Syarat dan Cara Membuat Rekening Mandiri untuk Mahasiswa

Posted on

Memiliki rekening sendiri sudah menjadi hal yang penting dan kebutuhan bagi beberapa kalangan, tidak terkecuali bagi para mahasiswa. Memiliki rekening tabungan atau ATM bagi mahasiswa menjadi hal yang penting terutama untuk melakukan pembayaran biaya kuliah maupun biaya lainnya. Bagi anak rantau, memiliki rekening tabungan juga berguna untuk menerima transfer dari orang tua.

Berbagai manfaat memiliki rekening tabungan sudah tidak diragukan lagi bagi mahasiswa. Jika Anda mahasiswa dan ingin membuka rekening tabungan, dapat memilih produk tabungan dari Bank Mandiri yaitu Mandiri Tabungan. Sebenarnya banyak dari produk Mandiri yang dapat Anda pilih, terutama karena Bank Mandiri merupakan bank besar yang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya. Namun, kali ini akan dibahas terkait cara membuat rekening Mandiri untuk mahasiswa dengan jenis Mandiri Tabungan yang sering digunakan masyarakat pada umumnya.

 

Bagaimana Cara Membuat Rekening Mandiri untuk Mahasiswa?

 

 

Sebenarnya, cara membuat rekening Mandiri yang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan produk Mandiri Tabungan ini hampir sama dengan pembukaan rekening Mandiri pada umumnya. Namun, ada beberapa dokumen persyaratan tambahan yang diperlukan pada mahasiswa tertentu. Berikut persyaratan yang diperlukan:

  • Menunjukkan kartu identitas

Kartu identitas dapat berupa KTP bagi WNI ataupun paspor bagi WNA. Selain itu, jika mahasiswa yang akan membuat rekening tidak berasal dari wilayah domisili yang sekarang, maka dapat meminta surat keterangan mahasiswa aktif dari pihak fakultas maupun universitas sebagai dokumen pendukung. Surat tersebut minimal ditandatangani oleh pembantu dekan terkait.

  • Membawa uang sebagai setoran awal

Syarat wajib lainnya yaitu menyerahkan sejumlah uang sebagai setoran awal pada rekening tersebut. Uang yang dijadikan setoran awal sejumlah Rp 500.000 dan akan saldo minimal yang mengendap nantinya yaitu Rp 100.000.

  • Adanya biaya administrasi bulanan

Sesuai dengan kebijakan dari bank, Mandiri Tabungan ini memang dikenakan biaya administrasi setiap bulannya sebesar Rp 11.500 saja.

Baca Juga: Keuntungan Menabung Di Bank Mandiri Bagi Nasabah

 

Lalu bagaimana cara membuat rekening Mandiri untuk Mahasiswa? Berikut penjelasan singkatnya:

 

  • Datang ke kantor Bank Mandiri

Anda sebagai mahasiswa yang akan membuka rekening tentu harus datang ke kantor Bank Mandiri baik yang pusat maupun kantor cabangnya yang terdekat dengan posisi Anda. Jangan lupa untuk membawa persyaratan yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Menuju bagian customer service (CS)

Saat sudah sampai di bank, utarakan keinginan Anda pada satpam dan nantinya akan diarahkan untuk mengambil nomor antrean lalu menuju CS. Saat tiba giliran Anda di CS, maka sampaikan permohonan untuk membuka rekening Mandiri Tabungan dan serahkan beberapa persyaratan tadi. Petugas terkait akan mengecek kelengkapannya sementara Anda akan disuruh mengisi formulir dan tanda tangan beberapa kali hingga proses selesai.

Baca Juga: Jenis Kartu ATM Mandiri Dan Masing-masing Kelebihannya

 

  • Mendapatkan tabungan dan ATM dari Mandiri

Setelah menunggu beberapa saat, maka Anda akan diberi buku tabungan dan ATM. Proses telah selesai dan rekening tersebut sudah aktif serta mulai dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Setelah mengetahui cara membuat rekening Mandiri untuk mahasiswa, Anda juga harus mengetahui berbagai keuntungan dan keunggulan dengan membuka rekening Mandiri Tabungan tersebut. Keuntungan tersebut yaitu adanya berbagai kantor Bank Mandiri dan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga memudahkan Anda ketika ingin mengaksesnya, adanya fasilitas lain seperti Mandiri SMS, Mandiri Call, layanan auto debet, layanan AFT atau Automatic Fund Transfer dan Mandiri internet yang memudahkan Anda dalam melakukan berbagai transaksi.