Manfaat Menabung di Bank Syariah Bagi Nasabah

Diposting pada

Manfaat Menabung di Bank Syariah Bagi Nasabah. Dewasa ini, banyak masyarakat yang semakin sadar untuk menabung di bank, baik bank konvensional maupun bank syariah. Kedua jenis bank tersebut memang hampir sama, tetapi tetap ada beberapa perbedaan yang membuat kedua jenis bank tersebut berbeda. Sebagian memilih menabung di bank syariah karena memang ada beberapa keuntungan dan kemudahan yang di dapat dari bank syariah sendiri. Pada dasarnya menabung di bank memang mendatangkan manfaat jika dibandingkan dengan menabung sendiri di rumah. Jika kita menabung di rumah pastinya tabungan kita akan sedikit rawan untuk dipakai walaupun bukan untuk keperluan mendesak. Iya bukan? Hal ini sudah bukan rahasia lagi ya. Ada beberapa manfaat menabung di bank lainnya. Mari kita bahas apa saja keuntungan dan manfaat menabung di bank. Namun, kali ini kita akan membahas manfaat dan keuntungan menabung di bank syariah.

 

Keuntungan Dan Manfaat Menabung di Bank Syariah Bagi Para Nasabah

Manfaat Menabung di Bank Syariah
Manfaat Menabung di Bank Syariah

 

Jika dibandingkan dengan bank konvensional, memang bank syariah masih tergolong baru. Bank syariah belum terlalu lama muncul di Indonesia. Kehadiran bank syariah ini juga diawali oleh beberapa bank yang kemudian diikuti oleh bank konvensional lainnya. Jadi, wajar saja jika bank konvensional memiliki nama yang lebih tenar dibandingkan bank syariah. Nah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa manfaat menabung di bank syariah. Beberapa manfaat dan kelebihan menabung di bank syariah yaitu:

  1. Bonus

Bank syariah memang tidak memperkenalkan bunga, namun bank syariah akan memberikan bonus kepada nasabahnya. Bonus akan dirasakan terutama oleh nasabah yang memiliki investasi yang cukup besar. Bonus akan diberikan setiap bulannya.

  1. Aman

Sama dengan bank lain pada umumnya, tentunya menabung di bank syariah aman dan terpercaya. Sistem pengamanan di bank syariah dilengkapi dengan teknologi modern sehingga, orang lain tidak dapat mengakses tabungan Anda.

  1. Sistem bagi hasil

Salah satu keuntungan dan manfaat yang dapat dirasakan nasabah adalah keuntungan bagi hasil antara pihak bank syariah dengan nasabah. Bagi hasil tersebut merupakan bagi hasil pendapatan. Pihak bank akan memperhitungkan pendapatan bank kemudian biaya yang dikeluarkan bank diambil dari bagi hasil yang sudah menjadi hak bank.

  1. Terhindar dari riba

anda tidak akan takut  terkena riba karena pengelolaan uang di bank syariah mengacu pada hukum Islam. Walaupun, mungkin belum sempurna, tetapi jauh lebih aman.

  1. Menawarkan fasilitas menarik

Anda tak perlu khawatir jika menabung di bank syariah. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh bank syariah tergolong cukup menarik. Beberapa penawaran fasilitas menarik diantaranya yaitu:

  • ˗ gratis biaya administrasi bulanan sehingga tabungan Anda tidak akan terpotong untuk membayar biaya administrasi bulanan.
  • ˗ gratis biaya bulanan untuk atm
  • ˗ gratis ketika melakukan tarik tunai di ATM sendiri maupun di ATM bersama.
  • ˗ gratis biaya debit prima
  1. Mudah melakukan berbagai macam transaksi

Bank syariah memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi. Pasalnya transaksi dapat dilakukan secara gratis baik melalui ATM sendiri, ATM bersama, maupun debit Prima. Menabung di bank syariah akan memberikan beberapa kemudahan dalam melakukan transaksi, diantaranya yaitu :

  • – mudah dalam melakukan proses penarikan tunai
  • – mudah melakukan transfer uang baik ke sesama nasabah bank sama maupun bank yang berbeda.
  • – mudah melakukan penggantian nomor PIN kartu ATM
  • – mudah jika akan melakukan zakat, shodaqoh, wakaf, infaq, dan qurban.
  • – mudah digunakan saat melakukan pembelian
  1. Penabung atau nasabah adalah mitra bank

Bank syariah akan memandang nasabahnya sebagai mitra. Bank syariah akan memperlakukan nasabah sebagai mitra kerja sehingga nasabah akan menerima bagi hasil dari investasi yang telah Ia investasikan di bank. Muamalah pada bank syariah memberlakukan asas kebersamaan dalam keuntungan dan resiko. Hal ini akan menciptakan suasana yang adil serta transparan.