Persyaratan Pembuatan Paspor Lengkap Cuma 2 Hari

Posted on

Bepergian keluar negeri bagi sebagian orang mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan perjalanan ke luar negeri ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan. Selain membutuhkan dana yang cukup besar, Anda juga memerlukan satu dokumen penting yang harus ada dan harus Anda bawa, yaitu paspor.

Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara yang digunakan sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi data diri pemegang seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, informasi mengenai kewarganegaraan dan tanda tangan pemegang. Paspor ini menjamin kejelasan informasi identitas orang yang masuk ke suatu negara. Biasanya ketika Anda memasuki wilayah suatu negara Anda akan diminta menunjukkan paspor, sehingga dokumen ini tidak boleh tertinggal ketika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri. Sebelum memutuskan untuk membuat paspor ada beberapa dokumen persyaratan pembuatan paspor yang perlu Anda siapkan, diantaranya:

Persyaratan Pembuatan Paspor yang Perlu Disiapkan

Persyaratan Pembuatan Paspor yang Perlu Disiapkan
Persyaratan Pembuatan Paspor yang Perlu Disiapkan

 

  1. Kartu Keluarga asli dan fotocopy
  2. Akte kelahiran asli dan fotocopy
  3. Kartu Tanda Penduduk asli dan fotocopy
  4. Formulir permohonan pembuatan paspor baru, ini bisa Anda dapatkan di kantor imigrasi dan bisa langsung Anda isi.
  5. Buku nikah orang tua, untuk anak-anak yang akan membuat paspor
  6. Paspor orang tua, jika membuat paspor untuk anak dan orang tua telah memiliki paspor sebelumnya
  7. Materai

Tata Cara Pembuatan Paspor Setelah Persyaratan Pembuatan Paspor Lengkap

Jika semua dokumen persyaratan sudah Anda miliki dan persiapkan, langkah selanjutnya adalah membawa semua dokumen tersebut ke kantor imigrasi, langkah-langkahnya :

  • – Datanglah lebih awal ke kantor imigrasi. Semakin pagi Anda mengambil nomor antrian akan semakin cepat selesai urusan Anda di kantor imigrasi.
  • – Ambil dan isi formulir permohonan pembuatan paspor di kantor imigrasi. Segera tanyakan kepada petugas yang ada jika terdapat sesuatu yang kurang jelas.
  • – Pergunakan pakaian rapi dan sopan. Nantinya petugas akan mengambil foto untuk dipasang di paspor Anda, jadi usahakan foto Anda terlihat rapi dan sesuai dengan penampilan Anda sehari-hari supaya mudah dikenali ketika dilakukan pemeriksaan paspor oleh petugas.
  • – Tunggu nomor antrian Anda dipanggil untuk ke ruangan cek berkas. Serahkan semua dokumen persyaratan pembuatan paspor tadi ke petugas yang ada. Jika dokumen Anda sudah lengkap, Anda akan diberi nomor antrian lagi untuk ke ruangan wawancara.
  • – Ketika wawancara petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait tujuan Anda bepergian ke luar negeri. Jawablah dengan jujur dan sesuai keadaan yang sebenarnya supaya paspor Anda dibuat dengan peruntukan yang tepat. Pada sesi ini petugas juga akan mengambil foto untuk paspor Anda.
  • – Anda harus membayar sejumlah biaya untuk pembuatan paspor tergantung jenis paspor yang Anda buat. Pembayaran dilakukan di bank-bank yang ditunjuk imigrasi. Anda akan diberikan nomor rekening tujuan oleh petugas.
  • – Bawa bukti pembayaran untuk mengambil paspor di kantor imigrasi pada waktu yang telah ditentukan.

Semoga penjelasan mengenai persyaratan pembuatan paspor ini bisa membantu Anda yang baru pertama kali akan membuat paspor baru. Persiapkan dengan baik semua dokumen dan biaya yang dibutuhkan. Setelah paspor jadi, Anda bisa leluasa bepergian ke luar negeri tanpa takut tertahan di imigrasi karena kurang lengkapnya dokumen.

Sedikit tambahan dari admin, menurut pengalaman admin membuat paspor tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika semua sudah siap dan sudah diperiksa, biasanya hanya butuh waktu 2 hari Anda sudah bisa mengambilnya. Anda akan diberi tau ketika seksi terakhir dan untuk mengisi formulir usahakan agak cepat karena antri atau Anda juga dapat mengambil dan mengisinya di rumah.