Bagaimana Cara Blokir Semua Kartu ATM yang Hilang?

Diposting pada

Bagaimana Cara Blokir Semua Kartu ATM yang Hilang? Kartu ATM merupakan salah satu jenis kartu transaksi yang paling penting. Tidak hanya berfungsi sebagai alat transaksi non-tunai, kartu ATM juga menyimpan seluruh tabungan yang Anda miliki pada rekening tersebut. Jika hilang, maka Anda harus segara memblokirnya agar tidak ada orang yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan kartu ATM Anda yang hilang. Lalu, bagaimana jika dompet yang berisi berbagai jenis kartu ATM Anda hilang? Segeralah memblokirnya karena untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan. Baiklah ada beberapa cara blokir kartu ATM yang hilang. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, silakan simak artikel berikut ini!

 

Beberapa Cara Blokir Semua kartu ATM yang Hilang

 

Bagaimana Cara Blokir Semua Kartu ATM yang Hilang
Bagaimana Cara Blokir Semua Kartu ATM yang Hilang

 

Jika Anda memiliki berbagai jenis kartu ATM dari berbagai bank, maka cara melakukan blokir semua kartu ATM adalah dengan menghubungi call center satu per satu hingga seluruh kartu ATM Anda benar-benar terblokir. Berikut adalah cara memblokir kartu ATM yang hilang berdasarkan beberapa jenis Bank:

 

1. Blokir Kartu ATM Mandiri

Jika kartu ATM Anda diterbitkan dari Bank Mandiri, maka Anda bisa langsung menghubungi customer service mandiri. Untuk lebih valid, Anda bisa menghubungi nomor customer service yang tertera pada buku tabungan yang Anda miliki. Jelaskan seluruh maksud dan tujuan Anda untuk memblokir kartu ATM karena hilang. Setelah itu, pegawai yang bertugas akan meminta data-data penting sebagai validasi, seperti nomor KTP dan nomor rekening yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa langsung datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa data-data yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, customer service yang bertugas akan membantu Anda. Setelah yakin terblokir, maka Anda bisa mengaktifkan kembali kartu ATM yang Anda miliki dengan menerima kartu ATM yang baru. Dengan demikian, hal-hal yang tidak diinginkan menyangkut uang tabungan di rekening Anda akan aman.

 

2. Blokir Kartu ATM BNI

Untuk kartu ATM BNI, Anda bisa menghubungi call center yang tertera di beberapa mesin ATM. Sebagai pilihan lainnya, Anda juga bisa pergi langsung ke kantor cabang BNI terdekat. Pastikan Anda membawa beberapa data yang dibutuhkan. Jika Anda ingin memblokir kartu ATM karena hilang, maka Anda bisa menyiapkan Surat Kehilangan yang diterbitkan dari kepolisian. Setelah itu, sertakan buku tabungan, KK (Kartu Keluarga), dan juga KTP (Kartu Tanda Penduduk). Data-data tersebut dibutuhkan untuk memvalidasi bahwa Anda benar-benar pemilik dari rekening tersebut sehingga terhindar dari tindakan kriminal. Seluruh proses pemblokiran akan dibantu langsung oleh pegawai yang bertugas.

 

3. Blokir Kartu ATM BRI

Tidak jauh berbeda dengan jenis bank sebelumnya, Anda bisa menghubungi call center bri atau mendatangi langsung kantor cabang Bank BRI terdekat bagi kartu ATM BRI yang hilang. Selain itu, Bank BRI juga menyediakan fitur pemblokiran melalui aplikasi resmi BRI. Anda akan diminta memasukan password dan hanya sekali klik, kartu ATM Anda sudah terblokir. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat.

 

Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung untuk mencari cara blokir semua kartu ATM yang hilang. Hubungi call center atau datangi langsung kantor cabang bank terdekat. Segera lakukan pemblokiran dengan membawa beberapa data yang dibutuhkan, jadi seluruh uang di rekening Anda akan aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.