Perbedaan Kartu Kredit MasterCard Dan Visa Secara Umum

Diposting pada

Perbedaan Kartu Kredit MasterCard Dan Visa Secara Umum. Saat ini jenis kartu kredit yang beredar di Indonesia sudah banyak. Kartu kredit dibedakan dan fungsi layanan dan fasilitasnya dari logonya seperti, mastercard dan visa, serta dari bentuk fisiknya yaitu silver, gold, platinum, dan titanium. Lalu apa saja perbedaannya? Yuk simak!

 

Perbedaan Kartu Kredit Berdasarkan Logo dan Fisiknya

Perbedaan Kartu Kredit
Perbedaan Kartu Kredit

 

Perbedaan Mastercard dan Visa

  1. Mastercard

Berkantor pusat di Purchase, New York, Amerika menjadikan kartu kredit Mastercard lebih popular di negara-negara di Eropa dan Amerika. Mastercard juga sudah ada sejak tahun 1966. Biaya yang harus dibayar saat bertransaksi di luar negeri adalah tergantung dari merchant-nya yaitu berkisar 0,1%-1% dari total transaksi. Namun, ada jenis kartu kredit Mastercard khusus diperuntukkan oleh orang-orang tertentu, antara lain:

  1. World Mastercard

Pengguna kartu kredit ini harus memiliki minimal transaksi sebesar Rp 75.000.000,00 per tahun. Dilengkapi dengan Identity Theft Resolution Service yaitu perlindungan terhadap identitas Anda. Fasilitas yang ditawarkan juga beragam, mulai dari kemudahan reservasi hotel dan restoran mewah, Airport, dan lain-lain.

  1. World Elite Mastercard

Kartu kredit ini biasanya dilengkapi dengan fitur yang sama dengan World Mastercard yaitu Identity Theft Resolution Service. Cocok bagi Anda yang harus bepergian ke luar negeri untuk menjalankan bisnis Anda.

  1. VISA

Kartu kredit VISA juga banyak diminati masyarakat karena fasilitas yang diberikan cukup mudah dan banyak. Provider Visa yaitu VISA Inc berkantor pusat di Foster City, California, Amerika dan sudah berdiri sejak tahun 1955. Kartu kredit VISA lebih popular di negara-negara Asia terutama Asia Pasifik. Biaya yang harus dibayar saat bertransaksi di luar negeri adalah sebesar 1% dari total transaksi. Terdapat juga jenis kartu kredit VISA Spesial yang diperuntukkan oleh orang-orang eksklusif. Berikut jenis kartu kredit VISA Spesial dan perbedaannya.

  1. VISA Signature

Kartu kredit ini memiliki limit mulai dari 100 juta rupiah hingga tak terbatas. Fasilitas yang ditawarkan mulai dari keanggotaan klub golf, Airport Lounge, special travel, travel Assist, dan lain-lain.

  1. VISA Infinite

Kartu kredit VISA infinite setara dengan kartu kredit Wolrd Mastercard. Pemilik kartu kredit ini harus memiliki aset kekayaan sebesar 1 miliyar Rupiah atau sekitar 100 ribu USD dengan limit mulai dari 50 juta rupiah hingga tak terbatas. Fasilitas yang ditawarkan berupa asuransi, kemudahan berimigrasi atau special priority pass, travel assist, hingga kemudahan untuk menyewa pesawat jet pribadi.

 

Perbedaan Kartu Kredit dari Bentuk Fisik

  1. Silver

Memiliki limit yang rendah menjadikan jenis kartu kredit ini paling banyak diminati dan digunakan di Indonesia saat ini, yaitu hanya sebesar 4 juta -7 juta rupiah dan bisa digunakan bagi masyarakat golongan menengah ke atas dengan berpenghasilan sekitar 3 juta rupiah per bulan.

  1. Gold

Kartu kredit ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan minimal 5 juta rupiah per bulan dan memiliki limit kredit sebesar 10 juta-40 juta rupiah sesuai dengan terbitan Bank kartu kreditnya.

  1. Platinum

Kartu kredit ini hanya sebagian kecil saja yang memiliki karena mempunyai limit sebesar 40 juta-1 miliar rupiah. Maka dari itu, kartu kredit ini diperuntukkan hanya bagi orang yang berpenghasilan minimal 180 juta sehingga yang biasa memiliki adalah orang yang sudah memiliki perusahaan besar.

  1. Titanium

Pengguna kartu kredit ini dipilih langsung oleh pihak bank itu sendiri karena pertimbangan kekayaan financial yang mencapai nominal tertentu.

Itulah perbedaan kartu kredit yang ada di Indonesia maupun di berbagai negara. Agar tidak salah pilih, penggunaan kartu kredit harus disesuaikan dengan penghasilan kita per bulan.