Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir Karena Salah Memasukan PIN di ATM

Diposting pada

Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir Karena Salah Memasukan PIN di ATM. Kartu ATM kini bukan menjadi sebuah benda yang langka. Sudah banyak masyarakat yang dekat dengan jenis kartu ini. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda bisa datang ke mesin ATM 24 jam penuh untuk menarik uang tabungan Anda tanpa khawatir Bank tutup. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kartu ATM sebagai alat transaksi non-tunai yang sangat mudah digunakan. Namun, terkadang ada saja yang terlupa. Kemungkinan Anda lupa atau salah memasukan PIN ATM Anda pun muncul. Jika sudah seperti itu, maka Anda tidak bisa menggunakan kartu ATM Anda dan harus menghubungi call center secepatnya. Jangan panik, ini cara mengatasi PIN ATM terblokir.

 

Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir Karena Lupa Dan Salah PIN ATM

Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir
Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir

 

Saat hendak mengambil uang di mesin ATM namun tiba-tiba kartu ATM Anda diblokir, jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikannya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi PIN ATM yang terblokir:

  • PIN Ingat Tetapi Sudah Terblokir

Sebenarnya kartu ATM Anda akan terblokir jika Anda lupa dengan PIN yang dimiliki. Biasanya Anda hanya boleh menggunakan 3 kali kesempatan untuk memasukan PIN ATM Anda. Jika sudah tiga kali dan Anda masih salah memasukannya, maka otomatis kartu ATM Anda akan terblokir. Namun, jika Anda tiba-tiba ingat dengan PIN ATM Anda yang benar Anda harus segera menghubungi call center dari Bank yang Anda gunakan. Sebelum menghubungi call center, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa data seperti nomor kartu ATM yang diblokir dan nomor rekening Anda. Setelah itu, Anda bisa mengikuti instruksi dari call center yang sedang bertugas. Biasanya kartu ATM Anda akan bisa digunakan kembali sekitar 1 jam kemudian. Setelah itu, kartu ATM Anda akan bisa digunakan kembali.

 

  • Terblokir dan Tidak Ingat PIN

Adapun cara mengatasi PIN ATM terblokir kedua. Biasanya cara ini digunakan jika Anda benar-benar tidak mengingat PIN yang benar untuk ATM yang Anda gunakan. Jika sudah tiga kali percobaan memasukan PIN, maka secara otomatis kartu ATM Anda akan terblokir. Berbeda dengan cara sebelumnya, untuk kasus ini Anda harus mendatangi langsung kantor cabang dari Bank yang Anda gunakan. Hal ini dilakukan untuk mengikuti proses pemblokiran dan pengaktifan kembali kartu ATM Anda yang telah terblokir. Sebelum datang langsung ke kantor cabang terdekat, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen. Yang harus Anda persiapkan adalah kartu identitas diri yang harus masih berlaku seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), buku tabungan, dan juga kartu ATM yang terblokir. Jika kartu ATM Anda sudah tertelan masuk ke dalam mesin ATM tanpa bisa dikeluarkan, maka Anda bisa menghubungi call center dari Bank yang digunakan untuk menonaktifkan rekening Anda terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah itu, bawalah beberapa dokumen selain kartu ATM yangs udah tertelan ke kantor cabang Bank yang Anda gunakan. Petugas Bank akan membantu Anda secara mudah untuk mengembalikan kartu ATM Anda lagi.

 

Solusi PIN ATM Terbelokir Dan Tidak Bisa Ambil Uang Atau Transfer

Nah, solusi agar ATM Anda pulih kembali adalah dengan menghubungi call center bank tujuan. Selain itu Anda juga dapat datang langsung ke Bank dan ke service center. Caranya tanya petugas kemanan dan petugas akan mengambilkan nomor antrian.

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, maka silakan jelaskan dengan singkat kronologi kenapa ATM Anda di Blokir? Ya, bilang saja lupa dan salah pencet. Ingat, ketika Anda datang ke bank dan meminta bantuan kepada service center, Anda harus membawa buku rekning tabungan dan KTP. Hal, ini untuk memastikan bahwa ATM itu benar-benar milik Anda.

Demikianlah cara mengatasi PIN ATM terblokir. Sangat mudah, bukan? Dengan demikian, Anda tidak perlu panik ketika mendapati kartu ATM Anda terblokir. Cukup hubungi nomor call center dari Bank yang Anda gunakan. Biasanya nomor call center sudah tertera pada mesin ATM sehingga akan lebih mempermudah Anda. Tak perlu khawatir jika Anda sudah tidak bisa menggunakan tabungan Anda lagi, karena kartu ATM Anda kembali seperti semula.