Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Diposting pada

BRI menyediakan ATM yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu bagi para nasabah. Perlu diketahui bahwa ATM BRI menyediakan berbagai macam layanan antara lain informasi saldo, penarikan tunai, registrasi E-banking, penggantian PIN, transfer ke sesama BRI dan antar bank, pembayaran tagihan meliputi tagihan internet speedy, telkom, PLN, kartu kredit dan masih banyak lagi, pembayaran uang kuliah mahasiswa, pembayaran tiket pesawat dan kereta api, serta layanan lainnya. Nah, kali ini kami akan membagikan bagaimana cara menggunakan salah satu layanan tersebut yakni cara mengambil uang di ATM BRI atau transaksi tarik tunai.

 

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Ternyata Mudah

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Cara Mengambil Uang di ATM BRI

 

Pastikan ATM BRI yang Anda pegang masih bisa digunakan dan masih memiliki saldo cukup untuk ditarik tunai. Lalu, ikuti langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI di bawah ini:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM. Pastikan posisi kartu ketika dimasukkan sudah benar. Posisi yang benar yakni sisi kartu yang tertera logo BRI dimasukkan terlebih dahulu. Logo BRI tersebut biasanya tertera di sebelah kiri atas kartu sehingga pastikan bagian sisi tersebut Anda masukkan dulu.
  2. Setelah kartu berhasil masuk dan terdeteksi mesin ATM, maka Anda akan dihadapkan dengan pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Apabila ingin memilih bahasa Indonesia, maka kliklah tombol pilihan ATM yang berada di samping tulisan bahasa tersebut.
  3. Selanjutnya yang akan tampil di layar adalah pemberitahuan dari pihak BRI yang biasanya berisi “Tips Bertransaksi Aman di BRI”, kemudian Anda bisa pilih ‘Lanjutkan’ yang berada di sebelah kanan bawah layar.
  4. Kemudian, akan muncul tampilan yang meminta Anda untuk memasukkan PIN kartu ATM Anda. Masukkan PIN Anda dengan cermat dengan cara menekan tombol nomor yang ada di mesin ATM. Pastikan PIN Anda tersebut sesuai dengan yang sudah Anda buat sebelumnya. Apabila terjadi kesalahan, maka mesin ATM akan meminta Anda mengulang untuk memasukkan PIN.
  5. Setelah PIN terdeteksi benar, layar akan menampilkan pilihan nominal yang akan Anda tarik. Adapun pilihan minimal yang bisa ditarik yakni Rp 50.000,- dan maksimalnya Rp 1.000.000,-. Lalu pilihlah nominal uang yang akan Anda tarik.
  6. Setelah itu tunggu sampai mesin selesai memproses permintaan Anda sampai uang yang Anda inginkan keluar dari mesin. Resi transaksi tersebut biasanya langsung keluar sesaat setelah uang keluar. Namun ada kalanya ketika kertas yang disediakan habis, maka imbasnya mesin ATM tidak menyetak resi tersebut. Selain karena kemungkinan kertas yang habis, ada pula mesin ATM yang sengaja diatur untuk tidak menyetak resi, dan hanya menampilkan saldo tabungan saja di layar ATM.
  7. Kemudian jika Anda tidak memrerlukan transaksi lain, maka akhiri dan kartu ATM Anda akan keluar. Pastikan uang dan kartu ATM Anda tidak tertinggal sebelum meninggalkan ruangan.

 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika mengambil uang di ATM yaitu, lihatlah terlebih dahulu jumlah minimal tarik tunai di mesin ATM tersebut. Apabila tertera tulisan Rp 50.000,- pada mesin ATM, maka minimal yang Anda ambil adalah Rp 50.000,- dan kelipatannya. Namun apabila, yang tertera adalah Rp 100.000,00 maka minimal yang Anda ambil adalah sebesar itu dan kelipatannya. Maka pilihlah mesin ATM yang memiliki nominal kelipatan yang sesuai dengan jumlah uang yang akan diambil. Cara mengambil uang di ATM BRI, praktis dan mudah kan?