Format SMS Banking BRI Lengkap Dengan Langkah-langkahnya

Diposting pada

Bagaimana cara SMS Banking BRI? Inilah Format SMS Banking BRI yang benar. Era digital saat ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan dari mana saja dan kapan saja. Tidak seperti zaman dahulu ketika Anda harus datang langsung ke kantor bank atau mesin ATM untuk bertransaksi, saat ini Anda bisa memanfaatkan telepon selular dan internet untuk melakukan berbagai aktivitas transaksi perbankan.

Salah satu fasilitas yang memudahkan transaksi ini adalah fasilitas e-banking atau sms banking yang memungkinkan Anda mengelola berbagai transaksi dari rekening Anda melalui telepon selular. Bank BRI adalah salah satu bank pemerintah yang juga menyediakan layanan sms banking bagi nasabahnya.

 

Inilah Format SMS Banking BRI Yang Benar!

 Format SMS Banking BRI
Format SMS Banking BRI

 

Format sms banking BRI ini merupakan serangkaian perintah yang dikirimkan ke sistem untuk jenis-jenis transaksi tertentu. Anda perlu memahami dan mengerti format untuk masing-masing transaksi agar format sms banking Anda dapat dibaca dengan benar oleh sistem dan transaksi yang terjadi juga sesuai dengan yang Anda maksudkan. Semua format sms banking di Bank BRI dikirimkan ke nomor 3300. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 500,00 untuk tiap sms yang dikirim serta untuk setiap notifikasi yang Anda terima.

 

Setiap perintah atau format sms banking BRI umumnya memuat beberapa unsur penting yang sebelumnya sudah harus Anda ketahui lebih dulu, diantaranya:

  • Jenis transaksi yang akan dilakukan

Jenis transaksi yang dapat dilakukan dengan sms banking diantaranya transfer sesama BRI, transfer antar bank, cek saldo, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, isi pulsa token PLN dan pembayaran tagihan telepon. Masing-masing transaksi harus disebutkan di awal format.

  • Nomor rekening yang dituju

Ketika Anda perlu melakukan transfer baik sesama BRI atau antar bank lainnya, Anda perlu mengetahui nomor rekening tujuan Anda. Pada transaksi transfer antar bank Anda juga perlu mengetahui kode bank tujuan.

  • Nomor handphone atau telepon yang dituju

Poin ini khusus untuk transaksi pengisian pulsa dari rekening Anda dan transaksi pembayaran rekening telepon. Pastikan nomor yang Anda tulis sudah benar agar tidak salah kirim ke orang lain.

  • Nominal uang yang akan ditransaksikan

Poin ini berlaku untuk semua jenis transaksi. Pastikan Anda menulis jumlah nominal dengan tepat karena kesalahan penulisan dapat berakibat fatal.

  • Nomor PIN rekening Anda

Anda harus hafal dengan nomor PIN rekening Anda karena semua transaksi pasti memerlukan nomor ini. Rahasiakan nomor PIN ini dari orang lain agar tidak ada yang dapat memanfaatkan sms banking Anda tanpa sepengetahuan dan seizin Anda.

Macam-macam Format SMS Banking BRI

Berikut ini adalah beberapa format sms banking BRI yang bisa Anda gunakan, setiap format transaksi tersebut nantinya dikirimkan ke nomor 3300

  1. Transfer sesama Bank BRI

TRANSFER(spasi)BRI+NomorRekeningTujuan(spasi)NominalTransfer(spasi)PIN

  1. Transfer ke rekening selain BRI / antar bank

TRANSFER(spasi)KodeBank+NomorRekeningTujuan(spasi)NominalTransfer(spasi)PIN

  1. Mengecek saldo rekening Anda

SALDO(spasi)PIN

  1. Isi ulang pulsa handphone

PULSA(spasi)NomorTujuan(spasi)NominalPulsa(spasi)PIN

  1. Isi pulsa token listrik PLN

BELI(spasi)PLNPRE(spasi)NoidPLN(spasi)Nominal(PIN)

  1. Pembayaran telepon

BAYAR(spasi)TELKOM(spasi)KodeArea+NomorTeleponAnda(spasi)PIN

Selalu pastikan Anda menulis format yang benar sebelum bertransaksi karena transaksi yang sudah dikirim tidak dapat dibatalkan. Jika bisa dibatalkan pun prosesnya akan rumit, jadi lebih baik pastikan format sms banking Anda tepat. Selain itu, pastikan pula saldo rekening Anda mencukupi untuk melakukan transaksi karena transaksi tidak dapat diproses jika saldo Anda kurang dari nominal yang akan ditransaksikan.