Seputar Biaya Transfer dari Mandiri ke BRI melalui ATM

Posted on

Setiap bank memiliki aturan tersendiri dalam hal tarif yang dikenakan pada nasabah ketika akan mengirim uang ke rekening bank berbeda. Tarif yang disyaratkan bank tersebut juga tidak berarti terlampau mahal dan tidak wajar bagi para nasabah karena setiap bank sudah memperhitungkannya dengan cermat. Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang dijadikan dasar penetapan tarif biaya transfer antar bank yakni biaya layanan jaringan ATM yang digunakan, misalnya ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima, dan ATM Cirrus. Jadi, jaringan ATM tersebut layaknya sebuah ‘rumah’ yang menaungi beberapa bank sehingga menjadikan Anda dapat melakukan transfer antar bank selama bank tersebut ‘satu rumah’ dengan bank yang Anda tuju. Sebagai contoh apabila Anda ingin transfer dari Bank Mandiri ke Bank BRI yang notabene kedua bank tersebut masuk dalam jaringan ATM Bersama, maka biaya transer dari Mandiri ke BRI melalui ATM sebesar Rp 6.500,-. Tarif tersebut merupakan kebijakan yang sudah ditentukan oleh layanan jaringan ATM Bersama. Namun, terkadang tarif tersebut dapat diturunkan nominalnya oleh Bank Mandiri, atau pun dinaikkan oleh bank bersangkutan karena berbagai pertmbangan. Pada umumnya, bank yang bersangkutan akan mematok tarif transfer antar bank sesuai dengan yang ditentukan oleh jaringan ATM tersebut.

 

Hal yang sama juga terjadi ketika Anda ingin melakukan transfer antar bank yang notabene bank-bank tersebut berada dalam satu jaringan seperti jaringan Prima. Maka, tarif transfer pun akan berpatokkan pada tarif yang sudah ditentukan jaringan ATM tersebut. Namun, apabila bank tertentu mematok tarif tambahan, maka tarif transfer antar bank yang harus Anda bayarkan sejumlah tarif dasar jaringan Prima ditambah dengan tarif yang dikenakan bank yang bersangkutan. Adapun tarif tersebut akan diambil langsung dari tabungan Anda di ATM sehingga otomatis akan terpotong.

 

Biaya Transfer Selain Biaya Transfer dari Mandiri ke BRI melalui ATM

Biaya Transfer Selain Biaya Transfer dari Mandiri ke BRI melalui ATM
Biaya Transfer Selain Biaya Transfer dari Mandiri ke BRI melalui ATM

 

Nah, untuk mengetahui bank-bank mana saja yang merupakan anggota jaringan ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus atau lainnya, maka Anda dapat mengeceknya di bagian belakang bawah kartu ATM yang Anda punya. Pada bagian belakang bawah, Anda dapat menemukan logo-logo jaringan ATM yang berderet. Hal itu menandakan bahwa bank bersangkutan masuk dalam jaringan-jaringan ATM yang tertera.

Sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui besaran tarif transfer antar bank nantinya. Seperti yang sudah dibahas bahwa biaya transfer dari bank Mandiri ke BRI melalui ATM untuk sekali transaksi yakni Rp 6.500,-, nah untuk tarif lainnya seperti antar Bank BNI dalam jaringan ATM Bersama, Link, dan Prima sebesar Rp 5.000,-. Sebagai tambahan, guna meyakinkan Anda berkaitan dengan tarif tiap-tiap transaksi antar bank, Anda bisa langsung mengeceknya di website bank-bank yang bersangkutan.

 

Hal yang perlu diketahui juga apabila ingin melakukan transfer antar bank yaitu kode masing-masing bank untuk nantinya ditambahkan sebelum nomor rekening yang dituju. Jadi, apabila Anda ingin transfer dari Mandiri ke BRI melalui ATM, maka Anda akan diminta memasukkan kode bank BRI untuk dimasukkan di awal nomor rekening yang dituju, misal kode bank BRI 002, maka 002(nomor rekening tujuan).

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui sistem tarif transfer antar bank sehingga bagi Anda yang ingin melakukan tranfsr dari Bank Mandiri ke BRI, Anda sudah bisa menebak tabungan Anda akan terpotong sebesar Rp 6.500,- sebagai biaya transfer dari Mandiri ke BRI melalui ATM. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda!