Cara Mengambil Uang di ATM Dengan Aman

Posted on

Mengambil uang yang disimpan di bank dapat dilakukan melalui teller bank atau melalui mesin ATM. Cara mengambil uang di ATM sangatah mudah dan praktis karena tidak perlu melalui antrean bank. Mengambil uang di ATM juga dapat dilakukan kapan saja karena beroprasi 24 jam.

Berbeda dengan mengambil uang melalui teller yang harus menyesuaikan dengan waktu bank beroperasi. Mengambil uang di ATM pun menjadi pilihan saat membutuhkan uang mendadak di tengah malam atau di hari libur. Perlu diketahui cara-cara untuk bisa mengambil atau melakukan penarikan melalui mesin ATM. Berikut adalah tata cara dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mengambil uang di ATM.

 

Cara Mengambil Uang di ATM Dengan Aman

Cara Mengambil Uang di ATM Dengan Aman
Cara Mengambil Uang di ATM Dengan Aman

 

Untuk bisa mengambil uang di mesin ATM tentu saja hanya bisa dilakukan oleh nasabah bank yang memiliki kartu ATM. Beberapa bank, terutama bank daerah kabupaten biasanya belum menyediakan kartu tersebut untuk nasabahnya. Namun semua bank nasional dan bank pembangunan daerah memberikan kartu ATM bagi nasabahnya.

Jika ada kartu ATM, maka yang perlu dilakukan adalah mencari tempat atau mesin ATM. Setiap perbankan di Indonesia kebanyakan memiliki ATM di beberapa tempat yang tersebar, mulai di dekat kantor, di kawasan SPBU, di mall atau pusat perbelanjaan, hingga tempat-tempat publik lainnya.

Sebaiknya pilih ATM yang berada di lokasi aman, terutama untuk Anda yang melakukan penarikan dalam jumlah besar. Hindari mengambil uang banyak di ATM SPBU tanpa pengawalan karena sudah banyak kasus kejahatan yang menyasar para penarik uang di ATM SPBU.

Untuk mengambil uang di ATM ada biaya administrasi yang dibebankan. Biaya penarikan melalui ATM akan semakin besar, apabila menggunakan ATM milik bank lain. Jadi lebih direkomendasikan untuk mengambil uang pada ATM yang sesuai dengan bank tempat Anda menyimpan uang.

Namun, jika tidak tersedia, Anda boleh menggunakan ATM bank lain asalkan bank Anda menyediakan tarik tunai melalui ATM bank tersebut. Silahkan masuk ke dalam tempat penarikan apabila tidak ada antrean. Ada aturan mengenai cara mengambil uang di ATM yaitu tidak diperkenankan menggunakan helm saat berada di dalam tempat penarikan. Sebaiknya Anda ikuti peraturan tersebut. Jika Anda mengambil di gerai ATM, biasanya terdapat banyak mesin ATM. Pilih lah yang sesuai nominal, ada ATM yang menggunakan pecahan 50 ribu dan 100 ribu.

Cara Mengambil Uang di ATM Tarik tunai

1.Masukan kartu ATM

2. Biasanya ada pilihan bahasa dan pilih bahasa Indonesia

3. Setelah itu masukan PIN

4. Setelah memasukan pin akan ada pilihan jumlah uang mulai dari 50.000 hingga 1000.000

5. Pilih nominal yang akan Anda tarik, misalkan 500.000

6. Selesai. Uang akan keluar secara otomatis setelah Anda tarik kartu ATM Anda.

7. Pastikan Anda mnarik kartu ATM lebih cepat karena kalau tidak ATM akan masuk kedalam mesin.

 

Cara mengambil uang di ATM sangatlah mudah. Anda tidak perlu meminta bantuan kepada orang lain karena itu sangat berbahaya. Jika pun perlu mintalah bantuan kepada orang yang benar-benar Anda percaya dan dia jujur. Bagaimana mudah bukan? Mengambil uang via ATM?