Cara Dan Syarat Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan

Posted on

Cara Dan Syarat Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan – Kesehatan tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya itu saja, banyak sekali anggapan yang sering kali muncul bahwa kesehatan adalah harta yang paling mahal. Pepatah tersebut memang benar adanya, karena tanpa memiliki nikmat sehat maka segala jenis kenikmatan yang ada sangat jarang sekali terasa indah dan membahagiakan. Ketika sakit, tidak hanya raga saja yang harus merasakan rasa sakit namun juga biaya yang harus dikeluarkan juga tidaklah sedikit.

Sakit tentu saja bisa dihindari dengan menjaga pola makan dan beberapa usaha preventif lainnya, namun jika upaya tersebut tidak juga menghalangi rasa sakit yang muncul, dengan cara apalagi selain dengan upaya mengobati. Nah, ketika menjadi pekerja maka tentu saja menjadi peserta dari BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini memiliki manfaat yang sangat penting melalui BPJS ketenagakerjaan. Bagi Anda yang belum memiliki kartu BPJS dan ingin mengajukannya, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

 

Cara Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah
Cara Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Cara Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

 

  1. Cara mendaftar BPJS jenis ini sangatlah mudah, Anda bisa langsung datang ke kantor BPJS untuk mendaftarkan diri atau bisa juga mendaftarkan diri melalui paguyuban atau komunitas yang sekarang ini Anda ikuti. Dengan cara berkelompok, proses pembuatan BPJS akan lebih mudah untuk dilakukan.
  2. Ada beberapa dokumen penting yang harus Anda persiapkan sebelum mendaftar seperti KTP, formulir F1 berjenis yang bisa didapatkan secara langsung di kantor BPJS atau bisa juga diakses dengan lebih mudah dan cepat melalui laman resmi BPJS. Nah, tentukan juga jenis pembayaran yang akan digunakan di masa selanjutnya. Apakah akan membayar sendiri atau dengan melakukan pembayaran mitra. Waktu yang bisa dipilih adalah pembayaran tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau satu tahun sekali.
  3. Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk mengurus kartu BPJS ini karena banyaknya pekerjaan dan deadline di kantor, Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung melalui laman online atau website online dari BPJS. Tentu saja, cara ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja Anda berada.
  4. Setelah menyelesaikan berbagai jenis isian data yang ada di formulir dan proses pendaftaran sebagai peserta BPJS berjalan lancar, nomor peserta BPJS Anda akan segera diterbitkan satu haru setelah masa pendaftaran sebagai peserta BPJS sudah dilakukan.

 Baca Juga: Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Dengan menggunakan empat cara mendaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan di atas maka tentu saja ada banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Manfaat tersebut diantaranya adalah ketika Anda sedang sakit atau mengalami kecelakaan kerja maka segala jenis pengobatan dan biaya perawatan akan ditanggung semuanya oleh pihak BPJS.

Lalu bagaimana cara pembayaran iuran setiap bulannya? Jika mengikuti BPJS khusus ketenagakerjaan, maka jumlah yang harus dibayarkan adalah 5,7% dari total upah yang diterima setiap bulannya. Nah, untuk pembayarannya sendiri akan ada peraturan persentase khusus antara perusahaan dengan pekerja yaitu biaya sebesar 3,7 % akan ditanggung oleh perusahaan sedangkan sisanya yaitu 2% akan ditanggung langsung oleh Anda sebagai pekerja. Jangan sungkan-sungkan untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS karena banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui BPJS ini.

Jika Anda masih ingin mengetahui secara mendalam mengenai semua hal tentang BPJS maka Anda bisa secara langsung mengakses informasi-informasi penting tersebut dengan mengunjungi laman resmi BPJS secara online.