Samsat Online, Cara Melakukan Pembayaran Pajak Online

Posted on

Samsat Online, Cara Melakukan Pembayaran Pajak Online . Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya mematuhi  kewajiban-kewajiban sebagai warga negara agar dapat pula memperoleh hak-hak yang setimpal. Salah satu kewajiban tersebut adalah membayar pajak kendaraan bermotor. Pajak ini dibayarkan atas kepemilikan kendaraan bermotor oleh pemilik pribadi maupun instansi, meliputi kendaraan darat dan laut, salah satunya sepeda motor.

Pajak yang ditarik dari setiap pemilik kendaraan bermotor besarannya bervariasi. Hal-hal yang menentukan besaran pajak diantaranya jenis kendaraan, peruntukan penggunaan kendaraan, tahun pembuatan dan harga jual kendaraan. Besaran pajak yang diterima oleh Pemerintah Daerah nantinya digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan yang akan dinikmati juga oleh masyarakat.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan ke kantor-kantor samsat di setiap daerah. Akan tetapi, ada permasalahan yang hampir selalu dihadapi oleh pemilik kendaraan bermotor yang akan membayarkan pajaknya, yaitu antrean yang panjang. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor yang ada saat ini membuat jumlah wajib pajak yang harus membayarkan pajaknya juga semakin banyak. Hal ini yang menyebabkan terjadinya antrean hampir di setiap kantor samsat di tiap daerah. Permasalahan inilah yang melatarbelakangi munculnya e- samsat sebagai solusi cara melakukan pembayaran pajak online motor yang lebih mudah dan praktis.

Cara Melakukan Pembayaran Pajak Online Motor Menggunakan e-Samsat

Samsat Online Cara Melakukan Pembayaran Pajak Online
Samsat Online Cara Melakukan Pembayaran Pajak Online

 

Jika Anda enggan mengantri untuk melakukan pembayaran pajak motor, Anda bisa memanfaatkan cara melakukan pembayaran pajak online motor melalui e-samsat yang saat ini sudah tersedia di beberapa daerah di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki tahapan pembayaran pajak motor secara online yang berbeda, namun secara umum, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan laptop, komputer atau smartphone Anda terkoneksi dengan jaringan internet

Seperti judulnya, e-samsat memang layanan yang dilakukan berbasis internet, sehingga untuk dapat memanfaatkannya Anda butuh perangkat-perangkat yang memadai.

  • Bukalah situs e-samsat atau unduh aplikasi Samsat Online Nasional.

Saat ini baru 7 provinsi di Indonesia yang menerapkan  layanan e-samsat ini, yaitu DKI Jakarta, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Anda bisa mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional secara gratis di Google Play Store atau aplikasi Sakpole untuk pembayaran pajak bermotor daerah Jawa Tengah.

  • Isilah semua data yang diminta.

Anda harus mempersiapkan seluruh data yang diperlukan. Selain KTP dan NRKB, Anda juga perlu mengisi data mengenai kota berdasarkan kode plat nomor, lokasi kantor samsat tempat Anda mengurus kendaraan Anda sebelumnya, serta nomor polisi kendaraan. Semua data ini akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

  • Pilih metode pembayaran dan lokasi pengambilan nota pajak

Selanjutnya Anda akan diminta mengisi lokasi dimana Anda ingin mengambil nota pajak yang sudah dibayarkan nantinya. Selain itu Anda juga perlu memilih metode pembayaran serta di bank mana Anda ingin melakukan pembayaran pajak motor Anda.

  • Lakukan pembayaran

Setelah memperoleh besaran pajak yang harus dibayarkan beserta dengan kode pembayarannya, Anda bisa langsung melakukan pembayaran ke ATM atau bank terdekat. Jangan lupa untuk mencetak bukti pembayaran Anda

  • Ambil nota pajak

Tahap terakhir adalah mengambil nota pajak di kantor samsat yang telah Anda tentukan sebelumnya. Pengambilan nota ini harus menyertakan bukti pembayaran pajak, KTP serta STNK asli dari kendaraan bermotor Anda.

Cara melakukan pembayaran pajak online motor ini sangat mempermudah masyarakat karena pembayaran dapat dilakukan dari masa saja. Anda bisa membayar pajak motor dari luar kota tanpa harus datang langsung ke kantor samsat tempat Anda mendaftarkan kendaraan