Cara Menabung di Bank Mudah Untuk Nasabah Baru

Diposting pada

Cara Menabung di Bank Mudah Untuk Nasabah Baru. Memiliki tabungan adalah harapan banyak orang untuk bisa memiliki simpanan uang. Banyak orang yang menabung uang untuk berbagai tujuan. Bahkan sejak kecil, seorang anak pun sudah dilatih untuk menabung, dengan tujuan tidak menjadi seseorang yang boros. Setiap orang menabung dengan maksud mereka sendiri-sendiri, entah untuk membeli sesuatu, untuk menyiapkan suatu acara khusus seperti pernikahan, atau bahkan untuk tabungan di sama tua. Menabung memang jalan paling aman untuk mengumpulkan uang, karena setiap orang berhak menabung sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kebiasaan menabung ini akan sangat bermanfaat, apalagi ketika sudah memiliki keluarga, karena akan ada banyak keperluan yang membutuhkan biaya cukup besar seperti biaya pendidikan atau biaya-biaya lainnya.

Dahulu, orang menabung dengan menyimpan uangnya sedikit demi sedikit pada suatu tempat yang tidak diketahui orang, atau suatu wadah yang terkunci sehingga tidak mudah dibuka. Namun, semakin maju zaman, teknologi sudah semakin canggih. Cara menabung kemudian semakin berkembang, tak lagi manual dengan menyembunyikan uang di suatu tempat atau wadah tertentu. Uang dapat disimpan pada suatu badan atau lembaga keuangan resmi dengan sistem keuangan dan penghitungan yang cukup akurat, yaitu bank. Bank saat ini telah menggunakan kecanggihan teknologi dalam melakukan penghitungan keuangan sehingga nasabah dapat menabung banknya dengan aman disertai catatan yang akurat. Selain itu, nasabah juga bisa mengambil uang dengan aman dan mudah, baik mengambil uang secara langsung di bank maupun di mesin ATM yang sudah banyak tersedia di ruang-ruang publik seperti minimarket, mall, ataupun SPBU. Untuk bisa menabung di bank, ada beberapa cara menabung di bank yang harus dipatuhi oleh calon nasabah.

 

Cara Menabung di Bank Mudah Untuk Nasabah Baru

Cara Menabung di Bank Mudah Untuk Nasabah Baru
Cara Menabung di Bank Mudah Untuk Nasabah Baru

Baca Juga: Cara Isi Slip Setoran BRI di Teller Bank BRI

Pada dasarnya semua bank menerapkan cara menabung di bank dengan sistem atau tata cara yang sama, yaitu :

  1. Anda perlu mengisi formulir untuk memiliki rekening bank dan kartu ATM. Formulir ini berisi identitas penting seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor identitas, tanda tangan dan lain-lain. Isilah semua data diri secara lengkap dan benar.
  2. Setelah Anda selesai mengisi seluruh identitas yang tertera, Anda akan diminta untuk menentukan nomor PIN ATM Anda. PIN ATM ini berguna untuk membuka transaksi di ATM.
  3. Setelah Anda selesai menentukan PIN ATM Anda, Anda akan dibuatkan buku rekening. Buku rekening ini sangat penting mencatat setiap transaksi keuangan Anda.
  4. Setelah semua tahap pembuatan rekening dan ATM selesai, Anda bisa langsung menabungkan uang Anda sesuai kebutuhan. Biasanya, bagian yang menangani pembuatan rekening dengan setor tunai atau menabung berbeda. Anda hanya perlu menuju ke bagian teller untuk menyetorkan uang yang ingin Anda tabung ke rekening yang sudah Anda miliki.
  5. Setorkanlah uang yang ingin Anda tabung beserta buku tabungan Anda, kemudian teller akan memprosesnya. Bukti setor tunai Anda akan tercetak di buku rekening Anda dan akan terakumulasi setiap kali Anda menabung.

Selain berkunjung langsung ke bank, Anda juga bisa menabung melalui ATM setor tunai yang saat ini sudah tersedia di berbagai tempat. Cara menabung melalui mesin ATM setor tunai ini lebih mudah dan efektif karena tidak perlu mengantri lama. Cara menabung melalui ATM setor tunai ini adalah :

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM dan memasukkan PIN.
  2. Masukkan nominal uang yang akan ditabung.
  3. Masukkan uang ke dalam mesin ATM yang sudah disediakan sesuai nominal yang sudah ditentukan.
  4. Setelah mesin ATM berhasil membaca jumlah uang yang ditabung, Anda bisa menarik kembali kartu ATM.

Cara menabung di bank saat ini bisa dilakukan dengan mudah dengan pelayanan yang baik dari pihak bank itu sendiri. Menabung di bank merupakan salah satu cara aman untuk menyimpan uang dan bisa diambil dengan mudah kapan saja dimana saja menggunakan kartu ATM.