Cara Setor Tunai BNI Melalui Teller dan ATM

Diposting pada

Pelayanan untuk nasabah terus ditingkatkan oleh BNI. Salah satunya adalah memberikan kemudahan nasabah yang ingin melakukan penyetoran dengan menghadirkan ATM setoran tunai atau cash deposit machine. Adanya mesin tersebut diharapkan bisa mempermudah cara setor tunai BNI tanpa perlu datang dan mengantre di kantor BNI. Memang jumlah ATM tersebut masih terbatas. Jadi masih banyak nasabah yang harus pergi ke kantor bank untuk melakukan penyetoran. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk setor tunai di ATM CDM BNI atau pun melalui teller bank adalah sebagai berikut.

Cara Setor Tunai BNI Menggunakan ATM dan Teller

Cara Setor Tunai BNI Menggunakan ATM dan Teller
Cara Setor Tunai BNI Menggunakan ATM dan Teller

 

Untuk Anda yang ingin melakukan setor tunai melalui ATM CDM perlu mencari lokasi tempat tersebut. Mungkin untuk yang berada di kota-kota besar, sudah ada di banyak lokasi. Namun ada pula beberapa daerah yang memiliki ATM CDM dari BNI dalam jumlah terbatas dan hanya ada di kantor perwakilan cabang atau kantor pusat di setiap daerah. Setor tunai melalui ATM ini hanya dapat dilakukan pada mesin ATM yang ada tulisan setoran tunai saja.

ATM biasa tidak bisa digunakan untuk penyetoran uang. Peraturan menggunakan ATM setoran tunai ini antara lain adalah jumlah uang yang disetorkan maksimal 50 juta setiap harinya. Mesin ATM setoran tunai ini juga hanya bekerja untuk menghitung uang maksimal 99 lembar dalam satu kali transaksi. Uang yang disetorkan melalui ATM harus dalam keadaan rapi sehingga mesin dapat menghitung dan memprosesnya. Nominal uang yang bisa disetor melalui mesin ATM adalah pecahan 20 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu.

Cara menggunakan atau cara setor tunai yang pertama adalah memasukan kartu ATM sesuai tempat dan posisi yang benar. Setelah itu masukan PIN dan pilih menu setoran tunai. Mesin akan memproses permintaan Anda dan mengeluarkan box atau kotak tempat untuk memasukan uang yang akan disetor.

Masukan uang Anda dengan rapi ke dalam kotak tersebut. Mesin akan menutup kotak dan memverifikasi. Proses verifikasi akan gagal apabila uang tidak rapi atau ditemukan uang palsu, kemudian kotak akan keluar. Apabila berhasil, di tampilan monitor muncul nominal uang yang disetor. Pilih setuju, jika sesuai dengan uang yang Anda masukan. Uang tersebut akan ditambahkan ke dalam saldo, jika sudah selesai Anda bisa mengambil kartu ATM. Sedangkan untuk cara setor tunai BNI melalui teller bank dapat dilakukan dengan mudah di kantor cabang yang tersebar di seluruh daerah di tanah air. Setor tunai dapat dilakukan pada hari dan jam kerja bank yaitu Senin sampai Jumat pukul 08.00 hingga pukul 15.00.

Penyetoran melalui bank akan dilayani oleh petugas atau teller bank. Cukup datang ke kantor cabang dan kemudian mengambil nomor antrean untuk teller. Ambil slip setoran tunai yang biasanya berada tidak jauh dari pintu masuk. Tulis data dan nominal yang akan disetorkan pada slip setoran tersebut.

Umumnya disediakan contoh penulisan, jadi Anda bisa mengikuti tata cara penulisan tersebut. Namun jika Anda menemui kendala atau bingung, tidak perlu segan untuk meminta bantuan ke petugas atau ke satpam yang ada di dekat pintu masuk. Setelah itu, Anda dapat duduk di tempat tunggu untuk mengantre. Saat nomor antrean Anda dipanggil, maka Anda bisa menuju sesuai loket yang tertera.

Petugas akan membantu dan memproses setoran tunai tersebut. Jika Anda tidak memiliki rekening BNI, untuk transfer biasanya akan diminta KTP atau kartu identitas. Teller akan menghitung uang yang disetorkan dan memvalidasi slip setoran yang Anda berikan. Cara setor tunai BNI melalui teller ini pun selesai dan Anda akan mendapatkan copy atau slip salinan sebagai bukti setor