Syarat Agar KTA ANZ Disetujui Dengan Cepat

Diposting pada

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. KTA adalah produk pinjaman dari bank yang memungkinkan nasabah mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Produk pinjaman ini banyak dilirik oleh nasabah dari kelas menengah.

KTA memiliki beberpa keunggulan. Pertama, syarat administrasi yang diminta cenderung lebih mudah dibanding kredit multiguna. Kredit multiguna mengharuskan nasabah menjaminkan aset ketika mengajukan kredit, sedangkan KTA tidak. Berkas yang harus dilampirkan juga sederhana, biasanya hanya identitas diri dan bukti penghasilan.

Keunggulan lain yang dimiliki KTA adalah pencairan dana yang cepat, rata rata dalam waktu 3 hari. Ini tentu saja sangat membantu bagi nasabah yang tengah memerlukan dana secepatnya. Pencairan cepat ini dimungkinkan karena bank tidak perlu mensurvey agunan seperti pada produk pinjaman lain.

Dana KTA juga bersifat lebih fleksibel. Maksudnya, nasabah bebas menggunakan uang KTA untuk keperluan apapun, termasuk bila sifatnya konsumtif semata. Kelebihan ini membuat nasabah tak perlu mengarang alasan yang berlebihan saat mengajukan KTA.

Bahwa hampir semua bank menyediakan penawaran KTA juga menjadi kelebihan bagi produk perbankan ini. Nasabah bisa leluasa memilih bank setelah terlebih dahulu membandingkan syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing masing bank.

Salah satu bank yang menawarkan KTA adalah ANZ. ANZ sendiri berada di urutan keempat bank terbesar di Australia. Bank ini masuk ke Indonesia setelah membeli 85% saham PT. West Pack Panin Bank pada tahun 1993.

Syarat Agar KTA ANZ Disetujui
Syarat Agar KTA ANZ Disetujui

 

Profil KTA ANZ

KTA ANZ memiliki suku bunga sebesar 0,99 persen per bulan. Besar pinjaman minimal adalah sebesar 10 juta rupiah. Adapun besaran maksimal adalah 25 juta rupiah dengan masa tenor selama 12 hingga 60 bulan.

Besaran cicilan minimal yang dipatok oleh KTA ANZ adalah Rp. 1.032.300,- . Sementara untuk ciciln maksimal adalah Rp. 6 471.700,-. Nasabah yang mengikut program KTA ANZ akan dikenai biaya provisi sebesar 3,5 persen. Apabila mengalami keterlambatan dalam pelunasan cicilan akan dikenai denda sebesar 6 persen dari cicilan per bulan. Sementara bila ada percepatan pelunasan maka akan ada potongan 7 persen dari sisa cicilan.

Syarat KTA ANZ Disetujui

Ada beberapa syarat KTA ANZ disetujui. Syarat KTA ANZ disetujui dengan cepat adalah:

  1. Memiliki penghasilan tetap per bulan minimal 3 juta rupiah.
  2. Usia minimal pemohon saat mengajukan KTA adalah 21 tahun.
  3. Usia maksimal pemohon saat mengajukan KTA adalah 55 tahun.
  4. Pemohon wajib memiliki kartu kredit.
  5. Limit minimal kartu kredit yang dimiliki pemohon KTA adalah sebesar 40 juta rupiah.

Sebelum memasukkan syarat KTA ANZ disetujui, Perlu diketahui bahwa KTA ANZ sendiri terdiri atas 2 jenis. Pertama adalah ANZ Personal Reguler. Jenis KTA yang satu ini memakan waktu proses selama 3 hari.

Jenis yang kedua adalah ANZ personal loan express. Untuk jenis yang satu ini dapat cair di hari yang sama dengan hari pengajuan. Tentu saja syarat KTA ANZ diterima dengan cepatnya harus dilengkapi terlebih dahulu.

Adapun dokumen persyaratan yang harus dilengkapi adalah:

  1. Fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya. Identitas diri yang dapat digunakan selain KTP adalah paspor. Cukup memilih salah satu dari keduanya. Jika pemohon telah menikah, maka data diri pasangan juga wajib dilampirkan.
  2. NPWP. Pemohon KTA ANZ wajib memiliki NPWP. Bukti yang dilampirkan dapar berupa fotokopi kartu NPWP atau dokumen lain yang memuat nama dan NPWP pemohon.
  3. Fotokopi Kartu Kredit. Bagian kartu kredit yang wajib dilampirkan adalah bagian depan yang mencantumkan nama dan nomor kartu kredit pemohon. Dalam kondisi tertentu pemohon juga dapat diminta untuk melampirkan bukti penghasilan atau dokumen kepemilikan usaha.

Keberadaan KTA memang menguntungkan nasabah. Pasalnya, nasabah tetap bisa mengajukan pinjaman sekalipun tak memiliki aset yang bisa digadaikan. Nasabah juga bebas memilihi jangka waktu pelunasan, mulai dari 1 hingga 5 tahun.

Hitunglah dengan cermat masa pelunasan atau tenor yang akan anda ambi. Lamanya masa tenor tentu saja akan mempengaruhi besaran cicilan yang mesti anda bayarkan setiap bulannya. Perhitungan yang kurang cermat akan menyulitkan diri anda sendiri. Hindari waktu yang terlalu lama atau terlalu cepat agar keuangan tetap stabil sekalipun tengah memiliki cicilan hutang di bank.

Meskipun KTA memilki banyak keuntungan, ada beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan ketika hendak mengajukan kredit yang satu ini. Pertama, ketiadaan jaminan membuat bank biasanya mematok suku bunga yang tinggi pada KPA. Besarannya bahkan bisa mencapai 2,5 persen .

Besaran bunga 2,5 persen memang tak terlalu memberikan efek yang signifikan pada cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Meski begitu ada baiknya anda terlebih dahulu mencari bank yang mematok suku bunga lebih rendah. ANZ misalnya, menjanjikan suku bunga 0,99 persen dan berlaku tetap hingga kredit lunas.

Besaran nominal uang yang bisa diperoleh dalam KTA juga jauh lebih kecil bila dibanding dengan kredit jenis lain seperti kredit multiguna. Hal ini tentu saja wajar mengingat ketiadaan jaminan yang riskan bagi pihak bank. Oleh karena itu sebaiknya anda memilih jenis kredit berdasarkan jumlah uang yang tengah dibutuhkan. Jika memang tak terlalu besar, KTA sangat tepat dijadikan pilihan.

Setelah memahami kelebihan, kekurangan, serta syarat KTA ANZ disetujui dengan cepat, anda bisa mulai menyiapkan berkas berkas yang diperlukan. Pastikan untuk mengatur kelangsungan kredit sesuai kebutuhan dan kemampuan anda dalam melunasi.