Human Resource Information System (HRIS) : Evolusi Dan Segala Fiturnya

Diposting pada

Dalam skenario modernisasi dan globalisasi kontemporer, menjadikan perusahaan sangat bergantung pada kemajuan teknologi dan inovasi di bidang Teknologi Informasi.

Kemajuan di bidang TI telah membuka jalan baru bagi perusahaan dan memberikan keunggulan kompetitif dengan menggunakan solusi inovatif dan khusus. Ini telah menjadi bagian integral dari fungsi perusahaan dan semua departemen bergantung pada sistem terintegrasi untuk mengatur, menyimpan, mengambil dan meninjau data. Saat ini Internet dan otomasi telah memfasilitasi aksesibilitas, keandalan, dan keakuratan informasi; meningkatkan efektivitas organisasi dan memberikan keunggulan kepemimpinan dengan menerapkan teknologi dalam berbagai operasi.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia berkembang dengan cepat dan penerapan Teknologi Informasi telah merevolusi cara perusahaan beroperasi.

 

HRIS atau Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, adalah solusi perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan untuk mengotomatisasi dan mengelola aktivitas SDM, penggajian, manajemen, dan akuntansi mereka. HRIS mempengaruhi kinerja masyarakat, proses dan strategi organisasi kunci dengan mengotomatisasi proses SDM kunci seperti rekrutmen, pelatihan, perencanaan tenaga kerja, penilaian kinerja dan analisis & desain pekerjaan.

 

Human Resource Information System (HRIS) Evolusi Dan Segala Fiturnya
Human Resource Information System (HRIS) Evolusi Dan Segala Fiturnya

 

Sistem manajemen sumber daya manusia atau Paket SDM (solusi SDM) dapat digunakan dalam proses pelatihan, melacak kinerja dan partisipasi karyawan (sistem manajemen kinerja), sistem manajemen penggajian dan akuntansi .

Singkatnya, HRIS menawarkan keuntungan khusus bagi perusahaan dengan mengotomatisasi berbagai fungsi HR, sehingga mengurangi beban kerja departemen SDM dan meningkatkan efisiensi departemen dengan menstandardisasi proses SDM i.

Menurut Parry (2010), HRIS dapat berfungsi sebagai alat strategis vital karena berbagi data penting dengan manajemen terkait dengan strategi perekrutan dan retensi yang dapat diselaraskan dengan strategi perusahaan secara keseluruhan untuk mewujudkan tujuan pertumbuhan organisasi. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi SDM, perusahaan dapat menghitung biaya keseluruhan yang dikeluarkan per karyawan dan itu berdampak pada bisnis secara keseluruhan (DeSanctis, 1986).

Baca Juga  : 5 Aplikasi HRD Yang Harus Di Coba HR

 

Evolution HRIS

 

Dengan semakin pentingnya Aplikasi HRIS di Departemen SDM, menjadikan fungsi departemen SDM telah mengalami perubahan besar dari sekadar fungsi administratif dan dukungan menjadi peserta yang lebih aktif dalam keputusan strategis organisasi.

 

Oleh karena itu sudah saatnya perusahaan mengunakan Aplikasi HRIS, untuk mengatur segala urusan sumber daya manusia mereka, Salah satu aplikasi HRIS yang dapat digunakan untuk urusan HRIS adalah LinovHR.

 

LinovHR Memiliki banyak modul yang dapat memudahkan HR untuk mengatur urusan Sumber daya Manusia, diantaranya Modul Loan, Benefit, Loan, ESS, Dan berbagai jenis fitur lainnya, Selain itu aplikasi HRIS ini dapat digunakan secara gratis melalui fitur trial, sehinga anda bisa memutuskan untuk menggunakan software ini atau tidak .