Kode BNI untuk Transfer ke Lain Bank Melalui ATM

Posted on

Salah satu produk perbankan yang semakin diminati masyarakat Indonesia adalah ATM. Sekarang banyak masyarakat yang menggunakannya sebagai media transaksi pembayaran secara praktis dan cepat. Apabila dibandingkan dengan bank, transaksi ini lebih efektif bagi orang yang tidak mampu meluangkan waktunya untuk pergi ke bank melakukan transaksi tertentu.

Oleh karena itu, banyak bank yang berbondong-bondong menyediakan fasilitas berupa ATM bagi nasabahnya. Salah satu bank tersebut adalah Bank Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BNI. ATM BNI dapat digunakan untuk transfer uang ke sesama rekening bank maupun rekening bank lainnya. Bagi Anda yang tidak familiar dengan transfer ke bank lain mungkin sedikit bingung dengan prosesnya. Berikut akan dibahas mengenai kode BNI untuk transfer ke lain bank.

Sebenarnya transfer ke nomor rekening bank lain menggunakan ATM sama mudahnya dengan  transfer ke rekening sesama BNI. Memang ada beberapa langkah tambahan yang harus dilalui namun tidak sesulit bayangan Anda. Kode BNI adalah 009, sehingga apabila bank lain akan transfer via ATM ke rekening BNI maka harus memasukkan kode tersebut yang kemudian diikuti nomor rekening BNI tujuan.

Hal itu juga berlaku pada kode BNI untuk transfer ke bank lain. Pada dasarnya, setiap bank memiliki kode masing-masing berupa tiga digit angka untuk memudahkan setiap bank melakukan transaksi berupa transfer ke bank lain.

 

Cara Menggunakan kode BNI untuk transfer ke bank lain menggunakan ATM?

kode BNI untuk transfer ke bank lain
kode BNI untuk transfer ke bank lain

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa langkahnya hampir sama dengan transfer ke sesama rekening. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dan teliti dalam memasukkan nomor kode digit dan nomor rekening tujuan. Berikut penjelasan alur transaksi terkait kode BNI untuk transfer ke bank lain:

  1. Seperti biasa, masukkan kartu ATM BNI Anda pada mesin ATM. Pilihlah bahasa yang biasa Anda gunakan lalu masukkan nomor 6 digit pin Anda.
  2. Kemudianpilihlah menu transaksi lainnya dan pilih transfer.
  3. Selanjutnya Pilih dari rekening tabungan.
  4. Karena Anda akan mentransfer sejumlah uang ke lain bank, maka langkah berikutnya yaitu pilih ke Rek. Bank lain.
  5. Masukkan kode bank disusul nomor rekening calon penerima. Apabila Anda belum mengetahui kode tiga digit bank lain yang dituju, maka masuk ke menu daftar kode bank lalu cari kode bank yang dituju tersebut. Daftar semua kode bank di Indonesia berada pada menu tersebut. Jadi jangan khawatir bahwa Anda tidak akan menemukannya.
  6. Setelah itu, masukkan nominal uang yang akan dikirimkan lalu akan muncul nama dan nomor rekening penerima sekaligus jumlah nominal yang ditransfer sebagai bentuk konfirmasi. Cek kembali data tersebut, apabila sudah sesuai maka tekan tombol YA, dan uang Anda pun akan segera sampai ke rekening tujuan. Mudah bukan?

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari transfer menggunakan ATM ini, seperti kecepatan proses transaksi yang Anda lakukan sehingga mampu menghemat tenaga dan waktu Anda.

Namun, dari kelebihan tersebut juga ada biaya yang dikeluarkan terutama apabila Anda melakukan transfer ke rekening bank lain yaitu adanya pengenaan tarif sebesar Rp 6.500. tarif ini bisa berubah dan berbeda-beda nominalnya setiap bank karena semua tergantung dari kebijakan bank tersebut. Demikian ulasan terkait transfer ke lain bank melalui ATM BNI. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam transaksi perbankan dengan menggunakan bank BNI.