Bagaimana Cara Melakukan Perpanjang Paspor Online?

Posted on

Untuk Anda yang hobi bepergian jauh sampai ke luar negeri pasti akan sangat memerlukan betapa pentingnya memiliki paspor yang harus dimiliki dan digunakan sebagai suatu identifikasi diri sendiri di Negara lain. Tetapi mungkin masih banyak orang yang belum terlalu paham tentang cara perpanjang paspor yang Anda muiliki. Ternyata cara melakukan perpanjang paspor online juga sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperpanjang paspor online, Anda perlu pengertian dari paspor terlebih dahulu. Paspor adalah sebuah dokumen penting yang harus dimiliki dan dibawa ketika sedang melakukan perjalanan jauh ke luar negeri.Paspor juga memiliki dua jenis yang berdasarkan dengan jumlah dari halaman paspor tersebut yaitu yang berjumlah 24 dan 48. Kedua jenis ini sama-sama memiliki masa berlaku yang sama yaitu selama lima tahun. Nah, setelah masa berlaku sudah habis, Anda harus memperpanjang paspor jika masih ingin bepergian ke luar negergi.

 

Cara Melakukan Perpanjang Paspor Online Dengan Mudah

Cara Melakukan Perpanjang Paspor Online Dengan Mudah
Cara Melakukan Perpanjang Paspor Online Dengan Mudah

 

Minimal masyarakat harus mengetahui bahwa setelah masa berlaku habis paspor perlu diperpanjang. Namun, kebanyakan masyarakat memang ada yang malas atau memang tidak tahu bagaimana cara melakukan perpanjang paspor tersebut. Sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan dan mengandalkan seorang biro untuk mengurus jasa paspor. Padahal sekarang ini sudah memasuki era dengan teknologi yang canggih dan modern, untuk cara melakukan perpanjang paspor online juga bisa dilakukan.

Jika kita semua ingin belajar sedikit saja, maka akan cepat mengerti dan mudah diproses. Adapun kemajuan untuk proses melakukan perpanjangan paspor yaitu sebagai berikut. Paspor hanya berlaku hanya selama 5 tahun saja di Indonesia, jika tidak dilakukan perpanjangan maka Anda tidak dapat pergi ke luar negeri lagi.

Jika biasanya Anda memperpanjang paspor dengan cara manual atau pergi ke imigrasi, tetapi ada cara yangl ebih praktis untuk memperpanjang masa berlaku paspor yaitu dengan cara melakukan perpanjang paspor online. Untuk mengetahui caranya, ikuti tips berikut ini:

  1. Lakukan Pendaftaran Secara Online

Melakukan pendaftaran online melalui website resmi dai imigrasi yaitu http://www.imigrasi.go.id/ , setelah situs sudah terbuka pilihlah jenis layanan yang Anda perlukan. Misalnya layanan untuk panggantian masa berlaku dari paspor untuk memperpanjang paspor Anda. Anda hanya perlu mengisi nomor paspor yang lama, jenis halaman paspor, serta kantor imigrasi yang terdekat.

  1. Isi Form Untuk Pembayaran

Jika sudah mendaftar secara online, Anda bisa langsung melakukan pengisian form untuk pembayaran perpanjangan paspor.Setelah mengisi, kantor pusat imigrasi akan segera mengirimkan Anda email berupa surat untuk pembayaran. Surat harus terlebih dahulu dicetak dan dibayar di Bank BNI 46 sambil menunjukan Surat yang sudah dicetak tersebut. Biasanya Ada biaya administrasi untuk pembayarannya seesar Rp 5.000,- saja.

  1. Mengisi Permohonan Untuk Jadwal Wawancara

Ketika sudah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan email kembali. Di email tersebut akan tertera Link untuk mengajukan jadwal wawancarra. Anda harus mengisi dan menentukan kapan datang ke kantor Imigrasi terdekat.

  1. Cetak Formulir

Jika sudah, Anda bisa langsung cetak formulir untuk dapat wawancara di kantor Imigrasi. Dengan cara download dan cetak formulir yang berisi hari dan tanggal wawancara tersebut.

  1. Persiapkan Semua Dokumen

Siapkan semua dokumen sebelum datang ke kantor Imigrasi. Dokumen yang diperlukan biasanya berupa KTP, Ijazah terakhir pendidikan, KK, Akte Kelahiran, surat nikah jika sudah menikah, dan membawa paspor yang lama. Fotocopy semua dokumen penting tersebut.

  1. Datang Ke Kantor Imigrasi Dengan On Time

Anda harus datang di hari dan tanggal yang sudah ditentukan dengan tepat.Jika bisa datanglah sebelum waktu wawancara dilakukan agar tidak telambat.