Begini Cara Memilih PIN ATM yang Mudah Diingat

Diposting pada

Kartu ATM merupakan salah satu benda yang sangat rahasia. Sangat tidak aman jika Anda memberikan PIN ATM Anda ke beberapa orang. Bisa-bisa seluruh tabungan Anda akan ludes ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, sangat penting Anda mengganti kombinasi PIN ATM secara berkala. Demi keamanan, Anda harus lebih berhati-hati menggunakan PIN ATM Anda. Lalu, bagaimana cara memilih PIN ATM yang mudah dan juga aman? Ikuti tips berikut.

 

Cara Memilih PIN ATM yang Mudah dan Aman

Cara Memilih PIN ATM yang Mudah dan Aman
Cara Memilih PIN ATM yang Mudah dan Aman

 

Sebenarnya cara memilih PIN ATM yang mudah bukan hal yang sulit. Anda bisa saja menggunakan kombinasi angka dasar dan mudah diingat. Namun, sekali lagi harus diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan PIN ATM yang aman sehingga tidak ada orang yang bisa membobol tabungan Anda dengan mudah. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk memilih PIN ATM:

  1. Hindari penggunaan angka urutan dasar, seperti “123456” atau “109876” karena kombinasi ini paling banyak digunakan dan mudah ditebak sehingga akan sangat beresiko
  2. Hindari penggunaan angka yang berulang secara berturut-turut, seperti “345345”. Hal ini juga sudah banyak digunakan. Memang sangat mudah untuk mengingatnya namun keamanannya masih sangat lemah
  3. Hindari menggunakan nomor rumah sebagai PIN ATM Anda, karena ini tentunya akan sangat mudah dideteksi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab
  4. Gunakanlah kombinasi angka 0 sampai 9 secara bijak dan acak sehingga akan lebih aman
  5. Gunakanlah kode tertentu yang hanya akan terpikirkan oleh Anda dengan kombinasi angka acak 0 sampai 9.

 

Selain cara memilih PIN ATM yang mudah, Anda juga harus memperhatikan cara Anda menyimpan PIN ATM yang digunakan. Jangan pernah memberikan PIN Anda ke siapa pun, bahkan orang terdekat. Selain itu, hindari menulis PIN ATM di selembar kertas dan menyimpannya di dompet Anda. Dikhawatirkan jika dompet Anda hilang bersama ATM Anda, maka orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan lebih mudah untuk menarik tabungan. Untuk transaksi, pastikan tidak ada orang yang mengintip proses memasukan PIN ATM Anda.

Jika ingin lebih aman, jangan pernah menuliskan PIN Anda langsung pada kartu ATM atau bahkan pada ponsel Anda. Hal ini memang sangat mudah namun akan sangat membahayakan. Anda perlu mengingat PIN Anda sendiri tanpa harus menuliskannya kembali. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyimpan PIN ATM Anda secara terpisah dan bahkan orang tidak akan terpikirkan bahwa nomor tersebut adalah kombinasi PIN ATM Anda. Simpanlah PIN ATM secara jauh terpisah dengan kartu ATM Anda dan simpan di tempat yang benar-benar aman.

Sebagai solusinya, Anda juga bisa menggunakan kombinasi angka dari tanggal ulang tahun atau tanggal pernikahan Anda. Selain itu, gunakan juga berbagai tanggal yang paling Anda ingat. Untuk lebih amannya, acak kembali atau urutkan kembali angka-angka tersebut hingga membentuk kombinasi angka yang mudah Anda ingat.

Jangan menganggap remeh bahwa tabungan Anda tidak terlalu besar karena hal ini akan membahayakan data-data diri Anda lainnya. Anda harus benar-benar menggunakan kombinasi angka untuk PIN ATM Anda yang tidak hanya mudah tetapi juga aman. Demi menjaga keamanan, Anda bisa memperbarui PIN ATM secara berkala maksimal satu kali dalam sebulan dengan kombinasi angka yang berbeda lagi. Dengan langkah yang aman ini, tidak akan ada hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian harinya. Jika suatu hari kemudian Anda lupa pin ATM dan terbelokir, maka solusinya adalah menghubungi pihak bank bersangkutan. Jangan takut untuk mengkombinasikan PIN karena jika nomor PIN mudah ditebak, maka ATM Anda akan dijebol baik teman atau orang lain.