Informasi BPJS Kesehatan Admin Terbaru

Posted on

Pemerintah saat ini melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, salah satunya adalah pelayanan kesehatan. Kesehatan menjadi aspek yang harus diperhatikan pemerintah karena kualitas hidup masyarakat yang baik dapat diukur dari tingkat kesehatannya. Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat penderita penyakit cukup tinggi dan negara dengan tingkat perkembangbiakan penyakit yang cukup tinggi. Hal ini karena kualitas hidup masyarakat Indonesia masih cukup rendah yang dapat dilihat dari buruknya kebersihan lingkungan dan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan dan pola hidup sehat.

Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang menderita sakit dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan, baik dari dokter maupun rumah sakit. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang beberapa tahun belakangan mulai diupayakan dan dilaksanakan oleh pemerintah adalah dengan menyediakan asuransi kesehatan melalui Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Informasi mengenai BPJS Kesehatan dapat dilihat di BPJS Kesehatan admin.

Informasi BPJS Kesehatan Admin

Informasi BPJS Kesehatan Admin
Informasi BPJS Kesehatan Admin

 

Program BPJS Kesehatan mulai dilaksanakan pada 1 Januari 2014 sesuai dengan UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). BPJS merupakan lembaga negara yang diperuntukkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh rakyat Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang layak dengan membayar iuran secara pribadi atau iuran yang dibayarkan oleh pemerintah.

Setiap warga Indonesia bisa mengakses layanan kesehatan yang disediakan pemerintah melalui BPJS Kesehatan ini dengan terlebih dahulu memahami segala persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Segala persyaratan, hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masyarakat dapat diketahui dengan mengakses BPJS Kesehatan Admin, dimana akan dijelaskan hal-hal penting apa saja yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah Untuk Semua Kalangan

Dalam BPJS Kesehatan Admin, terdapat informasi-informasi penting yang dapat membantu peserta BPJS Kesehatan untuk lebih mengetahui ketentuan-ketentuan dari program BPJS Kesehatan, seperti:

  1. Ketentuan umum

Dalam ketentuan umum ini, terdapat informasi-informasi ketentuan umum seperti ketentuan klaim setiap bulan, pembayaran BPJS Kesehatan, kendali umum dan biaya, kedaluwarsa klaim, kelengkapan administrasi klaim umum yang harus dipenuhi

  1. Klaim fasilitas kesehatan tingkat pertama

Dalam klaim fasilitas kesehatan tingkat pertama, terdapat informasi mengenai klaim rawat jalan tingkat pertama melingkupi ketentuan administrasi dan biaya yang harus dibayar, klaim rawat inap tingkat pertama yang melingkupi persyaratan dan biaya yang harus dibayarkan, persalinan atau maternal dan neonatal non kapitasi di fasilitas kesehatan tingkat pertama, pelayanan darah, pelayanan obat program rujuk balik, pelayanan pemeriksaan penunjang screening kesehatan, dan pelayanan lain di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

  1. Klaim fasilitas kesehatan tingkat lanjutan

Dalam klaim fasilitas kesehatan tingkat lanjutan, terdapat beberapa ketentuan pelayanan kesehatan yang masuk dalam klaim fasilitas kesehatan tingkat lanjutan seperti rawat jalan lanjutan, dan rawat inap tingkat lanjutan.

  1. Klaim kesehatan pelayanan gawat darurat

Dalam klaim kesehatan pelayanan gawat darurat terdapat beberapa ketentuan pelayanan kesehatan yang masuk dalam klaim kesehatan pelayanan gawat darurat seperti pelayanan gawat darurat di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tidak kerja sama dengan BPJS Kesehatan, pelayanan gawat darurat di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang tidak kerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan pelayanan gawat darurat di fasilitas kesehatan yang kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

  1. Klaim alat kesehatan

Klaim alat kesehatan ini mencakup alat kesehatan di luar paket INA CBGs.

  1. Klaim kompensasi pelayanan di daerah tidak ada fasilitas kesehatan yang memenuhi syarat.
  2. Klaim Continuous Ambulatory Peritonial Dialysis (CAPD)

Baca Juga: Cara Dan Syarat Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan hingga saat ini mampu meng-cover biaya kesehatan masyarakat dan merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang mudah bagi masyarakat.