5 Cara Memilih Bank yang Bagus untuk Menabung

Diposting pada

5 Cara Memilih Bank yang Bagus untuk Menabung. Kegiatan menabung menjadi kegiatan yang sebagian besar dari kita rutin melakukannya untuk berjaga-jaga dan mengumpulkan sejumlah uang secara pelan-pelan. Banyak cara dalam menabung, mulai dari cara yang paling sederhana seperti memakai celengan, hingga menitipkan uang ke bank dalam bentuk rekening. Memilih bank yang bagus untuk menabung memang tergantung pada setiap individu. Jumlah bank di Indonesia sendiri sangat lah banyak, disertai fasilitas dan layanan berbeda. Lalu, bagaimana cara memilih bank yang tepat sebagai tempat menabung? Kalau Anda baru pertama kali berurusan dengan bank, kemudian ingin menyimpan tabungan, namun masih bingung dalam memilihya, berikut caranya.

 

Informasi Bank Pilihan dalam Memilih Bank yang Bagus untuk Menabung

Bank Pilihan dalam Memilih Bank yang Bagus untuk Menabung
Bank Pilihan dalam Memilih Bank yang Bagus untuk Menabung

 

 

Cara paling dasar tentunya mencari informasi sebanyak mungkin tentang bank-bank yang menurut Anda dapat menjadi pilihan terbaik. Informasi tersebut dapat berupa berapa jumlah biaya untuk membuka rekening, berapa biaya administrasi setiap bulan, syarat dan ketentuannya apa saja. Tidak hanya itu, informasi tentang pelayanan dan fasilitas yang diberikan pihak bank juga jangan lupa.

 

Perhatikan Penawaran yang Ditawarkan Oleh Bank

Selanjutnya, Anda dapat memperhatikan beragam penawaran yang ditawarkan oleh masing-masing bank. Seperti penawaran bonus hadiah kalau menabung dalam jumlah tertentu. Atau terdapat undian yang bisa didapatkan dengan jumlah rekening tertentu. Beberapa bank bahkan memberi merchandise khusus ke pada pra nasabah yang baru membuka rekening.

 

Pahami Biaya-Biaya yang Akan Masuk dan Keluar dari Rekening

Setiap transaksi, biasanya akan terdapat biaya khusus yang secara otomatis langsung dipotong dari jumlah yang pada rekening Anda. Misalnya biaya transfer, biaya administrasi bulanan, dan banyak lainnya. Sementara biaya yang akan masuk ialah jumlah persenan bunga. Anda dapat coba pahami dan perhitungkan karena setiap bank memiliki kebijakan berbeda.

 

Pilih Bank Terdekat dan Memiliki Banyak Cabang

Ketika mencari bank yang bagus untuk menabung Anda juga harus memperhatikan lokasi bank tersebut. Lebih baik pilih bank yang lokasinya tidak jauh dari rumah dan kampus atau kantor Anda. Hal ini agar ketika Anda harus berurusan dengan bank tersebut baik mengurus tabungan atau pun transaksi lainnya menjadi lebih mudah. Selain itu, pilih bank yang memiliki banyak cabang agar lebih mudah lagi.

 

Bank Dengan Masa Depan Cerah dan Menjamin

Terakhir, cara kelima yang harus Anda lakukan ialah dengan memastikan bank pilihan Anda merupakan bank dengan masa depan cerah. Maksudnya, dapat dipercaya dan akan berdiri lama, serta memberi jaminan yang matang. Pastikan bank tersebut akan menyimpan tabungan Anda dengan baik dan terjamin. Jangan sampai memilih bank yang terlihat mudah mengalami penurunan, bahkan beresiko bangkrut. Yang ada, tabungan Anda akan menghilang dan memiliki banyak resiko lainnya.

Pada dasarnya, rata-rata bank yang berdiri di Indonesia sudah cukup terjamin dan memiliki layanan, juga fasilitas yang baik. Para bank tersebut juga menawarkan banyak program yang mempermudah nasabah dalam menabung. Bila Anda sering melakukan transaksi debit atau lebih senang bertransaksi dengan kartu debit seperti saat berbelanja, pastikan bank tersebut termasuk bank yang biasanya menjadi salah satu alat transaksi di banyak tempat atau selalu ada di bagian kasir sebagian besar toko besar.

Pilihan bank yang bagus untuk menabung memang sangat banyak, Anda sendiri dapat menjadikan lima cara di atas sebagai acuan, atau menanyakan pada rekan dan keluarga yang sudah memiliki rekening tabungan.