List Daftar Mata Uang Negara ASEAN yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Daftar Mata Uang Negara ASEAN – Ketika berbicara tentang mata uang, tentu saja kita tidak akan jauh-jauh dari mata uang negara-negara yang ada di ASEAN. Mengapa demikian? Karena mata uang inilah yang akan kita gunakan kita ketika berniat untuk datang dan mengunjungi negara-negara tersebut baik untuk sekadar piknik atau karena kepentingan akademik dan kantor. ASEAN menjadi salah satu komunitas di Asia Tenggara yang tentu saja dalam komunitas tersebut terjalin berbagai jenis hubungan kenegaraan yang saling menguntungkan antara satu negara dengan negara yang lainnya. Nah, agar lebih memudahkan Anda, berikut ini akan kami sampaikan secara lengkap mengenai informasi daftar mata uang negara ASEAN lengkap.

 

List Daftar Mata Uang Negara ASEAN Lengkap Dengan Gambar!

 

Timor Leste

Daftar Mata Uang Negara ASEAN 2018
Daftar Mata Uang Negara ASEAN 2018

 

Timor Leste dahulunya merupakan bagian dari Indonesia dan letaknya berada di Asia Tenggara. Meskipun demikian, setelah memisahkan diri dari Indonesia negara Timor Leste ini menggunakan mata uang padahal Timor Leste ini sebenarnya memiliki mata uang sendiri yaitu Centavo atau sering juga disebut Centavos. Namun, hingga kini centavo ini hanya dicetak dalam skala yang kecil dan masih menggunakan koin.

 

Brunei Darussalam – Brunei dollar

Brunei dollar
Brunei dollar

 

Negara Brunei Darussalam ini juga menggunakan mata uang Dollar (Brune Dollar)  dan bahkan bisa ditukarkan atau ditransaksikan secara langsung dengan Dollar Singapura. Artinya, tanpa harus pergi ke money changer Anda sudah bisa menggunakan Dollar Singapura di Brunei dan begitu juga sebaliknya. Jika Anda bekerja di Brune dan berencana liburan ke singapura Anda dapat menggunakan uang ini sebagai alat transaksi karena nilai per dollar brune ini tidak jauh beda dengan mata uang singapore.

 

Indonesia –  rupiah

rupiah
rupiah

 

Sebagai warga Indonesia kita tentu tau dok mata uang kita sendiri? Indonesia menggunakan Rupiah sebagai mata uang atau yang juga di singkat dengan IDR . Rupiah hingga saat ini menempati urutan mata uang termurah nomor 5 di dunia yang menempati urutan kedua termurah di Asia Tenggara.

 

Singapura – Dollar Singapore

mata uang singapore
mata uang singapore

 

Singapura menjadi negara paling kecil di Asia Tenggara yang berhasil membuktikan bahwa bisa menjadi negara paling maju dengan mata uang Dollar Singapura. Mata uang Dollar singapore ini hampir mengalahkan mata uang dunia yaitu Dollar Amerika. Dengan kisaran sekarang 10.400.

 

Malaysia – MYR / Ringgit Malaysia

Ringgit Malaysia
Ringgit Malaysia

 

Salah satu negara di Asia Tenggara ini memiliki ibu kota yang berkedudukan di Kuala Lumpur dengan menggunakan mata uang Ringgit Malaysia atau yang sering disingkat dengan MYR/ RM. Sama seperti mata uang di negara Indonesia, Singapura dan Brunei yang menggunakan tokoh-tokoh di cetakan mata uang.

 

Filipina – Philippine peso

Philippine peso
Philippine peso

 

Negara Filipina ini menggunakan mata uang Peso sebagai alat tukar dan bertransaksi. Mata uang ini menduduki peringkat enam paling mahal di ASEAN. Mata uang ini juga lebih dikenal dengan Piso ng Pilipinas.

 

Thailand – Thai baht

Thai baht
Thai baht

 

Negara Thailand menjadi negara terkuat nomor lima di mata uang. Mata uang yang digunakan adalah Bath Thailand. Mata uang ini menggunakan potret pemimpin sehingga penduduk tidak akan meremas atau melipat uang tersebut karena menghormati potret yang ada di uang tersebut. Tidak hanya itu saja, bahkan pelaku yang berani menginjak mata uang tersebut juga harus bersedia berurusan dengan polisi.

 

Vietnam – Vietnamese dong

Vietnamese dong
Vietnamese dong

 

Vietnam menjadi negara yang memiliki kurs paling rendah diantara negara-negara lain di Asia Tenggara. Mata uang yang digunakan adalah Dong atau sering diucapkan dengan kata “dom”.

 

Laos – Lao kip

Lao kip
Lao kip

 

Laos dengan mata uang Kip Laos ini menjadi negara yang menempati tingkat kedua termurah di dunia setelah Iran yang menggunakan mata uang Rial.

 

Kamboja – Cambodian riel

Cambodian riel
Cambodian riel

 

Mata uang negara ASEAN yang terakhir adalah Kamboja dengan mata uang Riel Kamboja ini menempati urutan ke sepuluh mata uang paling murah berdasarkan skala dunia.

 

Nah, daftar mata uang negara ASEAN yang sudah disebutkan di atas bisa Anda jadikan sebagai patokan jika Anda ingin berkunjung di negara-negara tersebut. Jangan lupa selalu mengecek update terbaru nilai tukar uang tersebut, karena nilai tukar uang akan selalu berubah setiap waktu tergantung dari bank dunia. Jika mata uang Dollar (USD) naik, kemungkinan besar mata uang dari setiap negara naik.