkan identitas asli kita seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, bahkan hingga passport. Akan tetapi, jika kartu identitas kita hilang, apakah kita tidak bisa melakukan pembukaan rekening di bank sementara kita dituntut untuk cepat-cepat membuka rekening untuk suatu hal? Lalu apakah kartu sementara bisa untuk buka rekening bank baru? Pasti banyak pertanyaan tersebut yang muncul apabila terjadi situasi ketika kartu identitas kita hilang dan untuk membuatnya lagi pasti lama. Selain hilang juga pembuatan E-KTP untuk sekarang ini memakan waktu yang sangat lama hingga ada yang mencapai 2 tahun lamanya.

Berbagai permasalahan pasti akan ada solusinya, terutama di zaman yang serba modern seperti saat ini. Nah untuk menghadapi permasalahan seperti itu, pasti ada suatu kebijakan dari bank yang memperbolehkan penggunaan kartu sementara sebagai identitas untuk bisa membuka rekening.

Namun, apabila di suatu kondisi dimana bank yang Anda tuju tidak bisa menunjukkan kebijakan untuk Anda, Anda yang sedang dalam di situasi seperti hal tersebut, haruslah mencari bank yang bisa menerima kartu sementara untuk bisa membuka buku rekening baru. Apabila Anda masih bisa bersabar, Anda juga bisa menunggu hingga kartu identitas yang Anda miliki jadi.

Apakah Kartu Sementara Bisa Buka Rekening Bank Baru?

Apakah Kartu Sementara Bisa Buka Rekening Bank Baru
Apakah Kartu Sementara Bisa Buka Rekening Bank Baru

 

Bila kartu identitas kita hilang, untuk membuat yang baru pasti membutuhkan waktu yang cukup lama dan mengurusnya pun tidak mudah. Jika kartu hilang, apakah kartu sementara bisa digunakan untuk buka rekening bank baru? Jawabannya adalah, bisa. Akan tetapi, jika Anda tidak terburu-buru Anda bisa lakukan hal berikut ini:

 

  1. Anda segara datang surat pengantar dari RT kemudian ke RW.
  2. Bawalah kartu keluarga dan akta lahir.
  3. Setelah itu, bawa berkas-berkas tersebut ke POLRES atau POLSEK di sekitar wilayah Anda untuk meminta surat kehilangan. Ingat, untuk meminta surat kehilangan tidak dipungut biaya apapun. jadi, jika ada oknum yang meminta, itu adalah pungutan liar dan bisa dipidanakan.
  4. Setelah mendapatkan surat kehilangan, datanglah ke kantor Kecamatan
  5. Menulis formulir kehilangan KTP
  6. Kemudian proses pembuatan KTP.

Prosesnya memang panjang dan bisa membingungkan. Tetapi Anda jika tidak ingin terus-terusan meminta surat kehilangan dari kepolisian, Anda harus segera mengurus pembuatan KTP baru, terutama untuk E-KTP. Hal ini karena pembuatan E-KTP itu tidaklah singkat dan membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga: Syarat dan Cara Membuat Rekening Mandiri untuk Mahasiswa

Akan tetapi, jika Anda terburu-buru untuk membuat buku tabungan yang baru, Anda bisa memilih bank yang menerima pelayanan pembukaan rekening hanya dengan kartu sementara saja. Hal ini karena memang ada beberapa bank yang tidak menerima pelayanan pembukaan rekening dengan kartu sementara karena identitas nasabah haruslah transparan dan jelas. Namun jika dibolehkan, berikut yang perlu Anda lakukan:

  1. Mintalah KTP sementara dari Di indukcapil yang ada di sekitar daerah Anda dengan membawa kartu keluarga (KK) dan Akta lahir.
  2. Silahkan anda membawa KTP Sementara yang diterbitkan Dindukcapil yang ditandatangani langsung oleh kepala biro kependudukan. KTP sementara ke bank yang Anda tuju
  3. Berikanlah alasan yang sebenarnya kepada customer service tentang kartu Anda yang hilang.

Jadi, jika Anda bertanya dan ragu, apakah kartu sementara bisa untuk buka rekening bank baru? Anda tidak perlu ragu lagi, karena beberapa bank mau menerimanya.