Cara Nabung dan Investasi Emas di Pegadaian

Diposting pada

Pegadaian kini juga memiliki layanan tabungan emas. Layanan ini adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau, yaitu harga emas per 0,01 gram dengan harga jual Rp 6.080,- dan harga beli Rp 5.760,-. Produk layanan ini sebagai bentuk layanan kepada investor agar dapat memiliki langsung secara fisik emas batangan yang ada. Apalagi, investasi dalam bentuk emas memang banyak diminati oleh masyarakat karena banyak keuntungan yang didapatkan. Harga emas yang relatif selalu naik membuat masyarakat berbondong-bondong ingin memiliki emas terlebih emas murni. Lalu apa saja keuntungan dan kekurangan yang akan didapatkan apabila melakukan investasi emas di pegadaian? Simak berikut ini.

 

Investasi Emas di Pegadaian Untung atau Buntung

Investasi Emas di Pegadaian Untung atau Buntung
Investasi Emas di Pegadaian Untung atau Buntung

 

Sebelum membahas keuntungan dan kekurangan Investasi Emas di Pegadaian , adapun prosedur yang harus dipenuhi saat akan berinvestasi emas, antara lain.

  1. Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Pegadaian terdekat di kota Anda dengan membawa identitas diri berupa fotokopi KTP/SIM/Passport.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening dan membayar biaya admin sebesar Rp 10.000,- dan Rp 30.000,- sebagai biaya fasilitas titipan selama 12 bulan.
  3. Proses pembelian emas dihitung dengan harga kelipatan dari harga 0.01 gram, berarti untuk 1 gram emas dihargai Rp 608.000,-.
  4. Saldo titipan emas dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dengan harga Rp 576.000,-
  5. Uang pembelian dikonversi menjadi emas sampai dengan 4 digit di belakang koma dan selisihnya dikelola sebagai Dana Kepedulian Sosial atau Dana Kebajikan Umat.
  6. Anda dapat meminta cetak emas kepingan dengan pilihan 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang pilih.
  7. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram.
  8. Transaksi penjualan emas ke Pegadaian dan pencetakan emas batangan hanya dapat dilakukan di kantor cabang tempat pembuatan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan Identitas diri yang asli.

 

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

  1. Pembelian emas dengan harga terjangkau 9mulai dari berat 0,01 gr).
  2. Pegadaian tabungan emas tersedia di Kantor Cabang Piloting di suluruh Indonesia.
  3. Layanan petugas yang professional.
  4. Alternatif investasi yang aman.
  5. Mudah dan cepat dicairkan.
  6. Top up saldo dilakukan secara online melalui channel perbankan.
  7. Fisik emas sepenuhnya adalah emas murni legal dan sah dengan surat sertifikat resmi dari PT Antam Tbk atas nama pembeli langsung.
  8. Tersedia dalam bentuk tunai maupun kredit, serta pembelian kolektif seperti arisan.
  9. Memiliki kredibilitas yang baik.
  10. Risiko kerugian relatif kecil.
  11. Penyediaan cetak emas hingga berat 1 kg dalam bentuk emas batangan.

 

Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian

  1. Banyaknya biaya admin yang harus dibayar untuk setiap jenis fasilitasnya dan tergolong mahal.
  2. Harga yang didapatkan harus menyesuaikan kurs sehingga saat harga emas mahal, maka jumlah yang didapatkan lebih sedikit.
  3. Harga jual lebih rendah.
  4. Tidak dapat meminta cetak emas di semua kantor cabang.
  5. Tidak semua kantor cabang Pegadaian mempunyai layanan tabungan emas.
  6. Apabila pembayaran secara kredit, maka pengambilan emas hanya dapat dilakukan apabila sudah melunasi harga emas yang ditetapkan.
  7. Pembayaran awal kredit harus berjumlah 15% dari harga jual yang dipatok.

 

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu tentang investasi emas di Pegadaian apabila Anda ingin menabung emas di Pegadaian. Banyak macam cara berinvestasi, pilihan investasi ini bisa jadi alternatif yang tepat, mudah, dan yang pasti aman.