Cara Melakukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Diposting pada

Banyak perusahaan yang memiliki program simpan pinjam tanpa jaminan saat ini, tanpa terkecuali Koperasi. Meminjam dana dari Koperasi banyak dilakukan oleh masyarakat kecil seperti pedagang, peternak, petani bahkan PNS. karena cukup mudah dan pelayanan administrasinya yang cepat. Prinsip dasar dari koperasi simpan pinjam juga cukup kompetitif dibandingkan dengan perusahaan lain dan wajib untuk diketahui oleh kita agar lebih memahami cara kerja koperasi dan alur prosesnya. Meminjam uang tunai di koperasi juga dinilai lebih aman daripada meminjam uang di rentenir, lebih mudah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Modal pinjaman koperasi berasal dari pihak lain, seperti bank.

 

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan, Amankah?

 

Sebelum mengetahui cara meminjam uang di koperasi, berikut adalah syarat yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

  1. Berstatus sebagai calon anggota atau sudah menjadi anggota koperasi.
  2. Mengisi formulir pinjaman.
  3. Identitas diri seperti fotokopi KTP jika perorangan atau KTP suami istri jika sudah menikah.
  4. Fotokopi KK (Kartu Keluarga), Rekening listrik, slip gaji, dan Agunan.
Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan
Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

 

Adapun cara atau langkah-langkah untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, sebagai berikut.

  1. Hubungi langsung contact person marketing koperasi dan sampaikan tujuan Anda.
  2. Siapkan syarat-syarat di atas Anda ingin meminjam uang dengan datang ke kantor Koperasi.
  3. Mengajukan dan menyerahkan proposal pinjaman.
  4. Apabila Anda baru pertama kali meminjam uang di koperasi, maka uang yang bisa dipinjam hanya berkisar Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,- saja. Namun, apabila sudah beberapa kali, maka limitnya bisa lebih banyak.
  5. Kesepakatan pencairan dana dari proposal yang sudah disetujui akan diberikan dalam akad pinjaman koperasi.
  6. Dari 100% dana yang diajukan, maka Anda hanya akan dapat 90% saja dengan 10% sisanya akan dimasukkan dalam tabungan yang bisa dimanfaatkan saat melakukan pelunasan pinjaman.
  7. Angsuran pelunasan dilakukan setiap bulan dengan cicilan yang telah ditentukan, yang bahkan hingga mencapai 30%. Maka pelajari dan tanyakan secara detail mengenai proses mengangsur pinjaman. Jangan sampai bunga cicilan yang ditetapkan malah akan memberatkan Anda nantinya.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair yang Cepat dan Mudah

Tidak perlu malu untuk meminjam uang ke Koperasi karena merupakan salah satu solusi terbaik apabila sedang terdesak membutuhkan dana. Kebutuhan yang mendesak akan terbantu dengan adanya pelayanan pinjaman koperasi tanpa jaminan ini dan tentunya aman karena terhindar dari rentenir. Koperasi yang berada di Indonesia saat ini sudah banyak. Dalam tingkat desa pun ada koperasi. Namun, pilihlah jenis koperasi yang memberikan bunga ringan sehingga tidak memberatkan Anda di kemudian hari.  Dengan memanfaatkan kesempatan yang ada, justru dimungkinkan bahwa hasil dari usaha Anda akan lebih banyak mendatangkan keuntungan.

Baca JugaCara Mengajukan Pinjaman Online Langsung Cair

Agar lebih terjamin, buatlah surat kesepakatan antara kedua belah pihak agar Anda dan Koperasi tidak bisa melanggar kesepakatan tersebut dan agar lebih bertanggung jawab. Kenali gaya hidup Anda dalam memenuhi kebutuhan hidup. Apakah Anda termasuk orang yang boros atau yang bisa menyisakan uang dan menabung sedikit-demi sedikit. Patuhi etika yang ada dan bayarlah cicilan dengan tepat waktu. Adapun beberapa koperasi yang memberikan pilihan pembayaran melalui beberapa cara selain mendatangi kantor secara langsung, yaitu, ATM, mobile banking, dan internet banking apabila Koperasi tersebut telah bekerja sama dengan pihak bank. Atau pemotongan langsung dari tabungan koperasi yang Anda miliki. Bijaklah dalam mencari pinjaman uang tunai dan atur kebutuhan hidup Anda dan semoga bermanfaat.