Kode BRI untuk Transfer ke Lain Bank Melalui ATM

Posted on

Zaman yang semakin maju dengan pesatnya perkembangan teknologi memudahkan masyarakat dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas tertentu. Misalnya kegiatan transaksi yang terjadi dalam dunia perbankan. Melalui adanya mesin canggih disebut ATM ini semua orang dapat leluasa mengirim maupun menerima uang dengan cepat. ATM atau Automated Teller Machine merupakan sebuah mesin yang berisi sejumlah uang dari bank tertentu.

ATM dapat digunakan untuk mengecek saldo Anda, mengirim dan menerima uang baik dari sesama bank maupun bank lain. Salah satu penyedia mesin ATM adalah BRI atau Bank Rakyat Indonesia. Melalui ATM BRI Anda dapat mentransfer uang dengan mudah, efektif, dan efisien tanpa harus berlama-lama mengantre di bank konvensional. Selain itu, ATM BRI juga dapat digunakan untuk melakukan transfer ke bank lain dengan kode tertentu. Berikut akan dibahas mengenai kode BRI untuk transfer ke lain bank. 

BRI tergolong dalam salah satu dari empat bank yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena syarat untuk membuka rekening tersebut tergolong mudah dan tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Oleh sebab itu, intensitas masyarakat dalam melakukan transfer uang melalui ATM juga turut meningkat. Bagi sebagian orang mungkin sudah terbiasa dan sering melakukan transfer melalui ATM.

Lalu jika bank yang dituju bukanlah Bank BRI melainkan bank lainnya, apakah masih bisa menggunakan ATM BRI tersebut? Jawabannya tentu saja hal itu bisa dan sangat memungkinkan. Caranya sama dengan ketika Anda mentransfer uang ke sesama rekening Bank Rakyat Indonesia. Namun, dalam praktiknya Anda perlu menambahkan kode khusus bank yang dituju sebelum nomor rekening tujuan.Hal inilah yang membedakan transfer ke rekening sesama BRI.

 

Berapakah kode BRI untuk transfer ke bank lain?

kode BRI untuk transfer ke bank lain
kode BRI untuk transfer ke bank lain

 

Kode BRI adalah 002, sehingga jika ada bank lain yang akan mentransfer melalui ATM ke BRI maka wajib memasukkan kode tersebut di depan nomor rekening BRI yang dituju. Hal ini juga berlaku sebaliknya apabila akan transfer sejumlah uang dari ATM BRI ke bank lain. Berikut langkah-langkah transfer terkait kode BRI untuk transfer ke bank lain.

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin TM BRI, pilih bahasa uang akan digunakan lalu masukkan nomor PIN Anda seperti langkah biasanya.
  2. Pilih transaksi lain dan pilih transfer atau pengiriman karena Anda akan mengirim uang.
  3. Selanjutnya pilih menu bank lain, karena Anda akan melakukan transfer sejumlah uang ke bank dengan rekening bukan dari BRI. Tahap inilah yang membedakan jika Anda transfer dengan sesama rekening BRI.
  4. Anda harus memasukkan kode bank yang dituju yang kemudian dilanjutkan dengan nomor rekening tujuan Anda. Apabila tidak hafal kode bank lain, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melihat daftar kode bank lain dengan menekan tombol di layar bawah monitor yang berisi informasi terkait daftar kode bank seluruh Indonesia. Setelah melihat kode tersebut, Anda dapat menekan tombol back atau kembali dan layar monitor akan kembali pada menu sebelumnya.

Setelah Anda memasukkan kode bank lain dan nomor rekening tujuan, maka isikan nominal uang yang akan ditransfer. Setelah itu akan ada konfirmasi nama penerima, nomor rekening dan nominal transfer. Apabila sudah sesuai dengan tujuan Anda, langkah terakhir adalah tekan tombol Ya untuk transfer. Begitulah penjelasan terkait kode BRI untuk transfer ke lain bank.