Cara Cek Nomor NPWP Online Mudah Dengan

Posted on

Setiap warga negara Indonesia yang memiliki penghasilan kena pajak tentu harus membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap wajib pajak baik orang pribadi atau wajib pajak badan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang lebih dikenal di masyarakat sebagai NPWP. NPWP ini bersifat rahasia karena di dalamnya berisi data diri dan informasi penting lainnya.

Oleh karena itu, NPWP hanya diketahui oleh Anda sendiri dan orang-orang yang berkepentingan dengan Anda. Banyak orang yang sering melupakan NPWP begitu saja karena mereka memiliki NPWP hanya sebagai syarat tertentu dan keperluan sesaat. Akibatnya mereka tidak memenuhi kewajiban pajaknya apalagi jika hanya memiliki penghasilan yang terbatas.

Hal ini berakibat pada banyaknya NPWP yang terbengkalai dan tidak terurus oleh wajib pajaknya. Maka dari itu, terkadang ada wajib pajak yang ingin kembali mengetahui validitas NPWP. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan cara cek nomor NPWP online.

NPWP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan wujud sebagai tanda pengenal. NPWP merupakan penting karena selain sebagai identitas wajib pajak dan sarana administrasi pajak, nomor ini juga menjadi persyaratan dalam layanan tertentu misalnya untuk pengajuan kredit pada Bank, membukukan rekening koran, pembuatan paspor dll.

Oleh karena itu, biasanya banyak pajak yang tiba-tiba ingin mengecek NPWP yang dimiliki kembali meski sudah lama melupakannya. Penyebab lainnya bisa jadi karena NPWP Anda hilang. Cara cek nomor NPWP online dapat menjadi salah satu cara bagi Anda yang efektif dan efisien karena tidak perlu mendatangi kantor pajak secara langsung.

Bagaimana Cara cek nomor NPWP online dengan Mudah?

Cara cek nomor NPWP online
Cara cek nomor NPWP online

 

Baca Juga: Syarat Membuat NPWP Untuk Pribadi

Sebenarnya untuk melakukan cek NPWP agar diketahui valid dan terjamin kebenarannya adalah melalui datang langsung ke kantor pajak atau dengan menghubungi kring pajak di nomor 1500200. Cek NPWP di sini merupakan cek status NPWP Anda apakah masih valid dan aktif atau tidak.

Cara cek nomor NPWP online dapat dilakukan dengan mengakses situ Direktorat Jenderal Pajak (DJP) online. Kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang mampu memudahkan masyarakat dan memberikan fasilitas secara online untuk berbagai jenis layanan umum.

Salah satunya adalah DJP online untuk mengetahui validitas dan status keaktifan NPWP. Namun sebelumnya Anda perlu memiliki akun di situ DJP online terlebih dahulu untuk selanjutnya digunakan sebagai login ke akun dalam rangka cek validitas NPWP. Apabila hasil dari cek NPWP dinyatakan bahwa NPWP Anda non efektif oleh DJP online, maka selanjutnya Anda harus membuat permohonan secara langsung dengan datang ke kantor pajak setempat. Selain itu, DJP online juga berfungsi untuk memberikan layanan lain online terkait pajak seperti pembayaran pajak secara online dan melakukan pelaporan pajak secara online juga.

Alternatif cek NPWP online lainnya adalah melalui situs https://ssereg.pajak.go.id. Caranya cukup mudah dengan cara memasukkan nomor seri NPWP Anda pada kolom tersedia dan tunggu beberapa saat. Apabila nama Anda pemilik NPWP muncul pada kolom nama, berarti NPWP Anda masih aktif dan terdaftar. Cukup mudah bukan? Bagi Anda yang sibuk dan tidak dapat meluangkan waktu untuk pergi ke kantor pajak, Anda dapat mulai menggunakan layanan online ini. Anda juga dapat mengirim email kepada kantor pajak dengan cara mengirimnya ke [email protected] untuk bertanya lebih lengkap terkait status NPWP Anda. Orang bijak wajib bayar pajak!