Kode Danamon Untuk Transfer ke Bank Lain

Posted on

Hampir semua orang pasti sudah menggunakan kartu ATM sebagai alat transaksi yang lebih mudah. Dengan kartu ATM, Anda bisa mengirim atau transfer uang dengan mudah dimana pun berada menggunakan mesin ATM. Tapi apakah Anda pernah menggunakan kode bank untuk transfer uang ataupun untuk menerima uang? Apabila sudah sering melakukannya, pasti sudah tahu berbagai kode bank untuk transfer ke bank lainnya. Misalnya ingin mentransfer uang dari BCA ke Danamon atau sebaliknya?

Sebenarnya apa keperluan kode bank yang digunakan dalam proses transfer? Kode bank memiliki fungsi untuk mengirim atau transfer uang antar bank yang ada di Indonesia.

Jika Anda memiliki bisnis online shop, pasti mau tidak mau harus memiliki rekening bank untuk proses transaksi. Nah, salah satunya jika Anda memiliki rekening Bank Danamon untuk bisnis online shop, maka para pembeli atau konsumen Anda harus mengirimkan uang ke rekening Anda. Tetapi tidak akan mungkin jika semua konsumen Anda memiliki rekening dari bank yang sama dengan Anda.

Jadi bagaimana jika para konsumen Anda adalah pengguna dari bank lain? Jawaban yang tepat yaitu dengan menggunakan kode Danamon untuk transfer ke bank lain? Adanya kode-kode bank ini sangat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat dalam memudahkan transaksi atau untuk transfer uang ke bank lainnya.

Cara Menggunakan Kode Danamon Untu Transfer ke Bank Lain

Kode Danamon Untuk Transfer ke Bank Lain
Kode Danamon Untuk Transfer ke Bank Lain

 

Jika demikian, konsumen yang akan men-transfer atau mengirim sejumlah uang ke rekening Danamon Anda, pastinya harus menggunakan kode Danamon untuk transfer ke bank lain sebagai adanya syarat umum transfer ke bank lainnya. Biasanya untuk kode bank yang digunakan semua bank memiliki digit angka sebanyak 3. Sedangkan untuk kode Bank Danamon yaitu 011. Setelah memasukan digit kode tersebut, konsumen bisa menambahkan nomer rekening Anda dibelakangnya. Untuk melakukan transfer juga tidak harus antri seperti ke teller atau di tempat mesin ATM lainnya. Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan m-Banking atau sms banking jiika memiliki aplikasinya.

Selain adanya syarat kode Danamon untuk transfer ke bank lain, ada juga layanan seperti internet atau sms Banking. Syarat untuk layanan tersebut biasanyahanya mengisi nomor telepon atau handphone saja agar terdaftar dimana Anda atau konsumen Anda sudah menjadi nasabah dari bank tertentu. Sebisa mungkin nomor Anda terdaftar, karena jika belum terdaftar Anda tidak bisa melakukan transaksi melalui via sms.

Karena transaksi melalui via sms kadang-kadang menyerap biaya administrasi yang memang setara dengan layanan yang Anda dapatkan. Sama halnya juga dengan melakukan transaksi dengan menggunakan internet Banking, maka identitas di pengirim atau konsumen yang akan men-transfer uang harus sudah terdaftar pada bank yang mereka gunakan. Dengan sudah terdaftarnya semua persyaratan tersebut, maka proses transaksi akan lebih mudah. Jika nomor kode untuk Bank Danamon tidak dimasukan dengan benar, maka transaksi atau data akan sulit masuk, karena banyak bermacam-macam kode bank lainnya di Indonesia. Jadi, kode bank ini sangat penting untuk memudahkan transaksi ke bank lainnya.

Tetapi bagaimana cara menyisipkan kode Danamon untuk transfer ke bank lain melalui ATM? Pada umumnya, cara ini sangatlah mudah, tetapi bagi yang belum terbiasa atau belum pernah tentu akan kesulitan melakukannya. Caranya adalah seperti melakukan transfer seperti biasa, hanya saja ketika memilih menu transfer, pilih menu ke Banklain dan masukan kode bank yang Anda tuju.

Jika Anda tidak tahu kodenya bisa melihatnya dengan memilih menu yang ada di bawah monitor mesin ATM lalu pilih kode bank tujuan Anda untuk dimasukkan sebelum nomor rekening yang dituju. Jiak sudah dimasukan, ketik jumlah uang yang akan ditaransfer dan cek nama pemilik rekening. Lalu, pilih YA jika sudah benar. Semoga beberapa cara di atas memudahkan pembaca untuk bertransaksi.