Cara Bayar Uang Jaminan BPKB Motor Di Pegadaian

Diposting pada

Uang merupakan kebutuhan utama bagi seseorang untuk bisa bertahan hidup. Uang digunakan untuk membeli keperluan dalam keseharian, juga digunakan untuk membayar biaya hidup apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki rumah, ada biaya listrik dan pdam yang harus dibayar. Tetapi, ketika semuanya sudah terlalu mahal, mungkin Anda sempat berpikir untuk menggadaikan BPKB motor di tempat pegadaian. Sebelum memahami cara bayar uang jaminan BPKB motor di pegadaian, tahukah Anda kalau ada setidaknya 4 jenis pinjaman yang akan ditawarkan oleh pihak pegadaian? Nah manakah yang cocok dengan apa yang sedang Anda butuhkan sekarang ini.

 

Inilah Cara Bayar Uang Jaminan BPKB Motor di Pegadaian yang Tepat

Cara Bayar Uang Jaminan BPKB Motor di Pegadaian
Cara Bayar Uang Jaminan BPKB Motor di Pegadaian

 

Dengan menggadaikan BPKB sepeda motor Anda, ada beberapa pinjaman yang harus Anda mengerti fungsi dan keunggulannya. Berikut ini jenis-jenis pinjaman tersebut dan cara melakukan pembayaran uang jaminan BPKB motor di pegadaian:

 

Pinjaman Kreasi

 

Pinjaman ini diberikan untuk orang-orang yang berniat mengembangkan usaha mereka. Syarat yang perlu dilengkapi untuk mendapatkan pinjaman yang satu ini adalah sebuah usaha yang telah dijalankan paling tidak selama 1 tahun penuh, KTP dan KK, juga dokumen asli BPKB motor dan fotokopi STNK motor yang BPKB-nya digadaikan. Besarnya pinjaman yang bisa diajukan adalah sebesar Rp3.000.000 hingga Rp200.000.000. Wow, besar sekali bukan? Nah, jangka waktu pinjaman Kreasi ini 6, 12, 24 hingga 36 bulan saja ya.

 

Pinjaman Syariah (RAHN)

 

Tidak hanya tabungan yang sifatnya bisa syariah, tetapi juga pinjaman bisa syariah. Dikenal juga dengan sebutan RAHN, pinjaman jenis ini menetapkan pembayaran biaya administrasi di awal proses penggadaian. Biaya administrasi yang bisa dibayarkan pada saat akad baru atau akad perpanjangan tersebut sebesar Rp2.000,- hingga Rp100.000,-. Sedangkan tariff Ijaroh yang ditetapkan pinjaman syariah adalah Rp80,- hingga Rp90,- per 10 hari masa penyimpanan.

 

Pinjaman Gadai Arrum

 

Pinjaman yang satu ini ditujukan untuk usaha mikro atau jenis usaha kecil yang membutuhkan pengembangan. Ternyata, jenis pinjaman ini memiliki kesamaan dengan pinjaman Kreasi yang telah dibahas sebelumnya. Nah, setelah mengetahui jenis pinjaman, kini saatnya Anda belajar cara melakukan pembayaran uang jaminan BPKB motor di pegadaian. Jangka waktu yang disediakan oleh pegadaian adalah 12, 18, 24 hingga 36 bulan saja. Sedangkan besar maksimal jumlah uang yang bisa dipinjam adalah Rp20.000.000.

 

KCA (Kredit Cepat dan Aman)

 

Setelah melakukan pinjaman, maka ada kewajiban untuk melunasi pinjaman tersebut. Cara pelunasan yang pertama adalah dengan KCA atau Kredit Cepat dan Aman. Melalui KCA, pinjaman yang Anda ajukan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk membayar SPP sekolah anak selama 5 bulan terakhir agar kredit pelunasan pun cepat dan aman karena jumlah pinjaman tidak melebihi batas kemampuan. Pinjaman ini berlangsung selama 4 bulan, dan bisa diperpanjang namun dengan bunga yang telah ditentukan.

 

KRESIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

 

Cara bayar uang jaminan BPKB motor di pegadaian yang satu ini melakukan pegadaian berupa emas. Hal menarik yang ditawarkan oleh Krasida adalah ia memberikan pinjaman sebesar 95% dari nilai penawaran peminjaman, lho. Jumlah uang yang bisa diajukan di Krasida dimulai dari Rp1.000.000,- hingga Rp250.000.000,- dalam jangka waktu peminjaman selama minimal 6 bulan dan maksimal peminjaman selama 36 bulan.

 

Itulah jenis-jenis pinjaman yang ada di pegadaian dan cara-cara melunasinya. Pinjaman yang manakah yang cocok untuk Anda?