Cara Buka Rekening BRI : Syarat dan Ketentuan Yang Harus Dipenuhi

Diposting pada

Bank Rakyat Indonesia adalah bank yang cabangnya bisa sampai pelosok Indonesia. Dengan jumlah atm-nya dimana-mana, siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah. Bayangkan anda sedang berlibur di pedalaman Jawa, kemudian anda perlu mengambil uang untuk beli ikan di suatu pasar tepi pantai, dijamin atm yang paling dekat dari situ adalah atm BRI. Selain aksesibilitasnya yang terhitung mudah, jasa pelayanannya bank BRI pun juga tidak kalah dari bank-bank swasta elit manapun.

Mengikuti dengan perkembangan jaman yang serba online, bank BRI juga mempunyai E-Banking yang aplikasinya bisa diakses dari opsi sim card anda agar transaksi anda juga bisa dilakukan secara maya. Dengan pertimbangan-pertimbangan diatas, tidaklah heran apabila anda ingin membuka rekening di Bank Rakyat Indonesia.

Untuk yang pernah berkuliah di universitas negeri, seringkali sewaktu pendaftaran sudah otomatis mendaftar untuk rekening BRI. Karena terdapat fitur autodebet atau sistem pembayaran kampus yang bekerja sama dengan bank BRI juga. Tetapi untuk siapapun yang belum terdaftar secara otomatis di masa kuliahnya, maka perlu perjuangan yang sesungguhnya tidak susah untuk mendapat rekening BRI. Selanjutnya mungkin anda langsung bertanya, bagaimana cara buka rekening BRI? Dari website resmi bank BRI yang hanya bisa diakses pemegang rekening BRI, anda bisa mendaftar rekening BRI dari cara-caranya dibawah ini:

7 Langkah Mudah Cara Buka Rekening BRI untuk Umum

Cara Buka Rekening BRI untuk Umum
Cara Buka Rekening BRI untuk Umum

 

  1. Siapkan dokumen-dokumen syarat membuat Rekening BRI, yaitu tanda pengenal, dan NPWP untuk yang sudah memiliki. Apabila WNA cantumkan pula paspor serta KIMS/KITAP/KITAS.
  2. Siapkan setoran awal sebesar Rp 100,000,00 secara tunai, serta setoran awal yang kedua Rp 100,000,00, tunai juga.
  3. Kunjungi cabang bank BRI terdekat domisili anda.
  4. Pilih Customer Service di ruang tunggu bank BRI.
  5. Setelah menunggu giliran anda, anda bisa meminta karyawan dari customer service untuk membuka rekening bank BRI yang baru.
  6. Dengan dibantu karyawan Customer Service, isi formulir, serta serahkan dokumen dan uang setoran awal. Kemudian tanda tangan semua berkas yang diperlukan. Dalam tahap ini pastikan untuk membaca semua yang perlu anda tanda tangan, karena terdapat ketentuan-ketentuan yang perlu anda ketahui juga untuk kedepanya.
  7. Setelah selesai mengisi semua berkas, maka rekening anda sudah siap dimiliki dan digunakan.

Baca Juga: Perbedaan Antara Tabungan BRI Britama dan Simpedes

Untuk tahap awal, anda biasanya akan mendapat kartu debit untuk kemudahan transaksi menabung ataupun transfer uang anda. Ganti nomor pin kartu debit anda secepatnya di atm BRI terdekat, karena dengan mengganti nomor pin, maka anda juga mengaktifkan kartu debit tersebut agar bisa transaksi di atm BRI manapun. Jika ada kesulitan, maka anda hubungi customer service untuk panduan lebih lanjut.

Cara Buka Rekening BRI bisa Anda lakukan juga melalui online. Cukup mudah sekali. Yaitu cukup akses https://eform.bri.co.id.home/detail/britama/ maka dalam satu halaman itu terdapat fasilitas; syarat pembukaan dan biaya; informasi limit transaksi kartu debit yang dibagi atas dua kartu Classic atau Gold. Kemudian setelah membaca dan memahami ketentuan diatas, maka anda bisa pencet tombol regristasi dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Biasanya dalam suatu event-event yang disponsori BRI, seringkali ada promo-promo kartu kredit BRI. Anda juga bisa mendaftar melalu agen di event tersebut, dan miliki rekening BRI anda dengan lebih instan. Karena biasanya yang ada di event-event, para agen-nya lebih mengejar pendaftar baru, sehingga prosedurnya lebih singkat.