Syarat Buka Rekening BCA bagi Nasabah Baru

Diposting pada

Apasajakah Syarat Buka Rekening BCA bagi Nasabah Baru? Memiliki rekening pribadi sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk menyimpan uang dengan mudah dan aman. Banyak bank yang menawarkan fasilitas penyimpanan uang bagi nasabahnya dengan beragam keuntungan yang ditawarkan, salah satunya Bank Central Asia atau lebih dikenal sebagai Bank BCA.

Bank swasta yang merupakan 1 dari 10 bank tertua di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1957 dan memilki banyak nasabah yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Banyaknya cabang serta mesin ATM yang tersebar di banyak tempat membuat Bank ini menjadi salah satu yang banyak dipilih masyarakat Indonesia.

Agar dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan BCA dan dapat menyimpan uang Anda, terlebih dahulu Anda harus mendaftarkan diri sebagai nasabah BCA dan membuka rekening baru. Pembukaan rekening ini tidaklah rumit, ada beberapa syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh calon nasabah agar dapat resmi menjadi nasabah Bank BCA. Bank BCA menyediakan layanan tabungan tahapan BCA untuk memfasilitasi kebutuhan perbankan nasabah. Tabungan Tahapan BCA dilengkapi dengan kartu paspor BCA yang multifungsi. Paspor BCA ini dapat digunakan sebagai kartu ATM dan kartu debit.

 

Syarat Buka Rekening BCA bagi Nasabah Baru

Syarat Buka Rekening BCA bagi Nasabah Baru
Syarat Buka Rekening BCA bagi Nasabah Baru

 

Ada beberapa syarat untuk dapat membuka rekening tahapan BCA bagi nasabah baru, diantaranya :

 

Calon nasabah bisa berupa individu ataupun yayasan

Anda bisa membuka rekening BCA atas nama pribadi ataupun atas nama yayasan tertentu. Kemudahan ini membuat Anda tidak perlu bingung membedakan antara rekening pribadi dan rekening bersama milik yayasan atau instansi Anda.

 

Melengkapi formulir dengan cara mengisi secara online atau datang langsung ke kantor cabang terdekat

Syarat buka rekening BCA ini harus Anda isi dengan informasi yang benar sesuai dengan identitas serta kebutuhan Anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pengisian formulir secara online yang jauh lebih mudah dan tidak memerlukan kehadiran Anda secara langsung di kantor cabang. Ketika Datang di kantor cabang BCA silakan tanyakan ke satpam tentang tujuan Anda dan disana Anda akan diambilkan nomor urut kemudian setelah nomor urut Anda dipanggil, silakan jelaskan maksud Anda.

 

Kartu tanda pengenal yang masih berlaku

Anda bisa menggunakan kartu tanda penduduk asli yang masa berlakunya masih aktif. Anda harus membawa KTP asli milik Anda sendiri untuk membuka rekening atas nama pribadi, tidak bisa menggunakan kartu tanda pengenal milik orang lain.

 

Kartu NPWP yang masih berlaku

Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak juga diperlukan bagi Anda yang sudah memiliki NPWP Anda akan diminta untuk menunjukannya. Bagaimana jika saya tidak memiliki NPWP? Menurut pengalaman pribadi biasanya tergantung dari cabang BCA. Ada yang benar-benar mewajibkan nasabah untuk memiliki NPWP dan ada juga yang mempending NPWP dikemudian hari. Jadi sebaiknya Anda membuat NPWP saja agar lebih aman.

Baca Juga: Syarat Membuat NPWP Untuk Pribadi

 

Menyetorkan saldo awal sesuai dengan pilihan kartu paspor BCA

Ada beberapa pilihan kartu paspor BCA yang bisa Anda pilih yaitu silver, gold ataupun platinum. Masing-masing jenis kartu tersebut memiliki persyaratan setoran awal yang sama yaitu Rp500.000,00 dengan setoran berikutnya minimal dilakukan dengan nominal Rp50.000,00.

 

Saldo rekening bulanan rata-rata Rp100.000,00

Anda harus memiliki rata-rata saldo bulanan di rekening Anda minimal Rp100.000,00. Jangan sampai rekening Anda dibiarkan kosong tanpa adanya saldo. Namun, keuntungan dari BCA ini adalah Anda dapat menarik semua uang yang ada di kartu ATM Anda. Misalkan uang Anda sisa Rp.150.000, Maka Anda dapat menarik semuanya.

 

Membayarkan biaya administrasi

Sebagai nasabah BCA Anda diwajibkan membayar biaya administrasi bulanan yang akan dipotong langsung dari rekening Anda. Anda juga akan dikenakan biaya administrasi untuk pembuatan kartu ATM maupun penggantian kartu ATM apabila rusak ataupun hilang. Biaya pembuatan dan penggantian kartu serta administrasi bulanan yang dikenakan pada nasabah berbeda tergantung jenis kartu paspor BCA yang digunakan. Urutan biaya administrasi dari yang terendah sampai tertinggi adalah kartu paspor BCA silver, gold dan platinum.

Mengetahui syarat buka rekening BCA lebih dulu tentu akan sangat mempermudah Anda. Anda bisa mempersiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan agar rekening dapat langsung dibuka dan digunakan sebagaimana mestinya.