Cara Tulis Rupiah yang Baik dan Benar Sesuai EYD

Diposting pada

Bagaimana Cara Tulis Rupiah yang Baik dan Benar Sesuai EYD? Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau yang masing-masing memiliki kebudayaan tersendiri. Kebudayaan daerah ini meliputi bahasa, adat istiadat sampai dengan makanan khas. Akan tetapi dibalik keragaman tersebut, seluruh rakyat Indonesia menggunakan mata uang yang sama untuk bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari yaitu Rupiah. Mata uang ini adalah mata uang resmi Indonesia yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Masing-masing mata uang di dunia memiliki cara penulisan yang berbeda meliputi simbol mata uangnya ataupun aturan penulisannya. Pada mata uang Rupiah juga terdapat aturan baku penulisan sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Cara tulis Rupiah yang baik dan benar sesuai dengan EYD diperlukan untuk menulis dokumen-dokumen resmi. Mungkin beberapa orang menganggap penulisan mata uang rupiah ini bisa dilakukan sederhana asalkan nilai angkanya ditulis dengan tepat. Cara penulisan Rupiah bebas dilakukan tanpa aturan baku untuk komunikasi pribadi antar individu tetapi tidak untuk pencantuman di dokumen-dokumen resmi.

 

Aturan Baku Tulis Rupiah yang Baik dan Benar

Aturan Baku Tulis Rupiah yang Baik dan Benar
Aturan Baku Tulis Rupiah yang Baik dan Benar

 

Penulisan Rupiah yang benar diatur di dalam EYD dan berlaku secara nasional. Berikut ini beberapa unsur yang ada di dalam penulisan mata uang Rupiah :

  1. Tertulis simbol Rupiah yang dituliskan sebagai Rp di bagian depan kiri

Simbol Rp merupakan singkatan dari Rupiah seperti hal nya pada simbol $ yang melambangkan mata uang dolar. Penulisan simbol Rupiah harus diawali dengan huruf besar dan tidak diakhiri dengan tanda titik (.).

  1. Setelah simbol Rp diikuti nilai nominal uang yang dipisahkan dengan titik untuk nominal ribuan

Tata cara menulis mata uang Rupiah selanjutnya adalah menuliskan nominal uang setelah simbol (Rp) tanpa didahului spasi. Nominal angka dapat langsung dituliskan setelah simbol Rp contohnya Rp100. Nominal angka ribuan, jutaan dan seterusnya dipisahkan dengan tanda titik seperti contoh Rp1.000.

  1. Setelah nominal uang, diikuti dengan tanda koma (,) dan dua angka nol (00)

Pada penulisan mata uang Rupiah yang benar, di bagian paling belakang tertulis angka 00 yang didahului dengan tanda (,).Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengetahui makna sebenarnya dari dua angka 0 ini. Dua angka 0 ini melambangkan bahwa nominal uang bulat dan tidak ada penambahan satu sen pun. Contohnya jika Anda akan menulis nominal uang seribu Rupiah maka jika ditulis bentuknya menjadi Rp1.000,00.

Selain ditulis menggunakan angka, nominal rupiah juga bisa ditulis menggunakan huruf. Anda bisa memilih satu diantara keduanya namun dengan tetap memperhatikan aturan yang baku. Jika menulis nominal uang menggunakan huruf maka Anda tidak perlu menggunakan simbol (Rp) di depannya, cukup menambahkan kata ‘rupiah’ di akhir penyebutan nominal angka.

Cara penulisan mata uang rupiah untuk skala internasional berbeda. Mata uang rupiah yang dituliskan secara internasional tidak menggunakan simbol (Rp) melainkan IDR yang merupakan singkatan dari Indonesian Rupiah. Seperti contohnya dollar Amerika yang dituliskan sebagai USD, mata uang rupiah bisa dituliskan dengan mencantumkan IDR di bagian belakang atau depan nominal angka.

Memahami cara tulis Rupiah yang baik dan benar akan sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan. Sebaiknya Anda membiasakan diri menulis segala sesuatu yang besifat resmi menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik agar tulisan Anda mudah dimengerti dan sesuai dengan tata bahasa yang seharusnya. Jadilah warga negara Indonesia yang cerdas dengan selalu menggunakan tata bahasa baku sesuai dengan keperluannya.