Berapa Biaya Transfer dari BRI ke Mandiri?

Diposting pada

Semakin maju zaman, semakin banyak orang yang memanfaatkan jasa perbankan. Berbagai produk dan jasa ditawarkan oleh perbankan. Salah satunya adalah transfer, baik ke rekening bank yang sama maupun antar bank. Kedua jenis transaksi transfer tersebut memiliki perbedaan mendasar yang harus diketahui oleh Anda para nasabah perbankan. Yaitu tentang biaya tansfernya.

Jadi, biasanya untuk transfer ke rekening bank yang sama tidak akan dipungut biaya, sementara untuk transfer ke bank yang berbeda biasanya akan dikenakan biaya dengan jumlah tertentu. Biayanya bisa berbeda-beda untuk masing-masing bank. Lalu, berapa biaya transfer dari Bank BRI ke Mandiri dan Sebaliknya? Bagi Anda yang menggunakan salah satu atau kedua rekening bank tersebut, maka perlu untuk mengetahui biaya transfernya. Tentunya selama memanfaatkan jasa perbankan, aktivitas transfer adalah aktivitas yang akan sering Anda lakukan.

 

Biaya Transfer dari BRI ke Mandiri dan Sebaliknya Melalui Berbagai Jenis Transaksi

Biaya Transfer dari BRI ke Mandiri
Biaya Transfer dari BRI ke Mandiri

 

Baik Bank BRI maupun Bank Mandiri merupakan bank besar yang ada di Indonesia. Kedua bank ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meski biaya transfer antar bank di masing-masing perbankan bisa saja berbeda, namun ternyata untuk kedua bank ini biayanya sama satu sama lain. Yaitu biaya transfer dari Bank BRI ke Mandiri maupun sebaliknya. Lalu berapa biaya transfer kedua bank ini? Sebelum kita mengulasnya, ketahui lebih dulu bahwa dalam transfer pun ada berbagai jenis transaksi diantaranya transaksi transfer via ATM Link, via internet banking, via sms banking, via mobile banking, via kliring, via RTGS, dan via flip. Masing-masing jenis transaksi untuk transfer tersebut juga biasanya memiliki biaya yang berbeda-beda dalam satu bank.

Pertama, untuk transfer via ATM Link Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 4.000,00. Selanjutnya, untuk transfer via internet banking, sms banking, dan mobile banking Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500,00. Transfer via kliring biayanya yaitu sebesar Rp 5.000,00 sementara untuk transfer via RTGS tentunya lebih mahal dibanding via kliring yaitu sebesar Rp 25.000,00.

Tahukah Anda perbedaan kedua jenis transaksi tersebut? Secara sederhana via kliring akan membutuhkan waktu 2-3 hari kerja untuk sampai sementara via RTGS hanya membutuhkan waktu 1-3 jam untuk transferan Anda sampai ke tujuan. Keduanya bisa dipilih saat transfer lewat teller. Jadi, jika Anda melakukan transaksi transfer lewat teller, sebenarnya bisa memilih jenis transaksi yang berbeda. Maka, dengan begitu kita harus tahu bahwa biaya transfer BRI ke Mandiri lewat teller juga bisa berbeda tergantung jenis yang kita pilih.

Terakhir yang akan kita bahas adalah biaya transfer via flip. Untuk jenis ini jika Anda transfer dengan jumlah di bawah 5 Juta, maka Anda tak akan dikenakan biaya transfer. Namun, jika di atas 5 Juta, maka biayanya adalah Rp 2.500,00. Flip sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan transfer antar bank. Anda bisa menggunakannya via website. Aplikasi ini merupakan startup yang masih terus diupayakan pengembangannya. Ke depan flip akan bisa digunakan  via mobile karena sekarang tengah dilakukan pengembangan versi mobilenya.

Itulah biaya transfer yang dikenakan baik dari Bank BRI ke Mandiri maupun sebaliknya. Nah, selain mengetahui biaya transfernya, Anda pun harus tahu kode transfer BRI ke Mandiri dan sebaliknya. Kode transfer sangat penting untuk diketahui jika transaksi akan dilakukan antar bank.

Tanpa kode tersebut, maka Anda tidak akan bisa melakukan transfer antar bank. Jika ingin melakukan transfer dari BRI ke Mandiri maka gunakan kode Mandiri yaitu 008, sementara jika ingin melakukan transaksi dari Mandiri ke BRI maka gunakan kode BRI yaitu 002. Sekian ulasan tentang biaya transfer BRI dari Bank BRI ke Mandiri dan sebaliknya. Semoga bermanfaat untuk Anda.