Syarat, Ketentuan dan Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank

Diposting pada

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank Untuk Mendapatkan Pinjaman. Bank tidak hanya menjadi tempat menabung saja, namun juga memiliki peran lain yakni untuk menggadaikan sertifikat rumah ketika Anda sedang sangat membutuhkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Selain sertifikat rumah, bank juga menerima sertifikat ruko maupun apartemen. Pada umumnya, semua bank akan memberikan dana konsumtif dengan nilai sebesar 80% hingga 90% dari harga properti yang Anda gadaikan. Tentunya, untuk meminjam dana yang besar dibutuhkan beberapa persyaratan. Berikut ini adalah cara gadai sertifikat rumah di bank dan syarat-syarat yang perlu Anda penuhi.

 

Syarat, Ketentuan dan Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank

 

Menggadaikan sertifikat rumah di bank ternyata tidak begitu sulit, caranya gampang. Berikut ini adalah beberapa syarat yang wajib Anda penuhi:

  • –       Pertama, Anda harus memiliki kartu tanda pengenal WNI atau KITAS, lalu memfotokopi ktp Anda dan istri. Pastikan usia Anda 21 tahun atau lebih dari itu namun tidak mencapai 65 tahun. Jika kurang dari 21 atau lebih dari 65, Anda tidak bisa melanjutkan transaksi penggadaian ini. Juga pastikan penghasilan per bulannya mencapai 4juta.

 

  • –       Lalu, lengkapi dokumen-dokumen berikut ini: a) form aplikasi kredit, b) fotokopi KK dan surat nikah, c) foto pemohon dan pasangan, d) slip gaji terbaru, e) fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap, f) fotokopi buku tabungan min. selama 3 bulan terakhir, g) fotokopi SPT Pph PS 21 untuk kredit, h) fotokopi NPWP untuk permohonan kredit, i) fotokopi akta pendirian perusahaan, SIUP, TDP dan SITU, j) fotokopi izin praktik dan k) fotokopi SHM/SHGB/IMB.

Setelah memenuhi persyaratan yang tertera di atas. Maka, tahap selanjutnya adalah langkah-langkah melakukan gadai sertifikat rumah di bank. Berikut langkahnya:

 

Syara Ketentuan dan Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank
Syara Ketentuan dan Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank

 

  • –       Datangi Bank

 

Langkah awalah untuk gadai sertifikat rumah di bank, maka Anda harus membawa semua persyaratan lengkap tersebut ke Bank, namun jangan mengharapkan pinjaman langsung karena bank juga perlu melakukan beberapa prosedur lainnya sebelum mereka benar-benar memutuskan pemohon berhak mendapatkan pinjaman. Jadi, pada kunjungan pertama, Anda akan bertanya produk pinjaman yang sesuai dengan jaminan yang Anda bawa. Hal-hal lain yang perlu Anda tanyakan adalah berapa besarnya bunga yang akan menjadi beban, lalu berapa besarnya cicilan yang harus Anda lunasi setiap bulannya.

 

  • –       Membuat perbandingan kredit antar bank

 

Sebelum memutuskan bank mana yang menawarkan produk kredit terbaik, lebih baik Anda datangi lebih dari dua bank untuk membuat perbandingan. Coba datangi tiga bank untuk bisa membandingkan. Hal-hal yang perlu Anda bandingkan adalah suku bunga yang ditawarkan, besarnya administrasi yang akan diberikan dan fasilitas yang diberikan oleh bank untuk Anda. Lalu, bank mana yang harus dipilih? Tentunya pilih bank yang menawarkan suku bunga paling sedikit dan biaya administrasi paling rendah.

 

  • –       Mengisi formulir dan menunggu verifikasi

 

Setelah selesai bertanya dan mengumpulkan informasi, Anda akhirnya dapat memutuskan bank mana yang menawarkan produk terbaik. Setelahnya, Anda akan diharuskan untuk mengisi formulir permohonan dan menunggu untuk verifikasi dari bank.

 

  • –       Survey dari pihak bank

 

Setelah lolos dari verifikasi, pihak bank akan melakukan survey terhadap rumah yang sertifikatnya Anda gadaikan. Selain survey rumah, Anda juga akan diwawancarai mengenai keperluan uang pinjaman tersebut. Akan digunakan untuk apa, dan bagaimana Anda akan mengembalikannya pada bank.

Nah, begitulah proses cara gadai sertifikat rumah di bank. Setelah memperoleh jumlah pinjaman yang Anda butuhkan, jangan lupa untuk membayar cicilan secara rutin agar tidak ditagih oleh debt collector.