Syarat dan Cara Kredit Mobil Syariah

Diposting pada

Syarat dan Cara Kredit Mobil Syariah – Memiliki sesuatu dengan harga yang relatif mahal pada umumnya sulit untuk bisa kita dapatkan langsung dengan membelinya secara cash atau tunai. Hal itu dikarenakan budget yang dimiliki masih terbatas. Seperti halnya ketika anda menginginkan mobil baru, tentu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk anda bisa membelinya secara cash. Oleh sebab itu, beberapa Bank kini telah banyak yang menawarkan layanan KKB atau Kredit Kendaraan Bermotor. Nah, dengan adanya layanan Kredit Kendaraan Bermotor, maka akan memudahkan anda dalam mengajukan kredit mobil syariah. Sehingga anda tidak perlu menunggu sampai tabungan terkumpul untuk bisa membeli mobil baru.

 

Apa Saja Syarat-Syarat dan Cara Kredit Mobil Syariah?

Syarat dan Cara Kredit Mobil Syariah
Syarat dan Cara Kredit Mobil Syariah

Baca Juga: Cara Gadai BPKB Motor Di Pegadaian 2018

Nah, untuk bisa mengajukan kredit mobil, tentu ada beberapa syarat dan cara mengajukan kredit mobil syariah yang harus anda ikuti langkahnya. Berikut adalah persyaratannya:

  1. Minimal usia sebagai persyaratan pengajuan pengambilan kredit kendaraan bermotor untuk warga negara Indonesia adalah 21 tahun dan jatuh tempo masa kredit harus pada usia maksimal 55 tahun.
  2. Memiliki pekerjaan tetap dengan minimal pendapatan per bulan adalah Rp 3.000.000,00.
  3. Melampirkan slip gaji sebagai bukti pendapatan yang diterima per bulannya dari perusahaan atau tempat dimana pemohon bekerja dengan ditandatangani oleh pimpinan maupun manager perusahaan.
  4. Melampirkan surat keterangan bekerja dari perusahaan atau tempat dimana pemohon bekerja dengan ditandatangani oleh pimpinan atau manager perusahaan sebagai bukti bahwa pemohon adalah pegawai tetap pada perusahaan tersebut.
  5. Bagi warga negara Indonesia, maka harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti fotocopy KK (Kartu Keluarga), KTP/SIM. Sedangkan bagi warga negara asing yang juga tertarik untuk mengambil kredit mobil syariah dapat menyiapkan kartu identitas berupa KITAS.
  6. Melampirkan surat nikah beserta surat persetujuan dengan ditandatangani oleh istri maupun suami bagi pemohon yang sudah berstatus menikah.
  7. Dokumen atau keterangan tentang jenis mobil yang hendak dibeli

Syarat-syarat di atas harus anda penuhi jika hendak mengambil layanan kredit mobil syariah pada Bank tertentu. Meskipun setiap Bank memiliki kebijakan dan persyaratan yang berbeda-beda terkait layanan ini, namun secara umum syarat dan cara kredit mobil syariah di atas adalah hampir sama. Hanya saja pada beberapa Bank mungkin terdapat persyaratan tambahan lainnya.

Selain persyaratan yang harus diperhatikan sebelum mengambil kredit mobil syariah, anda juga perlu memperhatikan tentang syarat dan cara mengajukan kredit mobil syariah. Diantaraya yaitu:

  1. Tentukan jenis mobil yang akan anda beli. Datangilah dealer, tempat dimana anda akan membeli mobil yang anda inginkan. Kemudian mintailah dokumen atau keterangan terkait jenis mobil yang hendak anda beli tersebut untuk digunakan sebagai salah satu syarat dalam pengajuan kredit mobil syariah ke perbankan.
  2. Mengisi formulir pengajuan dengan lengkap dan benar. Pada tahap ini, pastikan bahwa data yang anda isi sesuai dengan keadaan sebenarnya dan sertakan dengan bukti dokumen-dokumen pendukung.
  3. Jika anda lolos seleksi, maka lengkapilah dokumen pendukung lainnya. Hal yang harus anda ingat ketika lolos dalam pengajuan pengambilan kredit mobil syariah adalah diskusikan kembali berapa lama waktu cicilan yang akan anda ambil.

Demikian beberapa informasi tentang bagaimana syarat dan cara kredit mobil syariah pada perbankan. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya yang akan melakukan pengajuan kredit mobil syariah.