Ini 3 Digit Kode Mandiri, BNI, BCA dan BRI

Diposting pada

3 Digit Kode Mandiri, BNI, BCA dan BRI. Memberikan kemudahan dalam berbagai transaksi merupakan klaim yang ditawarkan bank-bank kepada para nasabah. Kemudahan tersebut diwujudkan dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik sekaligus menguntungkan bagi nasabah. Adapun salah satu fasilitas tersebut adalah adanya transaksi tanpa perlu mengantri di teller bank, yakni kartu ATM. Bagi Anda yang sudah memegang kartu ATM dan sering melakukan transaksi khususnya transfer antar bank, pasti sudah paham bahwa adanya 3 digit kode yang wajib dicantumkan.

3 digit kode tersebut merupakan kode khusus yang dimiliki tiap bank dan digunakan apabila nasabah akan melakukan transfer antar bank baik melalui ATM,  SMS Banking maupun Internet Banking. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kode bank-bank yang akan Anda tuju saat melakukan transfer uang. Sebagai contoh, apabila Anda akan melakukan transfer dari bank BNI ke Mandiri, maka Anda perlu mencantumklan 3 digit kode Mandiri. Apabila Anda akan melakukan transfer dari Mandiri ke BRI, maka Anda perlu mencantumkan kode BRI.

 

Transaksi Antar Bank? Ketahui 3 digit kode Mandiri, BNI, BRI, dan BCA

3 digit Kode Transfer
3 digit Kode Transfer

 

Nah, kali ini akan dibahas mengenai kode Bank Mandiri, BNI, BCA. Dan BRI karena bank-bank tersebut merupakan bank yang sering digunakan dan dicar-cari kodenya. Empat bank tersebut dapat dibilang sebagai bank yang memiliki nasabah dalam jumlah sangat besar sehingga hampir seluruh masyarakat memiliki salah satu bank tersebut atau bahkan memiliki semuanya. Berikut 3 digit kode bank-bank tersebut:

  1. Kode bank Mandiri adalah 008
  2. Kode BNI adalah 009
  3. Kode BRI adalah 002
  4. Kode BCA adalah 014

 

Apabila Anda akan melakukan transaksi melalui ATM, maka kode-kode tersebut tidak perlu hafalkan karena Anda bisa mencarinya di menu ‘Kode Bank’ yang ada di mesin otomatis tersebut. Sebelum melakukan transaksi, Anda harus terlebih dahulu memilih menu ‘Kode Bank’ dan melihat kode bank apa yang akan Anda tuju saat transfer nanti. Kemudian cermati kode tersebut, dan tulis ulang di bagian awal sebelum nomor rekening, misalnya, Anda ingin mengirim uang ke teman yang memiliki rekening bank Mandiri, maka masukkan kode bank tersebut ditambah nomor rekening teman Anda, 008123456xxx.

 

Apabila Anda, melakukan transaksi melalui SMS Banking, maka pastikan bahwa layanan tersebut sudah diaktifkan oleh Customer Service. Transfer melalui layanan SMS Banking memerlukan format yang perlu Anda ketahui. Sebagai contoh, format SMS Banking BNI untuk transfer antar bank adalah TRF <spasi> ANTAR BANK <spasi> Kode Bank+Nomor Rekening Tujuan <spasi> nominal transfer ## kemudian kirim ke 3346. Kemudian, format transfer antar bank melalui layanan SMS Banking Mandiri yaitu TRB <spasi>1 <spasi>Kode Bank <spasi> Nomor rekening tujuan <spasi> nominal transfer lalu kirim ke 3355. Kemudian, format SMS Banking BRI untuk transfer antar bank yaitu TRANSFER <spasi> Kode Bank+Nomor Rekening Tujuan <spasi> nominal transfer <spasi> PIN lalu kirim ke 3300. Setelah mengetikkan format tersebut, lalu ikutilah cara yang diperintahkan setelahnya. Nah, untuk menggunakan layanan SMS Banking ini, maka pulsa Anda akan terpotong sesuai tarif masing-masing bank.

 

3 digit kode dari empat bank besar sudah Anda ketahui sekarang, termasuk cara memasukkan kode tersebut. Baik kode BRI, kode BNI, kode Mandiri, dan kode BCA sebenarnya tidak perlu Anda hapalkan karena Anda bisa mencarinya di internet sewaktu-waktu, dan menemukannya di menu ‘Kode Bank’ di ATM. Namun, tidak ada salahnya juga dihapalkan, dan apabila Anda sering melakukan transfer antar bank, mungkin malah Anda sudah terbiasa hapal dengan kode-kode tersebut. Semoga bermanfaat!