Perbedaan Antara Bank BRI, BCA, Mandiri, BNI dari Segi Biaya

Diposting pada

Ada banyak bank yang dapat anda pilih sebagai bank pilihan dalam menyimpan uang yang kita miliki. Ada banyak kriteria yang dapat kita terapkan dalam memilih bank yang tepat. Bisa dari suku bunga tabungan, berbagai kelebihan yang akan didapatkan, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, ada 4 bank yang menjadi andalan dan sudah sangat dikenal. 4 bank tersebut adalah BRI, Mandiri, BCA, dan BNI. Keempat bank tersebut memiliki kelebihannya masing-masing yang membuat banyak orang tertarik untuk menyimpan uang mereka di bank tersebut. Ada beberapa perbedaan antara bank BRI, BCA, Mandiri, BNI. Bagi anda yang masih bingung dalam memilih bank, anda dapat menjadikannya sebagai salah satu cara untuk menentukan pilihan dengan menyesuaikan kriteria anda dengan kelebihan yang ditawarkan bank tersebut. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Perbedaan antara bank BRI, BCA, Mandiri, BNI: Kelebihan dan Kekurangan

Perbedaan Antara Bank BRI, BCA, Mandiri, BNI
Perbedaan Antara Bank BRI, BCA, Mandiri, BNI

 

Perbedaan yang dibahas kali ini mengenai 4 hal utama. Adapun empat hal utama tersebut diantaranya adalah biaya bulanan, biaya administrasi, biaya transfer, dan keunggulan lainnya.

  1. Perbedaan Bank BRI Dan keuntungannya

BRI adalah bank yang bersejarah di Indonesia. Sebagai salah satu bank yang tertua di Indonesia, BRI memiliki jejaring yang sangat kuat. BRI memiliki image sebagai bank yang menjangkau masyarakat pedesaan dengan menyediakan banyak cabang yang mendekat ke masyarakat. Biaya administrasi yang dikenakan bank ini sangat rendah sehingga siapa saja dapat dengan mudah membuka rekening BRI. Untuk biaya administrasi yang dikenakan hanya Rp 10.000,- saja. Sedangkan setoran pada saat awal pembuatan buku tabungan adalah Rp 250.000,-. Setoran awal ini dapat lebih rendah jika anda membuka tabungan khusus seperti tabungan pelajar atau tabungan karyawan. Jika anda melakukan transaksi antar bank dengan BRI, akan dikenalkan biaya transfer sebesar Rp 6.500,-. Untuk transaksi sesama bank tentunya tidak dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga: Perbedaan Britama dan Simpedes Bank BRI

 

  1. Perbedaan Bank BCA Dan keuntungannya

Bank kedua adalah BCA. Bank ini dikenal sebagai bank yang memudahkan kita dalam bertransaksi karena keunggulan sistem pelayanannya. Bank ini juga tersedia di banyak toko di Indonesia sehingga kita dapat membayar menggunakan kartu debit dan kredit BCA di berbagai toko. Ada banyak diskon yang dapat kita dapatkan dengan menggunakan kartu debit ataupun kredit BCA. Biaya administrasi yang dibebankan pada nasabah BCA lebih mahal dibandingkan BRI yaitu sebesar untuk membuat ATM yaitu Rp 13.000,- dengan setoran awal Rp 500.000,-. Untuk penggunaan kartu ATM sendiri dikenakan biaya per bulan berdasarkan jenis kartu yang digunakan.

Baca Juga: Keuntungan Menabung di Bank BCA Dan Kelebihannya

 

  1. Perbedaan Bank Mandiri Dan Keuntungannya

Mandiri juga menjadi salah satu bank yang banyak diminati. Bank yang merupakan merger dari banyak bank ini memiliki biaya administrasi yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000,- dengan setoran awal yang harus anda serahkan dalam pembukaan tabungan adalah Rp 500.000,-.

 

  1. Perbedaan Bank BNI Dan Keuntungannya

Berbeda dengan BRI yang dekat dengan masyarakat pedesaan, BNI menjadi bank favorit mahasiswa karena memiliki banyak ATM yang tersebar di banyak sudut kota. Hal ini tentunya memudahkan kita saat ingin melakukan transaksi tanpa perlu pergi ke kantor terdekat. Biaya administrasi Rp 10.000,- dengan setoran awal Rp 250.000,-. Potongan setiap bulannya adalah Rp 10.000,-. Baca Juga: Keuntungan Menabung di Bank BNI Bagi Nasabah Baru

Itu tadi perbedaan antara bank BRI, BCA, Mandiri, BNI dari segi biaya dan setoran awal. Walaupun tidak banyak berbeda dalam ha biaya, anda tetap dapat memilih sesuai dengan preferensi lainnya. Misalnya, anda dapat memilihnya sesuai dengan tujuan pembukaan rekening tabungan.