Bagaimana Cara Mengajukan Kredit Mobil Syariah?

Diposting pada

Bagaimana Cara Mengajukan Kredit Mobil Syariah? Memiliki kendaraan mobil pribadi yang bagus, merupakan impian oleh banyak orang. Sekarang tidak perlu mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk bisa membeli sebuah mobil karena ada kredit mobil syariah yang bisa membantu Anda mewujudkannya.

Di tahun 2018 ini, sudah tidak lagi kebutuhan primer hanya sandang, papan dan pangan. Akan tetapi, kebutuhan sekunder yang dulunya dipenuhi apabila kebutuhan pokoknya bisa terlaksana, sekarang malah menjadi kebutuhan pokok. Dan lebih parahnya lagi, kebutuhan Tersier juga menjadi kebutuhan pokok pula. Karena hal tersebut, banyak orang yang sudah mempunyai mobil pribadi di rumah. Bahkan ada juga yang memiliki mobil lebih dari satu di rumah. Padahal untuk satu mobil saja pajaknya sudah sangat tinggi, belum lagi biaya perawatan mobil tersebut. Akibat dari banyaknya orang yang memiliki mobil, mengakibatkan jalanan menjadi macet seperti Jakarta.

Pemerintah haruslah kritis untuk menangani kemacetan di Jakarta karena sudah banyaknya mobil yang melaju di jalanan ibu Kota. Namun, meskipun begitu, masih banyak orang yang berkeinginan untuk membeli mobil untuk yang kedua kalinya atau untuk yang pertama kalinya tersebut. Apalagi sekarang bank telah memberikan kemudahan kredit mobil kepada para nasabahnya. Sehingga nasabah tersebut menginginkan untuk memiliki sebuah mobil dari hasil kredit. Salah satu yang memudahkan perkreditan mobil adalah bank syariah. Bank syariah menawarkan kepada anda pembelian mobil baru dengan cara kredit melalui program pembiayaan kendaraan bermotor. Syarat pengajuan kredit mobil syariah sangatlah mudah, dan pastinya Anda berniat untuk mendaftarkan diri.

 

Kredit Mobil Syariah Tanpa Riba Yang Harus Anda Pahami

Kredit Mobil Syariah Tanpa Riba
Kredit Mobil Syariah Tanpa Riba

 

Bank syariah dikenal dengan bank yang anti dengan Riba. Kalau di bank konvensional biasanya disebut dengan bunga. Maka dari itu, dengan adanya konsep bank anti riba, bank syariah mengeluarkan kebijakan kredit mobil dengan menggunakan sistem syariah yang menggunakan akad Murabahah. Anda boleh membeli mobil dalam kondisi baru atau bekas, untuk mobil baru jangka waktu kredit maksimal 5 tahun dan untuk mobil bekas jangka waktu kredit 10 tahun. Itu contoh yang biasa diterapkan di bank syariah pada umumnya.

Setelah mengetahui program kredit kendaraan berupa mobil seperti itu di bank syariah, bagi Anda yang tertarik mungkin bertanya-tanya syarat yang bisa diajukan untuk bisa mengikuti program tersebut. Berikut syarat-syarat yang harus Anda penuhi jika ingin kredit mobil secara syariah:

  1. Fotocopy KTP Pemohon
  2. Fotocopy Suami / Istri
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy Akad Nikah
  5. Fotocopy NPWP
  6. Rekening Koran Tabungan 3 bulan terakhir
  7. Fotocopy SK Pertama dan Terakhir
  8. Slip Gaji Asli 3 bulan terakhir yang disahkan
  9. SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).
  10. Jika anda wiraswasta perlu melampirkan (Siup, Situ, dan TDP)

 

Nah, itu adalah syarat-syarat yang harus Anda ajukan jika mengikuti kredit mobil yang ada di bank-bank syariah. Tetapi apabila Anda membeli mobil yang bekas, Anda harus menambahkan satu syarat yaitu, Keterangan mengenai kendaraan bermotor yang akan dibeli meliputi jenis kendaraan, tahun pembuatan, fotocopy BPKB, nama pembeli sebelumnya dan harga kendaraan. Hal itu harus diajukan agar nantinya saat akan pajak kendaraan bisa jelas kapan harus membayar pajak dan juga tahun kendaraan tersebut. Anda bisa mengajukan syarat-syarat itu semua ke salah satu bank syariah cabang langganan Anda. Sekarang kemudahan dalam kredit memang mudah, apalagi untuk kredit mobil syariah, namun Anda harus bijak dalam menentukan pilihan kebutuhan Anda sendiri dan keluarga.