Mengenal Kartu Kredit dan Kartu Debit untuk Uang Non Tunai

Posted on

Kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang sering digunakan sebagai uang non tunai. Tidak jauh berbeda dengan kartu debit yang juga merupakan produk perbankan. Penggunaan kartu kredit dan kartu debit di tanah air sudah mulai banyak. Namun untuk jumlah pemilik kartu kredit masih kalah jumlahnya dibandingkan dengan pemilik kartu debit. Untuk sebagian orang memang masih nyaman dengan kartu debit. Sebagai tambahan informasi, berikut adalah beberapa ulasan penting mengenai kartu kredit atau pun kartu debit yang dikeluarkan oleh bank.

 

Kartu Kredit dan Kartu Debit untuk Transaksi Non Tunai

Kartu Kredit dan Kartu Debit
Kartu Kredit dan Kartu Debit

 

Bagi Anda yang belum terlalu paham mengenai perbedaan antara Kartu Kredit dan Kartu Debit mungkin bisa langsung menyimak artikel berikut ini!

Baca Juga: 7 Manfaat Memiliki Kartu Kredit Untuk Anda yang Suka Belanja

 

  1. Tentang kartu kredit dan debit

Kartu kredit atau pun kartu debit sama-sama merupakan produk perbankan. Bank akan mengeluarkan kartu kredit atau kartu debit sesuai dengan pengajuan calon pemegang kartu. Kartu kredit sering juga disebut sebagai kartu utang karena pemegang kartu akan memiliki utang kepada bank apabila menggunakannya. Sedangkan kartu debit lebih sering disebut sebagai kartu ATM karena umumnya digunakan untuk menarik uang di mesin ATM. Padahal sebenarnya kartu kredit juga bisa digunakan untuk menarik uang di ATM hanya saja ada bunga yang cukup tinggi setiap transaksinya.

 

  1. Pengajuan kartu kredit dan kartu debit

Untuk bisa memiliki kartu kredit atau kartu debit, calon pemegang kartu perlu mengajukan diri ke bank. Pengajuan kartu debit biasanya lebih mudah dengan berkas seperti formulir pengajuan dan fotokopi KTP. Pengajuan biasanya dilakukan dengan membuka rekening tabungan baru. Jadi pemilik kartu debit pasti mempunyai tabungan di bank tersebut. Berbeda lagi dengan pengajuan kartu kredit yang memerlukan dokumen lebih banyak dibandingkan pengajuan kartu debit. Ini lah yang menjadi salah satu perbedaan kartu kredit dengan kartu debit. Untuk mengajukan pembuatan kartu kredit memerlukan beberapa dokumen tambahan seperti slip gaji. Pembuatan kartu kredit tidak mengharuskan memiliki tabungan atau rekening di bank tersebut.

 

  1. Kelebihan

Baik kartu kredit atau pun kartu debit mempunyai kelebihan seperti lebih mudah dan aman untuk bertransaksi. Dibandingkan dengan uang tunai, dua produk perbankan tersebut lebih praktis digunakan untuk membayar atau bertransaksi. Namun ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki masing-masing kartu. Bank biasanya mengeluarkan promo potongan harga menarik dengan mitra yang sudah bekerjasama.

Berbeda dengan kartu debit yang tidak terlalu sering memiliki promo potongan harga. Namun kartu debit lebih mudah untuk digunakan berbelanja atau pun menarik uang di ATM. Penarikan uang di ATM dengan kartu kredit tidak dikenai biaya selama dilakukan di ATM yang sesuai dengan bank yang digunakan. Namun untuk penarikan uang di ATM dengan kartu debit akan dikenai biaya yang cukup tinggi.

 

  1. Sumber uang di dalamnya

Pada prinsipnya kartu kredit merupakan kartu utang. Pemilik kartu bisa bertransaksi dengan dibayarkan terlebih dahulu oleh bank. Jadi tanpa saldo, kartu kredit tetap bisa digunakan untuk bertransaksi. Kewajiban pemegang kartu adalah membayar tagihan atau utang yang timbul dari transaksi dengan kartu kredit. Sedangkan pemegang kartu debit hanya bisa mengambil atau membayar sebatas tidak melebihi saldo yang ada di kartu debit. Transaksi dibayar dengan menggunakan uang atau saldo yang ada di bank.

Demikian beberapa informasi terkait kartu kredit dan kartu debit sebagai uang non tunai. Pengajuan dan penggunaan setiap kartu harus sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Silakan gali juga informasi mengenai cara memilih kartu kredit dengan baik dan benar.