Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Diposting pada

Bagaimana Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak? Asuransi ketenagakerjaan merupakan satu fasilitas yang diberikan oleh perusahaan ataupun instansi kepada karyawannya. BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga pemerintah yang menangani asuransi sosial menyediakan jaminan perlindungan tenaga kerja terkait pemenuhan kebutuhan dasar bagi tenaga kerja dan keluarganya.

BPJS Ketenagakerjaan yang awalnya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) ini mengalami perkembangan dan perubahan dari masa ke masa. Saat ini bentuk asuransi tenaga kerja dari BPJS Ketenagakerjaan diberikan dalam 4 program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun yang dapat dipergunakan oleh tenaga kerja beserta dengan keluarganya. Pekerja dapat memperoleh fasilitas jaminan sosial ketenagakerjaan ini melalui perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja.

Menurut undang-undang, instansi dan perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan dan jaminan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menjamin hak-hak pekerja untuk memperoleh perlindungan secara sosial dan kesehatan. Hak-hak perlindungan sosial tersebut dapat diperoleh jika pekerja rutin membayarkan iuran per bulan kepada BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dikoordinir langsung oleh perusahaan melalui pemotongan penghasilan.

Anda yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan sebaiknya rutin melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak. Status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan bisa berubah menjadi non aktif jika peserta tidak melakukan pembayaran iuran bulanan sampai dengan periode tertentu atau bisa juga karena peserta sudah tidak lagi bekerja pada perusahaan yang awalnya mendaftarkannya. Keanggotaan Anda akan terus aktif jika Anda selalu tepat melakukan pembayaran iuran setiap bulannya.

JIka Anda membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui sistem pemotongan gaji oleh perusahaan maka Anda tidak bisa memastikan sendiri apakah iuran Anda sudah terbayarkan atau belum. Oleh karena itu, Anda sebaiknya rutin untuk mengecek status keanggotaan Anda agar dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada pada jaminan BPJS Ketenagakerjaan agar Anda dapat selalu merasa aman dalam bekerja.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak Dengan Mudah

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak
Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Anda bisa melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak melalui beberapa cara, diantaranya :

  • Melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile

Anda dapat mengecek status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia dan dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store atau website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Langkah-langkahnya:

  • Unduh Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan
  • Lakukan registrasi dengan email kemudian aktivasi akun Anda
  • Isi data diri dengan benar dan lengkap
  • Apabila status keanggotaan Anda masih aktif maka Anda akan dapat langsung masuk ke dalam aplikasi. Jika sistem tidak dapat memvalidasi data meskipun Anda sudah memastikan seluruh informasi data diri Anda sudah benar dan sesuai dengan yang tertera pada kartu, berarti status keanggotaan Anda sudah tidak aktif lagi.
  • Menggunakan layanan SMS

Anda juga bisa cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak melalui layanan sms. Cara ini bisa mempermudah Anda yang sedang tidak terjangkau jaringan internet. Sayangnya, layanan ini baru dapat digunakan bagi pengguna Indosat, Telkomsel dan XL. Caranya adalah dengan mengirimkan sms ke 2757 dengan format :

STATUS(spasi)TK#NOMORPESERTA

Jika Anda sudah memenuhi kewajiban sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, selalu pastikan status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan Anda aktif untuk bisa menikmati hak perlindungan sosial. Terjaminnya hak-hak tenaga kerja akan dapat memunculkan rasa aman dan meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan tenaga kerja.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu Anda Cek BPJS ketenagakerjaan dengan mudah.