Fungsi Kartu Kredit dan Keunggulannya

Posted on

Apa sajakah Fungsi Kartu Kredit dan Keunggulannya? Sekarang ini banyak orang lebih suka dengan gaya hidup yang mudah dan praktis. Begitu juga dengan transaksi keuangan yang kini dimudahkan dengan hadirnya uang non tunai seperti kartu kredit. Fungsi kartu kredit sebagai uang non tunai menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi pemegang kartu. Kartu kredit dikeluarkan oleh sebuah bank setelah pengajuannya memenuhi persyaratan. Kartu kredit dapat digunakan untuk beragam pembayaran. Fungsinya tidak hanya membuat pembayaran lebih praktis, tetapi lebih menguntungkan dengan beberapa fungsi berikut.

 

Fungsi Kartu Kredit yang Memberi Keuntungan

Fungsi Kartu Kredit yang Memberi Keuntungan
Fungsi Kartu Kredit yang Memberi Keuntungan

 

 

Penggunaan kartu kredit tidak hanya untuk uang non tunai, tetapi juga untuk fungsi-fungsi berikut.

  1. Konsolidasi dengan tagihan-tagihan bulanan

Fungsi dari kartu kredit ini memberi kemudahan untuk tagihan-tagihan bulanan seperti listrik PLN, tv kabel, cicilan kendaraan, tagihan PDAM, atau tagihan telephone. Pemegang kartu kredit dapat mengajukan ke bank untuk semua tagihan-tagihan tersebut. Jadi setiap bulan, bank akan membayarkan tagihan. Pemegang kartu kredit dimudahkan karena tidak perlu lagi mengantre untuk membayar tagihan di bank atau loket pembayaran lainnya. Setiap bank sudah bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait untuk masing-masing jenis tagihan. Namun Anda perlu menanyakan terlebih dulu tagihan apa saja yang bisa dikonsolidasi dengan kartu kredit tersebut.

Baca Juga: 10 Jenis Kartu Kredit yang Bagus Untuk Pemula

 

  1. Uang non tunai

Fungsi utama dari produk perbankan ini adalah pengganti uang tunai. Kartu kredit yang dikeluarkan oleh sebuah bank merupakan alat transaksi yang sah dan dapat digunakan sebagai uang non tunai. Saat berbelanja kebutuhan, Anda tidak perlu membayar karena bank yang akan membayarnya. Kewajiban pemegang kartu kredit adalah melunasi tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Fungsi dari kartu kredit sebagai alat transaksi modern sekarang ini pun menawarkan banyak keuntungan. Seperti diskon atau potongan harga untuk pembelian produk tertentu dengan kartu kredit. Banyak bank yang melakukan hal serupa untuk memanjakan nasabahnya.

 

  1. Solusi kebutuhan mendadak

Fungsi dari kartu kredit yang lain adalah sebagai cadangan untuk dana mendadak. Setiap orang pasti pernah tiba-tiba membutuhkan dana untuk sebuah keperluan. Kartu kredit bisa berfungsi sebagai dana cadangan untuk kebutuhan mendadak. Pemegang  kartu kredit dapat menarik sejumlah dana di mesin ATM. Namun perlu diketahui bahwa penarikan dana untuk kartu kredit disertai dengan bunga. Besarnya bunga tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Pemegang kartu kredit bisa mengambil uang di ATM, walaupun tidak memiliki saldo karena memang kartu kredit juga merupakan kartu utang. Semua transaksi dibayarkan oleh bank yang kemudian akan dilunasi secara rutin oleh pengguna kartu kredit tersebut.

Baca JugaTips Memilih Kartu Kredit yang Baik dan Benar

 

  1. Alat transaksi yang mudah dan aman

Salah satu keunggulan dari kartu kredit adalah mudah digunakan di mana saja, bahkan hingga ke luar negeri. Bagi Anda yang sering jalan-jalan atau bepergian ke luar negeri tidak perlu repot-repot dengan keuangan, jika sudah mempunyai kartu kredit. Kebanyakan bank sudah bekerjasama untuk memudahkan nasabah kartu kredit berbelanja hingga ke luar negeri. Selain mudah, kartu kredit juga lebih aman dibandingkan dengan membawa uang tunai. Risiko kehilangan atau kerugian jauh lebih minim karena penggunaan kartu kredit dapat diawasi. Apabila kartu kredit hilang, pihak bank bisa melakukan blokir dengan segera sehingga kartu kredit tidak disalahgunakan. Kartu yang disebut sebagai kartu hutang ini memang praktis dan lebih aman.

Itulah beberapa informasi terkait fungsi kartu kredit untuk kebutuhan masyarakat modern. Hal yang penting bagi pemegang kartu kredit adalah untuk tetap bijak dalam menggunakannya.