Cara Melakukan Perpanjangan SIM Online

Diposting pada

Bagaimana Cara Melakukan Perpanjangan SIM Online Proses dan ketentuannya? Tentu bagi setiap pengemudi baik kendaraan motor ataupun mobil harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Surat Izin mengemudi atau SIM yang dahulu adalah salah satu masalah yang cukup repot untuk seorang pengendara, karena tidak dapat memperpanjang SIM tersebut di kota lain. Kini sudah dapat teratasi dengan mudah dan simple.

Biasanya perpanjangan SIM harus dengan kembali ke kota dimana Anda membuat SIM tersebut untuk pertama kali, jadi ini akan sangat menyulitkanbagi para perantau yang tinggal di kota orang untuk melakukan perpanjangan SIM. Tetapi untuk saat ini sudah bisa dilakukan cara melakukan perpanjangan SIM online dengan mudah dan simple, tidak harus balik ke kota asal membuat SIM pertama kali.

Tetapi kini proses yang menyulitkan tersebut sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena untuk layanan perpanjangan SIM yang biasanya ribet dan menyulitkan banyak orang sudah bisa dilakukan dengan mudah dan simpe secara online. Layanan perpanjangan SIM online ini akan membuat semua prosesnya menjadi lebih cepat dan praktis tanpa menyulitkan orang tersebut.

Jika Anda salah satu dari pengemudi yang harus memperpanjang SIM, maka bisa menggunakan layanan perpanjangan SIM secara online ini. Sebelum masa berlakunya habis, diharapkan Anda  untuk memperhatikan beberapa layanan untuk SIM Online dan harus mengikuti beberapa prosedurnya.

 

Prosedur Cara Melakukan Perpanjangan SIM Online

Cara Melakukan Perpanjangan SIM Online
Cara Melakukan Perpanjangan SIM Online

 

Sebelum mengetahui bagaimana cara melakukan perpanjangan SIM melalui online, mungkin ada baiknya Anda  mengetahui apa itu SIM Online? Walaupun dilakukan dengan cara online, tidak berarti pengemudi dapat dengan gampangnya memperpanjang SIM dan melakukannya sendiri. Arti dari layanan SIM online merupakan  layanan yang seluruh data dari semya pemiliki SIM ini telah terkoneksi secara online di seluruh wilayah Indonesia.

Jadi, untuk data SIM yang ada di berbagai daerah itu sudah dapat diakses dimana pun yanga da di seluruh Indonesia. Jadi, untuk para pemudi yang tinggal bukan di daerah asalnya, dan SIM yang digunakan akan memasuki masa tenggang atau masa berlakunya sudah hampir habis, bisa melakukan perpanjangan SIM secara online. Untuk melakukan perpanjangan SIM secara online, ada beberapa prosedur dan cara melakukannya.

Untuk melakukan perpanjangan SIM secara online sebenarnya caranya juga hampir sama dengan mengikuti prosedur umum perpanjangan SIM yang pada umumnya. Beberapa prosedurnya. Saat mengajukan perpanjangan SIM secara online, sebenarnya Anda harus mengikuti prosedur perpanjangan SIM secara konvensional.

Prosedur yang harus dilakukan adalah seperti memenuhi beberapa persyaratan umum, seperti cek kesehatan fisik, membayar biaya yang diperlukan, dan harus mendatangi Satpas atau Gerai lainnya. Perlu diketahui pula beberapa cara melakukan perpanjangan SIM online yaitu sebagai berikut:

  1. Melakukan Pendaftaran Secara Online

Anda harus melakukan pendaftaran atau melakukan registrasi melalui web atau melalui situs SIM online tertentu (http://sim.korlantas.polri.go.id).Untuk yang baru pertama kali berkunjung ke situs ini harus mengikuti prosedur serta harus mendaftarkan secara online dan selanjutnya ikuti langkah berikutnya.

  1. Melakukan Pembayaran Pada Aplikasi Perpanjangan SIM online

Setelah sudah melakukan registrasi, Anda bisa melakukan pembayaran untuk perpanjangan SIM secara online melalui ATM atau langsung ke teller yang dapat dilakukan di seluruh bank atau ATM BRI.

  1. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Persyaratan perpanjangan SIM online selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan di dokter pilihan Anda.

  1. Kunjungi Satpas atau Gerai Lainnya

Setelah sudah melakukan beberapa langkah sebelumnya, And abisa menentukan hari, tanggal untuk kedatangan Anda, dan setelah itu kunjungi Satpas atau gerai SIM keliling. Di Satpas ini, polisi akan mengecek pendaftaran dengan pepanjangan yang sudah Anda lakukan di website dan melakukan verifikasi.

  1. Melakukan Pengambilan SIM

Setalah sudah melakukan verifikasi seperti foto, melakuakn mengecapan sidik jari dan tanda tangan, Anda tinggal menunggu panggilan untuk mengambil SIM yang sudah diperpanjang.

Nah, itulah beberapa prosedur dan cara melakukan perpanjangan SIM online dengan cepat dan mudah. Dengan adanya perpanjangan SIM online ini akan lebih memudahkan bagi semua pengemudi.