Definisi Serta Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli

Diposting pada

Definisi Kurs Jual dan Kurs Beli secara umum – Kurs atau nilai mata uang menjadi hal yang penting untuk Anda ketahui jika Anda tertarik melakukan investasi atau penanaman saham dengan menggunakan mata uang asing.

Kurs bisa juga digunakan untuk mengukur harga mata uang dengan cara membandingkan dengan mata uang yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, kurs ini juga digunakan sebagai patokan atau indikator pertukaran mata uang ketika Anda ingin menukarkan nilai dari kedua mata uang tersebut. Lalu apa sebenarnya kurs itu? Berikut ini akan kami sampaikan secara lengkap dan mendetail mengenai pengertian kurs jual dan kurs beli.

 

Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli Secara Umum

 

Mata uang asing atau sering disebut sebagai valuta asing adalah alat yang digunakan sebagai pembayaran atau alat tukar menukar yang dilakukan di luar negeri. Misalkan saja, jika kita ingin membeli barang-barang yang diproduksi oleh luar negeri maka tentu saja kita tidak bisa membelinya dengan menggunakan mata uang negara Indonesia yaitu Rupiah namun harus membayarnya dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut.

Artinya, jika Anda akan membeli mobil dari negara Jepang maka tentu saja Anda harus membayarnya dengan menggunakan mata uang yen dan bukan Rupiah. Nah, mata uang yen tersebut yang kemudian dianggap sebagai valuta asing.

Untuk mendapatkan yen, maka Anda harus menukarkan Rupiah Anda untuk menjadi Yen. Tentu saja dalam menukarkannya ada indikator yang digunakan untuk menilai nominal mata uang atau disebut dengan kurs. Kurs dibagi menjadi dua yaitu kurs jual dan kurs, berikut ini pengertian dari kurs jual dan kurs beli.

 

Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli Secara Umum
Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli Secara Umum

 

Pengertian Kurs Jual

Kurs jual adalah kurs yang dipergunakan jika money changer atau bank menjual mata uang asing atau valuta asing tersebut kepada Anda yang ingin menukarkan Rupiah menjadi mata uang negara asing yang bersangkutan. Selain itu, kurs jual juga bisa diartikan sebagai harga jual dari mata uang asing atau valuta asing tersebut yang dijual oleh pihak money changer atau bank kepada Anda. Artinya, dengan menggunakan kurs jual tersebut uang Rupiah Anda bisa ditukarkan menjadi mata uang asing.

 

Pengertian Kurs beli

Krus beli adalah kurs yang dipergunakan jika money changer atau bank akan membeli uang asing atau valuta asing tersebut dari Anda. Misalnya saja ketika Anda memiliki banyak sekali mata uang asing dengan jumlah yang banyak dan ingin menukarkannya dengan mata uang Rupiah maka kurs beli inilah yang akan digunakan oleh money changer atau bank tempat Anda menukarkan uang untuk bisa menilai dan menentukan berapa Rupiah uang yang akan Anda terima dengan menukarkan mata uang tersebut.

 

Pengertian Kurs tengah

Sesuai dengan namanya, kurs tengah ini bisa diartikan sebagai kurs yang berada di tengah-tengah antara kurs jual dan kurs beli. Jika Anda sudah mengetahui tentang pengertian dari kurs jual dan kurs beli seperti yang sudah dibahas di atas, maka secara mudah Anda akan memahami kurs tengah dengan cara menjumlahkan antara kurs jual dan kurs beli lalu dibagi dua.

Setelah mengetahui informasi mengenai pengertian kurs jual dan kurs beli ditambah sedikit informasi mengenai kurs tengah, maka tentu saja Anda sudah mengetahui bagaimana cara money changer atau bank menentukan berapa Rupiah yang akan Anda dapatkan atau berapa uang asing yang akan Anda dapatkan ketika menukarkan mata uang tersebut.