Pengertian Uang dan Fungsinya dalam Kehidupan

Diposting pada

Siapa yang tidak mengenal uang? Kita semua tentu tahu dan mengerti alat tukar yang disebut dengan uang walau tidak mempelajarinya secara dalam. Nah, sebenarnya apa itu pengertian uang sebagai alat tukar dan alat transaksi sehari-hari? Bagaimana fungsinya secara umum mau pun khusus? Uang menjadi kebutuhan kita untuk memenuhi beragam kebutuhan lainnya.

Dalam mendapatkan uang, tidaklah mudah, butuh kerja keras dan usaha. Sebab peredaran yang di dunia tidak dapat ‘semena-mena’. Uang menjadi benda sekaligus alat berharga. Berikut ulasan lebih dalam mengenai uang, pengertiannya, hingga fungsinya.

Pengertian Uang Menurut Ekonomi Tradisional dan Modern

Pengertian Uang
Pengertian Uang Menurut Ekonomi Tradisional dan Modern

 

Uang bagaikan ‘segalanya’. Dengan uang, kita dapat membeli apa pun. Keberadaannya membuat kita mau tidak mau harus bekerja keras agar bisa mendapatkannya dan membeli beragam hal, kebutuhan hidup. Apa itu uang?

Uang menurut ekonomi tradisional memiliki pengertian yaitu alat tukar dalam bentuk apa pun yang diterima secara umum. Alat tukar tersebut dapat berupa apa pun, terpenting dapat diterima masyarakat, berlaku pada proses tukar barang dan jasa. Uang di sini dapat diartikan juga sebagai ‘Uang Barang’.

Dulu masyarakat tidak menggunakan uang (uang kertas dan uang logam) untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan, namun memakai sistem barter. Maka itu lah mengapa dalam ekonomi tradisional bentuk uang berbeda.

Sementara itu, uang menurut ekonomi modern memiliki pengertian yaitu satu benda yang tersedia, digunakan sebagai alat pembayaran yang diterima secara umum oleh masyarakat, dalam kegiatan jal beli barang dan jasa yang termasuk pada kekayaan berharga, hingga untuk membayar hutang.

Bentuk uang pada ekonomi modern sangat nyata dan sengaja memiliki bentuk khas yang dikenal oleh semua masyarakat. Nilainya pun berbeda-beda.

Dari pengertian uang tersebut, uang dibagi menjadi dua macam yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal ialah alat pembayaran yang sah, berniat wajib untuk digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli sehari-hari. Atau biasa disebut dengan Common Money. Bagaimana dengan uang giral? Uang giral merupakan uang dalam bentuk simpanan yang dapat dicairkan atau ditarik sesuai kebutuhan. Seperti tabungan di ATM dan cek.

 

Fungsi-Fungsi Uang dan Perannya dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari

Dari pengertiannya, Anda pasti sudah mampu menyimpulkan fungsi dari uang yang sebenarnya. Ya, uang memiliki fungsi utama berupa alat perantara untuk menukar barang dan jasa. Uang mempermudah transaksi perdagangan yang ada di sekitar kita. Fungsi asli dari uang sendiri dibagi menjadi tiga yaitu uang sebagai alat tukar medium of exchange, uang sebagai satuan hitung unit of account, dan uang sebagai penyimpan dana valuta.

Tidak hanya itu saja, fungsinya juga dapat diturunkan menjadi beberapa terdiri dari uang sebagai alat sah pembayaran, uang sebagai alat membayar hutang, uang sebagai bentuk menimbun kekayaan, uang sebagai alat pemindah kekayaan, serta uang sebagai alat pendorong dan penggerak ekonomi.

Bagaimana? Sudah mengerti lebih dalam mengenai pengertian uang beserta fungsinya, bukan? Agar benda sebagai alat pembayaran dapat disebut sebagai uang, benda tersebut harus memenuhi syarat sah uang seperti diterima dan diakui oleh masyarakat, memiliki nilai tinggi dan terjamin, disahkan pemerintah, terbuat dari bahan yang tahan lama (tidak mudah rusak), berkualitas, mampu memenuhi kebutuhan, mudah dibawa, mudah dibagi, dan nilai yang stabil dari waktu ke waktu. Tentunya uang tidak boleh dipalsukan dan tidak dapat dengan bebas dibuat oleh masyarakat umum.